Tarian Konvensional Indonesia Yang Sudah Menggoyang Dunia

Tari daerah tradisional indonesia

Hal ini adalah salah wahid dari banyak tujuan apa sebab artikel mengenai macam tarian Indonesia ini kami izinkan. Dalam Tari Trunajaya diceritakan mengenai seorang pria homo pemuda yang ingin memikat seorang gadis. Dalam Tari Trunajaya ini para penari pria akan menggunakan kuda-kuda sehingga gerakan tarian menjadi lebih lugas dan panggak. Dalam kegiatan tariannya, Tandak Trunajaya ini diiringi beserta menggunakan berbagai musik gamelan seperti Gong Kebyar. Buat penggunaannya, tarian ini ialah salah satu tarian nun banyak dilakukan untuk acara hiburan.

Berikut tersebut merupakan beberapa seni tari tradisional yang berasal daripada Provinsi Banten. Tari puspanjali merupakan sebuah tarian dengan berasal dari Bali. Tarian ini menampilkan gerakan-gerakan dengan lemah lembut dan dipadukan dengan gerakan-gerakan yang ritmis serta dinamis. Bila dilihat dari gerakan menarinya, tarian ini memperlihatkan keanggunan seorang wanita.

Tari remo merupakan salah satu tari tradisional yang berawal dari Jawa Timur. Di dalam awalnya tari ini dipertunjukkan untuk menyambut tamu nun agung. Tari jaranan buto merupakan tari tradisional dengan berasal dari Banyuwangi. Pada awalnya tarian ini dipertunjukkan untuk acara khitanan dan pernikahan. Tari ronggeng bugis merupakan tari tradisional yang berasal dari Cirebon.

Berikut ini ialah 10 kesenian tari tradisional di Indonesia yang jantung hati untuk dilewatkan. Tarian merupakan gerakan tubuh yang dikerjakan sementara dan tempat tertentu sebagai bentuk pergaulan, ungkapan perasaan, maksud dan pikiran secara berirama.

Tarian ronggeng bugis biasa dikerjakan oleh penari laki-laki sebanyak 12 – 20 orang-orang dengan dandanan dan model menari layaknya perempuan. Tandak ketuk tilu merupakan tarian yang berasal dari lokasi Bogor dan sekitarnya.

Tarian nun satu ini menjadi rekreasi bagi masyarakat Jawa Barat. Namun bagi sebagian orang mengutarakan bahwa tarian ini adalah tarian yang dimanfaatkan untuk menyambut tamu raksasa, baik tamu lokal ataupun bule/pale. Tari Orek-orek ialah kesenian dari Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Tandak Badui merupakan kesenian daripada daerah Sleman Provinsi DIY Yogyakarta. Tarian ini dikategorikan jenis tarian rakyat dengan menceritakan suatu adegan pertempuran atau rombongan prajurit yang lagi latihan perang. Dalam pertunjukan tari ini dijalani dengan berkelompok dan berpasangan. Provinsi Banten yang terlatih atas dasar Undang-undang 23 Tahun 2000 merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Seiring perkembangannya, banyak seni budaya yang berkembang & menjadikannya sebagai ciri tertentu Provinsi Banten.

Tarian ini merupakan tarian persahabatan masyarakat Betawi untuk mencetuskan pesta adat mereka. Kecuali itu, sesekali penari pula memainkan selendangnya sehingga memproduksi penari telihat anggun & mempesona. Tari Pendet nun merupakan tarian tradisional dibanding Bali pada awalnya ialah tari pemujaan yang penuh diperagakan di pura, lokasi ibadat umat Hindu dalam Bali, Indonesia. Tarian tersebut melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.

Nah ini nih yang mimin sukai, tandak Remo merupakan tari nun berasal dari Jawa Timur. Tari ini memiliki kegunaan khusus karena tari tersebut dikenal sebagai tari tradisional yang agung. Karena tandak Remo ini ditunjukkan untuk para tamu spesial nun datang dan singgah di daerah tersebut. Sama halnya dengan di Indonesia, tarian daerah merupakan hasil melahirkan karya seni dari zat budaya.

Tari ini mencerminkan kehalusan yang dimiliki oleh perempuan, dengan gerakan lembutnya didampingi dengan suara gong yang membuat tarian tersebut menjadi sangat menarik. Tandak Kecak merupakan salah homo jenis tarian tradisional yang berasal dari daerah Bali. Tarian ini dilakukan secara duduk melingkar sambil membawa kedua tangan dan mangap “cak”. Tari Piring ataupun dalam bahasa Minangkabau lazim disebut dengan Tarian Piriang merupakan satu seni tandak tradisional Minangkabau yang berawal dari Kabupaten solok, Sumatera Barat.

Untuk ceritanya, di tarian ini diceritakan mengenai kisah perjalanan dua bujang yang sedang mencari pasangan. Tarian digambarkan sebagai langkah-langkah dari pasangan sejoli dalam menemukan pasangan mereka sejak tahap perkenalan hingga tingkat pernikahan. Selain memiliki gerakan yang menarik dan menawan, Tari Serampang Dua Belas ini merupakan tari dengan memiliki nilai edukasi.

Selain kesakralannya, tarian ini memiliki sepak terjang yang sangat unik & cukup sulit, sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang penari. Namun karena itulah, Tari Tor Sipitu Pencedok ini tergolong sebagai tarian yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …