Tarian Daerah Di Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian ini dibawakan sama 2 orang pria berpakaian layaknya prajurit lengkap beserta tombak dan perisai. Panggang jin merupakan tarian wilayah Ternate, Maluku Utara nun memiliki nilai magis dan menjadi tarian etnik umat asli Ternate.

Di Indonesia otonom, hampir di setiap daerahnya memiliki beragam tarian tradisional. Jadi,, penarinya pun selamanya bertopeng kera dan menirukan gerakan-gerakan kera, tidak ada gerakan khusus untuk tarian ini, penari hanya merasai aluran musik dan menari layaknya seekor kera. Terlintas akhirnya nama penari itu terdengar ke telinga Sunan Paku Buwono IV, membuat Sri Gambyong diundang guna menari ke dalam Palis. Ia pun berhasil mempesona orang-orang di Istana, sampai akhirnya tariannya pun dipelajari dan dikembangkan hingga dinobatkan tarian khas Istana. Fungsi dr tari Remo adl tari pertunjukan yg biasa dipe-ntaskan utk menyambut tamu Negara maupun di-pentaskan diberbagai fes-tival kesenian daerah.

Pesan pada tarian ini juga diperuntukkan pada makhluk gaib yaitu makhluk jin. Ketika ditampilkan, tarian ini akan diiringi musik tradisional seperti dua buah gong, 1 ekses bende, 1 buah gujeh, canang, 8 hingga 12 lunik, 1 buah gendang dan juga 2 buah pepetuk. Tarian ini menjadi ciri khas dari masyarakat Lampung dari sekian penuh ikon khas Lampung.

Tarian ini menceritakan tentang seorang bidadari yang tertinggal di tanah karena selendangnya hilang sebab diambil pemuda ketika padahal mandi. Seperti tarian baris, kebyar juga merupakan tarian tunggal namun tetap bersifat individualis. Tarian ini punya penekanan pada penari ini sendiri yang memperlihatkan nuansa musik dengan ekspresi wajah serta gerakan. Tari cilinaya merupakan salah satu dari macam tarian daerah dengan diciptakan I Wayan Dibia seorang maestro tari tradisional Bali pada tahun 1986.

Pada awalnya tarian tersebut diciptakan untuk dipentaskan Sekaa Gong Patra Kencana Singapadu di Gianyar. Tari larik tunggal adalah salah wahid dari tarian daerah 34 provinsi beserta gambarnya dengan sudah ada sejak era pertengahan yakni abad ke-16. Tarian ini merupakan tarian bagian dari ritual keagamaan ketika dulu. Jenis tarian baris yang berhubungan beserta ritual keagamaan yang disebut dengan tari baris upacara atau tari baris muluk. MATA INDONESIA, JAKARTA – Momen Hari Tari Internasional diperingati setiap tanggal 29 April.

Nama tarian diambil dari kata le yang berarti anak laki dan ger yang berarti gempar atau geger. Tari kukila merupakan tarian tradisional dengan memperagakan gerakan burung. Dibanding irama hingga gerak tampil sangat dinamis sekaligus lincah.

Ketika ditampilkan, tarian nitih mahligai ini akan diiringi alat musik tradisional tingkah dan lantunan nyahu sang pawang dan penari akan bergerak mengikuti dengan tala musik. Tarian ini ialah tari tradisional yang diadaptasi dari upacara adat bangsa Kerinci yakni niti naik mahligai.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …