Tiket Candi Prambanan

Candi

Kita memang harus lari kaki dulu melewati tekun yang cantik sekitar 5-10 menit dari pintu menyerap untuk sampai ke candi yang sangat megah itu. Walaupun nilai historis bangunan Candi Waji belum tersedia karena terbilang candi yang baru, tapi karena tempat yang ditempati dipercaya merupakan pusat doa lintas agama sejak jaman Kerajaan Majapahit menjadikan tempat ini mempunyai nilai sendiri. Menyusuri komplek Candi Plaosan tidak hanya tertuju pada dua candi utama saja. Jika tak membawa kamera, ada ladenan yang menawarkan foto pada dalam kompleks. Selain hunting foto, Anda juga mampu menikmati keindahaan kompleks Prambanan dengan berjalan kaki.

Anda bisa melancong kompleks Prambanan mulai pukul 06. 00 hingga 17. 00. Jam buka tersebut termasuk hari libur internasional kecuali saat Nyepi. Daripada semua candi di sini, Candi Syiwa mungkin jadi yang paling ikonik dalam Prambanan. Wisata Candi Prambanan ini memiliki tinggi sekitar 25 m dan merupakan yang terbesar di Prambanan. Di sepanjang dinding, Kamu akan melihat ukiran berupa relief Ramayana yang terbuat searah dengan jarum jam.

Pemandangan komplek candi semakin terlihat cantik saat matahari terbenam. Rancangan gedung yang diubah juga menyebabkan pondasi candi juga terkaan diperlebar dan diperluas. Lalu di kaki asli konstruksi Candi Borobudur juga dibangun kaki tambahan. Nama Candi Borobudur berasal dari 2 kata yaitu bara serta budur.

Disekitar pelataran kompleks, Anda hendak melihat pemandangan serba muda dari taman-taman yang terdapat di sini. Anda pula biar bisa melihat dari dekat relief yang ada di candi-candi ini.

Ada berbagai macam kegiatan seru nun bisa Anda lakukan di Prambanan, salah satunya hunting foto. Pelataran yang cukup luas menjadikan wisata candi Prambanan menjadi objek foto dengan lanskap yang indah. Pemandangan Prambanan pun bertambah cantik di malam perian dengan hiasan lampu-lampu cahaya yang mengarahkan langsung ke candi-candi yang ada. Guna bisa melihat keindahan Prambanan Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 30. 000 untuk dewasa, Rp 12. 500 untuk anak-anak dan wisatawan asing sejumlah USD 18 atau sebabat dengan Rp 250. 000.

Di bagian dalam ditemui sebuah ruangan utama bernama ruangan Syiwa. Di sini Anda akan melihat sebuah Arca Dewa Syiwa memiliki bunga teratai. Mengunjungi situs megah dan kaya histori ini tidak mungkin pas hanya dalam waktu 1-2 jam. Terlebih jika Anda gemar fotografi dan mau menangkap detail menakjubkan seluruh sisi Candi Prambanan dengan luar biasa. Nah, guna mendapatkan foto yang menawan ataupun waktu yang bertambah leluasa dalam menjelajah, buktikan kunjungi candi ini di luar masa liburan sekolah.

Dalam istilahnya, kobaran memiliki arti kompleks pertapaan dan kata budur yang mempunyai arti atas. Jika digabungkan menjadi kata barabudur yang dibaca borobudur dengan berarti kompleks biara di atas. Menilik aliran Brantas, yang seolah menjadi pemisah alamiah di sisi barat dan selatan Desa Pendem, bentang areal desa tersebut tergambar melereng atau “menanjung” menuju ke aliran Brantas, yang pada areal tersebut bentuk alirannya seperti “huruf L”. Menilik topografisnya nun menanjung itu, bisa oleh karena itu nama kuno — sebelum bernama “Pendem” — tersebut adalah “Mananjung”.

Pada tanda Hindu-Buddha di sekitar kurun X Masehi, Mananjung masuk di dalam wilayah desa kuno Sangguran, nyatanya adalah “anak desa “dari Sangguran. Pada pemberitaan awal, temuan candi Hindu sekte Siwa ini oleh Arkeolog dibanding BPCB Jawa Timur di Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho, memberikan prakiraan usia temuan candi di Pendem di era “pra-Majapahit”. Menurutnya, dimensi ukuran bata-bata kuno nun membentuk struktur bangunan candi ini dihipotesiskan bebagai bermula dari massa pra Majapahit.

Hindari liburan tengah tahun dan akhir tahun buat memaksimalkan kunjungan Anda. Tatkala berkunjung dari satu candi ke candi yang beda, pastikan Anda tidak memencilkan indahnya relief-relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Bhagawatapurana serta orang-orang bijak pada agama Hindu. Bagi pengunjung yang ingin mempelajari akal budi dan sejarah Indonesia kian dalam, Candi Prambanan ialah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi!

About Willion

Check Also

Menanggap Penyebaran Corona, Candi Prambanan, Borobudur, Dan Ratu Boko Ditutup

Diperkirakan gedung candi itu rusak atau hilang, akibat perbuatan wong atau faktor alam. Dipastikan bangunan …