Umat Kristiani Bersyukur Atas Tanah Air Beraneka Ragam, Ratusan Suku Serta Budaya Serta Pancasila

suku budaya

Variasi bangsa Indonesia dapat disusun oleh banyaknya jumlah umat bangsa yang tinggal dalam wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau & wilayah di penjuru indonesia. Setiap suku bangsa mempunyai ciri khas dan karakteristik sendiri pada aspek supel dan budaya. Menurut penjelasan badan statistik auat BPS, yang di lakukan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1. 128 suku kerabat. KOMPAS. com – Kesepakatan etnik dan budaya Nusantara artinya Indonesia memiliki suku bangsa dan budaya yang beragam, mencakup rumah adat, pakaian adat, dan tarian daerah. Milenianews. com – Sebagai negara kepulauan, Nusantara memiliki keragaman budaya, puak, ras, etnis dan norma yang berasal dari berbagai daerah.

Namun siapa tahu tradisi untuk mengasingkan bangun terbawa hingga sekarang dan menyebabkan tidak berkembangnya kehidupan Suku Samin. Kini suku tersebut dikenal sebagai kelompkmyang tertutup, lugu, dan menjadi lelucon di masyarakat bojonegoro. Kekayaan dalam setiap budaya tersimpan dalam bentuk simbol-simbol kultural, busana tradisional, alat-alat berburu dan meramu, perlengkapan tarian adat, bahasa, serta tempat-tempat sakral, menyimpan ceritera tersendiri di setiap klen atau suku di uni wilayah. Budaya adalah substansi yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar dirubah.

Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam kultur budaya, ras, agama, adat istiadat, dan agama dengan tingkat toleransi dengan tinggi. Sehingga, Bangsa Nusantara terkenal sebagai bangsa nun majemuk atau heterogen.

Suku primitif tidak berarti menetap di pulau-pulau terjauh di Indonesia, sebab masih terdapat suku yang berhasil menjaga tradisi walaupun tinggal di Pulau Jawa. Ya, suku tersebut merupakan Suku Samin, yang menetap di daerah Blora & Bojonegoro. Suku ini memilih2x untuk hidup didalam hutan dengan sederhana dari jalan berpakaian maupun cara muncul. Masyarakat Samin adalah puak yang meolak adanya kolonialisme Belanda dan memilih buat mengasingkan diri.

Semata itu tercermin dan dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dan banyak suku di Indonesia nun sangat berlimpah. Tidak hanya terkenal dengan keindahan tujuan wisata sawah berundak ataupun terasering yang menjadi destinasi wisata dan tujuan tour wajib di pulau Bali, Tegalalang di Kabupaten Gianyar juga memiliki budaya dan tradisi unik bernama Ngerebeg.

Setiap daerah mempunyai suku dengan tradisi unik yang masih dijaga kelestariannya hingga sekarang, salah satunya saat merayakan momen duka cita atau kematian. Guna menghargai atau menghormati orang yang telah pergi banyak tradisi yang dilakukan dari berbagai daerah. Jadi, persenyawaan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat diartikan bersatunya bervariasi bangsa dengan yang memiliki perbedaan agama, suku, norma, maupun adat istiadat dengan mendiami wilayah Indonesia sebagai satu kebulatan utuh & serasi.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …