Tradisi ‘Ararem’ Suku Biak, Kekayaan Budaya Papua Yang Terpelihara

suku budaya

Menurut legenda, suku mante adalah suku tertua dalam Aceh dan mereka merupakan ras yang masih asli dan belum tercampur dengan ras orang luar. Hingga saat ini, pemerintah setempat & Kementerian Sosial masih terus melakukan penelitian mengenai kehadiran Suku Mante yang amat misterius. Pada umumnya, seseorang mengidentifikasi dirinya pada umat tertentu berdasar keturunan, kebiasaan hidup, bahasa, hubungan kekerabatan, atau bahkan unsur garis haluan. Atas dasar itu, di sensus ataupun survei, problem dibuat terbuka dan mengendalikan self identification method, yaitusuku yang dicatat berdasar pengakuan responden. Selanjutnya, untuk mempermudah analisis data suku dikerjakan koding pada setiap jawaban responden.

Di tengah maraknya isu-isu keamanan yang melekat intoleransi hidup dalam beraneka ragam suku, budaya, dan etnis, Universitas Muhammadiyah Malang sebagai pionir untuk merawat toleransi tersebut. Apem tersebut dilempar ke wadah dimana alasnya terbuat dari daun pisang. Untuk FPK, Ia pun meengaskan beberapa hal penting, terutama kepada para pengurus.

Solidaritas umumnya ialah kata yang dipakai untuk mempersatukan dan menyamakan perbedaan. Pada era reformasi, variabilitas masyarakat cenderung menjadi muatan daripada modal bangsa Indonesia. Hal itu terbukti secara munculnya berbagai persoalan nun sumbernya berbau kemajemukan, reparasi sosial mengakibatkan kepincangan-kepincangan warga. Tradisi mengantar mas perikatan di setiap keret marga masyarakat adat suku Biak, menurut Wenand, akan wajar dipertahankan sampai kapanpun olehkarena itu merupakan bentuk keaslian budaya masyarakat adat suku Kembang. Wenand mengakui, sehebat apa pun kemajuan teknologi dan modernisasi yang berkembang dewasa tersebut tradisi membayar mengantar raka kawin bagi suku etiket orang Biak masih dikerjakan karena telah menjadi kebiasaan turun temurun yang dilestarikan orang Papua.

Yang pertama agar meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, guna menghindari berbagai pergeseran yang bersifat vertikal mau pun horisontal akibat berbagai pegangan belakang permasalahan ras, umat, budaya dan agama yang dapat mengancam integritas internasional. Berbicara tentang solidaritas mendampingi umat manusia rasanya sudah biasa.

“Pengantaran pembagian kepada calon istri merupakan budaya adat orang uzur yang sudah berlangsung secara diturunkan temurun dilakukan keluarga prinsip suami untuk memberikan kapital kepada keluarga perempuan, ” ujar Gerard. Salah homo kekayaan lain tersebut adalah kebudayaan unik dari suku-suku terasing di wilayah Maluku Tengah. Sebenarnya suku-suku tersebut tidak dapat lagi dianggap terasing karena sudah sangat terpengaruh dengan budaya modern.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …