Tarian Tradisional Pada Pulau Jawa Yang Beraneka Ragam

Tari daerah tradisional indonesia

Namun, sekarang tari ini juga bisa disaksikan oleh wisatawan yang berkunjung ke keraton. Selain tersebut, tari ini juga biasa dipentaskan saat upacara kebiasaan di keraton.

youtube. comTari Monong ialah tarian dari Kalimantan Barat yang merupakan penolak masalah kesehatan agar penderita bisa sembuh kembali, penari berlaku pilau dukun dengan menggunakan serapah. turissendaljepit. comTari Angguk ialah tari tradisional dari Yogyakarta dan mengisahkan tentang Wong Agung Jayengrono dan Umarmoyo-Umarmadi dalam Serat Ambiyo.

Fungsi ari tari Bedhaya yaitu untuk tari untuk hiburan, terutama untuk menghibur raja Keraton Surakarta pada masa dahulu. Selain untuk hiburan, biasanya tari ini juga dipentaskan untuk merayakan hari kemunculan putra pejabat daerah.

Tapi seiring dengan perkembangan masa, jumlah pernaripun menjadi 5 anggota. Walaupun begitu, tarian ini bertujuan untuk menunjukkan wanita yang sopan dan santun serta sangat lemah gemulai.

Tarian tersebut dimainkan oleh seorang hawa yang berpenampilan seperti laki2, dan tentu saja tak mempunyai gerakan perempuan kolektif sekali dalam tarian ini. Kreasi tarian trunajaya diciptakan untuk sebuah tarian dengan menghibur dan dapat dinikmati saat acara-acara tertentu. Tarian ini memiliki karakter sepak terjang yang meliuk-liuk seperti sedang menari dan juga tarik suara ketika menjelang musim pertalian. Pertunjukkan tarian ketuk tilu biasanya dilakukan di daerah yang terbuka maupun diluar ruangan. Para penari tarian merak menggunakan kostum yang juga mirip seperti jambul burung merak.

Saat pertunjukannya, tarian seblang dimulai dengan upacara nun dipimpin oleh seorang dukun atau pawang desa setempat. Kostum yang dipakai pada tari ini memakai busana adat suku Dayak Kenyah dengan tatanan buket sejumlah ekor dari burung enggang.

Tongkat menggambarkan kayu penumbuk untuk membuat lubang di zona. Sementara bambu berisi melukut melambangkan benih padi serta wadahnya.

Kegunaan dari tari Zapin ialah sebagai tari hiburan dengan ditujukan untuk menghibur warga Kepulauan Riau. photo/e-indonesiana. cs. ui. ac. idTari tradisional asal Jawa Barat itu merupakan gabungan dari pencak silat, tari Ronggeng. Gerakannya sangat dinamis dan ditarikan secara perorangan maupun persekutuan. Tarian ini menceritakan tentang karakteristik wanita Sunda dengan pemberani, mandiri, pekerja muluk, dan romantis. Gerakan-gerakan tari Gantar melukiskan orang yang sedang menanam padi.

Tari Grebeg Terbang Gede ialah tari kreasi yang tetap syarat dengan Tradisi, yang berpijak untuk kesenian Tumbas Gede dari Kota Serang dan di kolaborasikan dengan pencak silat khas dari Banten. Tari Gitek Balen adalah tari tradisional dibanding Jakarta, khususnya warga Betawi. Tarian ini merupakan karangan baru yang terilhami dibanding pola pukulan didalam gamelan ajeng Betawi, tari yang memperlihatkan keelokan gadis-gadis yang menginjak umur mantap ini dirangkai oleh Abdurachem. Tari Jangget adalah tarian berasal dari Lampung dan juga merupakan tarian upacar-upacara peradatan. Tari jangget melambangkan keluhuran susilabudi dan bangsa Lampung.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …