Tarian Daerah Dari Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Hal ini adalah salah wahid dari banyak tujuan mengapa artikel mengenai macam tarian Indonesia ini kami berikan. Dalam Tari Trunajaya diceritakan mengenai seorang pria homo pemuda yang ingin memikat seorang gadis. Dalam Tandak Trunajaya ini para penari pria akan menggunakan kuda-kuda sehingga gerakan tarian jadi lebih lugas dan panggak. Dalam kegiatan tariannya, Tari Trunajaya ini diiringi secara menggunakan berbagai musik gamelan seperti Gong Kebyar. Guna penggunaannya, tarian ini ialah salah satu tarian nun banyak dilakukan untuk kalender hiburan.

Tarian Daerah ialah sebuah tarian tradisional pada Indonesia, yang memiliki sangat banyak macam-macamnya dan beraneka ragam jenis tarian disetiap penjuru nusantara dinegri tersebut. Semua itu merupakan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya. Sungguh cukup lengkap bukan artikel mengenai tarian dari seluruh daerah di Indonesia dalam atas? Selain tarian yang disebutkan di atas sedang ada banyak lagi jenis tarian lainnya yang khas dan indah dari bervariasi daerah di Indonesia.

Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap berisi anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari tersebut adalah I Wayan Rindi.

Berikut ini merupakan 10 kesenian tari konvensional di Indonesia yang jantung hati untuk dilewatkan. Tarian merupakan gerakan tubuh yang dikerjakan saat dan tempat tertentu sebagai bentuk pergaulan, ekspresi perasaan, maksud dan ide secara berirama.

Tarian ronggeng bugis biasa dikerjakan oleh penari laki-laki sejumlah 12 – 20 orang dengan dandanan dan gaya menari layaknya perempuan. Tandak ketuk tilu merupakan tarian yang berasal dari wilayah Bogor dan sekitarnya.

Selanjutnya adalah salah satu macam tari konvensional yang bisa di nikmati di Indonesia adalah Tandak Kataga. Tri ini ialah tarian yang berasal dibanding Sulawesi Utara atau lebih tepatnya dari Sumba Barat. Tarian ini merupakan tari yang sangat sering digunakan untuk pertunjukan dalam daftar penyambutan.

Tandak Badui merupakan kesenian dari daerah Sleman Provinsi DIY Yogyakarta. Tarian ini dikategorikan jenis tarian rakyat yang menceritakan suatu adegan pertempuran atau rombongan prajurit yang lagi latihan perang. Di pertunjukan tari ini dijalani dengan berkelompok dan ganda. Provinsi Banten yang terkabul atas dasar Undang-undang 23 Tahun 2000 merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Seiring perkembangannya, banyak seni budaya yang berkembang & menjadikannya sebagai ciri utama Provinsi Banten.

Kebiasaan ini lazimnya dilakukan masyarakat yang sedang menggelar kilat khitanan atau malam acara perkawinan oleh masyarakat. Tari ini menggambarkan semangat & ekspresi gembira masyarakat sehari- hari. Tari endeng-endeng merupan tari tradisi yang berasal dari daerah Tapanuli Daksina. Pesona kesenian ini merupakan joget dan tariannya dengan ceria, sesuai dengan lagu-lagu yang dibawakan. Tarian tersebut tergolong tarian sakral serta hanya ditampilkan di acara-acara tertentu saja.

Kesenian itu termasuk dalam tarian pergaulan, karena di dalamnya trik tari diiringi bersama secara alat musik tetabuhan nun cara memainkannya dengan dikorek. Tari Pakarena merupakan tandak tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Keunikan seni tari tradisional ini turut serta dalam menarik para wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berlibur dan menjelajahi indahnya dunia di provinsi itu otonom. Tidak terkecuali untuk tandak daerah atau tari konvensional dari Maluku Utara. youtube. comTari Radap Rahayu merupakan tari tradisional dari Kalimantan selatan.

Tari ini mengindikasikan kehalusan yang dimiliki sambil perempuan, dengan gerakan lembutnya didampingi dengan suara gong yang membuat tarian ini menjadi sangat menarik. Tandak Kecak merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang berasal dari daerah Bali. Tarian ini dilakukan secara duduk melingkar sambil mengangkat kedua tangan dan mangap “cak”. Tari Piring ataupun dalam bahasa Minangkabau konvensional disebut dengan Tarian Piriang merupakan satu seni tandak tradisional Minangkabau yang berasal dari Kabupaten solok, Sumatera Barat.

Nama Tari Radap Rahayu di diilhami dibanding kata radap yang berisi berkelompok atau bersama sama. gandespamantes. orgTari Baksa Sekar adalah tarian dari Kalimantan selatan yang di pentaskan sebagai tarian untuk menerima tamu. Tarian ini umumnya dilakukan oleh penari cewek sebagai tari tunggal ataupun berkelompok dengan ketentuan total penari harus ganjil.

Selain kesakralannya, tarian ini memiliki gerakan yang sangat unik serta cukup sulit, sehingga bukan bisa dilakukan oleh sukarela penari. Namun karena itulah, Tari Tor Sipitu Pencedok ini tergolong sebagai tarian yang mempunyai nilai kompetensi yang tinggi.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …