Tolok Ukur, Tarian, Rumah Adat Serta Senjata Tradisional Di 33 Provinsi Di Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Serta diiringi trik yang dinamis dan musik gamelan khas Bali. Tandak saronde juga merupakan tarian daerah Gorontalo yang digelar saat malam pertunangan serupa rangkaian upacara perkawinan kebiasaan. Tarian dilakukan pria serta wanita dengan gerakan utama lengkap dengan selendang serupa aksesoris menari. Tari balumpa adalah tarian daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara terutama kawasan Binongko dan Buton. Tarian ini merupakan jenis tandak pergaulan yang dilakukan para wanita ketika sedang menyimpulkan tamu.

Terlepas dari gerakannya yang beda dan energik, tarian ini tentu kaya akan makna dan nilai di dalamnya. Tari Cakalele merupakan tari tradisional khas Maluku, tarian ini dimainkan kurang lebih oleh 30 orang penari baik pria maupun wanita. Tari Cakalele memakai busana khas perang zaman lepas dan diiringi musik kendang, suling, dan kerang gede yang ditiup. Tari Janger adalah tarian yang berawal dari Bali, jumlah penari dalam tarian ini ada 10 orang berpasangan terdiri dari 5 pria serta 5 wanita. 5 pria disebut dengan kecak, serta 5 wanita disebut beserta janger.

Tari Dinggu biasanya ditampilkan oleh para penari laki-laki maupun wanita dengan berpakaian layaknya para Petani pada zaman dahulu. Tarian tersebut sangat dikenal di bangsa Tolaki di Sulawesi Tenggara dan sering ditampilkan pada berbagai acara seperti resepsi panen raya, penyambutan, perayaan hari besar, festival akal budi dan lain-lain. jenis tari dapat dibedakan menjadi dua yakni tari tradisional serta tari modern.

Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara sebagaimana panen raya, upacara kebiasaan, penyambutan, pertunjukan seni dan lain-lain. Tari Sambutan ataupun selamat datang merupakan tarian tradisional yang merupakan sepadan tarian penyambutan yang berasal dari wilayah Papua. Tarian ini biasanya dilakukan oleh penari pria dan cewek untuk menyambut tamu terhormat atau tamu penting dengan berkunjung ke sana. Tari Selamat Datang adalah salah satu tarian tradisional mengelokkan terkenal di wilayah Papua.

Dari kedua pola tarian menurut garapan tersebut memiliki berbagai ulah jenis dan bentuk. Guna memberikan kejelasan terhadap materi tersebut, di bawah ini secara terperinci kami sampaikan daftar tari tradisional dengan ada di Indonesia dengan sangat beragam. Tari Magasa adalah salah satu tarian tradisional masyarakat Suku Arfak di Papua Barat.

Setiap trik tarian ini memiliki makna simbolik yang digambarkan di gerakan lemah lembut & terdapat gerakan sembah lalu menghidangkan sirih pada di setiap tamu yang datang. Tarianatau gerakan tubuh adalah cela satu seni pertunjukkan dengan diselaraskan dengan iringan alunan alat musik yang bagus. Biasanya tarian berfungsi guna menyambut tamu, adat, petunjuk hari atau peristiwa tertentu dan bentuk ritus keagamaan.

Tarian ini biasanya dibawakan berdasar pada masal oleh para penari pria dan penari wanita. Mereka menari dengan saling bergandengan tangan dan mendirikan barisan memanjang layaknya ular, sehingga banyak yang menyebut tarian ini sebagai Tandak Ular.

Biasanya tarian ini dilakukan secara berkelompok ataupun berpasangan antara penari adam dan penari wanita. Tandak Wutukala merupakan salah homo tarian tradisional yang sedang terkenal di Papua Barat, khususnya daerah pesisir Sorong dimana masyarakat Suku Moy tinggal.

Dulu tarian ini adalah tradisi warga Bengkulu yang ditampilkan pada acara adat khususnya pesta panen raya. Tarian tersebut dilakukan 7 orang penari wanita dengan iringan musik tradisional khas Aceh berpanggilan serune kalee.

Tarian ini lazimnya ditampilkan di berbagai kalender seremonial adat di sana. Tari Kataga adalah tarian tradisional sejenis tarian perang yang khas dari Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini biasanya dimainkan oleh para penari adam dengan berkostum adat & dilengkapi senjata seperti sabel dan perisai. Tari Kataga ini merupakan salah homo tarian tradisional yang sedang terkenal di NTT, khususnya Sumba Barat yang ialah tempat asalnya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …