Tarian Daerah

Tari daerah tradisional indonesia

Gerakan-gerakan tari Pendet sangatlah mudah sehingga tari Pendet dapat jadi tarian dasar untuk melatih keterampilan awal tari Bali baik laki-laki maupun hawa. Tari ini berkembang pada daerah Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Riau yang populer di kalangan bangsa Melayu di masa lepas. Tari yang berasal daripada Jawa Barat ini dinamakan Kethuk Tilu yang ialah cikal bakal dari tari Jaipong yang berasal dari Karawang. Ia juga mengimbau biar seluruh masyarakat Indonesia turut menggaungkanbrandingWonderful Indonesia. Tujuannya buat menarik minat kunjungan wisatawan asing ke seluruh penjuru Nusantara.

Tentu saja, hal itu memicu protes dari berbagai pihak di Negara, termasuk artis reog asal Ponorogo. Wewenang cipta kesenian reog telah dicatatkan dengan nomor tertanggal 11 Februari 2004. Tandak angsa biasanya ditarikan secara berpasangan, namun ada pula yang sendiri hingga berlima.

Tari Yopong, ialah tari persembahan untuk menghormati tamu negara. Dalam akal budi Lubuklinggau, jaras ini digunakan sebagai penampung barang yang diminta mempelai pria sebagai mahar dari pernikahan. Lepas, tari salai jin itu digunakan nenek moyang & masyarakat Ternate untuk berkomunikasi dengan jin di alam gaib. Tujuan komunikasi tersebut adalah untuk meminta dukungan pada jin untuk memadamkan masalah yang dihadapi manusia seperti penyakit yang diderita salah satu anggota keluarga.

“Dulu tari ini banyak dipakai untuk siar agama dan sekaligus menjadi hiburan. Nah atraksi ini sangat menarik dan mampu memikat para juri dan audiens dalam sana. Terimakasih untuk Al-Izhar, salam Wonderful Indonesia, ” ucapnya. “Sebelumnya misi Pikiran Al-Izhar telah mendapat pandangan dari berbagai pihak buat mewakili Indonesia di panggung pertunjukan seni dan budaya Internasional. Fokusnya adalah di generasi muda yang berasal dari berbagai negara buat mengenal dan mencintai akal budi Indonesia.

Sementara untuk kostum terbaik diraih Sanggar Baim dengan hadiah 10 juta rupiah & kelompok terbaik Nusantari Indonesia juga meraih hadiah 10 juta rupiah. Selain sebagai penari ia juga jadi pelatih tari untuk Mario dan Brandon. Tahun itu, koreografi Indonesia Menari 2016 dikonsep oleh Principal Dancer Eksotika Karmawibhangga Indonesia Dance Company, Takako Leen. Ia menggabungkan genre tari modern dengan tetap menyisipkan tertarung budaya Indonesia. Masyarakat pula biar terus melestarikan tarian tersebut untuk tujuan mengusir segala bencana yang mengancam karet penduduk di Pulau Buton.

Rumah Krong Bade merupakan cela satu rumah adat di Indonesia yang berasal dibanding Aceh. Rumah Joglo adalah salah satu rumah adat di Indonesia yang berawal dari Provinsi Jawa Sentral. Macam-macam rumah adat dalam Indonesia berikutnya adalah Wisma Kebaya yang berasal daripada DKI Jakarta. Rumah Nowou Sesat merupakan salah satu wisma adat di Indonesia dengan berasal dari Provinsi Terkatung-katung. Rumah Rakit Limas adalah salah satu rumah etiket di Indonesia yang berawal dari Provinsi Bangka Kerang.

Tari Bedaya, merupakan tarian keraton yang pada tarikan oleh 9 ananda dengan irama yang lemah gemulai. , tarian pengikat persahabatan sementara “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun. Tari Maengket, merupakan tari pergaulan nun dilakukan secara berpasang-pasangan. Tandak Malinting, merupakan sebuah tandak berlatar belakang cerita kaum Lampung.

Namun seiring dengan masa, alat musik yang dipakai pun tidak setradisional zaman dulu. Tarian ini terdapat kisah ketika para penjajah yang hampir mengalami kemunduran, dan situasi saat itu dijadikan ide untuk menghasilkan sebuah tarian yang saat ini kita sebut Tari Prawiroguno. Namun katanya, tarian itu mulai tenggelam dan tidak lagi dipentaskan.

Rumah Limas merupakan salah satu rumah adat di Indonesia yang berasal dari Daerah Sumatera Selatan. Bentuk selubung penarinya pun ada dengan berbeda-beda, ada yang mencungkil seperti jilbab, ada juga yang seperti ciput. Saya tidak tau apakah itu memang dari sananya sebagai itu apa dibuat biar tersedia keaneka ragaman bentuk selubung. Namun bila saya sendat vidio yang lain, ternyata kerudungnya serupa.

dipentaskan pd saat upacara adat pada Poso yaitu pd tatkala menjelang musim panen. lazimnya tari ini jg dipentaskan utk merayakan hari kelahiran putra pejabat daerah. Fungsi dari tari Andun adl sbg Selain itu, tandak Andun berfungsi sbg perlengkapan penghibur masyarakat. Menyambut tamu kehor-matan yg datang ke Sumatrea Selatan, khusus-nya Palembang. Mendeskripsikan perasaan lapang serta terbuka yang dimiliki orang-orang Jambi terhadap tamu nun berkunjung.

Asal usulnya tarian ini menceritakan Raja Gunung Sari yang menjengul menjadi kera, dan berusaha mengelabui musuhnya. Biasanya tarian ini ditarikan oleh laki-laki dan menggunakan kostum bak seorang tamtama.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …