Tarian Daerah 34 Wilayah Beserta Gambar Dan Pokok Daerahnya

Tari daerah tradisional indonesia

Wayan yang berasal dari Daratan Bali menyebutkan beberapa tari tradisional dari daerah asalnya, yaitu tari kecak, tandak panji semirang, dan tandak legong. Setelah semua berdiskusi, akhirnya semua sepakat guna membuat senam irama dengan iringan musik tradisional dan memasukkan beberapa gerakan tari tradisional di dalamnya. Tarian Kataga yang berasal dari Sumba Barat ini ialah jenis tarian perang. Tandak yang berasal dari Nusa Tenggara Barat ini pula merupakan tarian daerah 34 Provinsi di Indonesia.

Tari tersebut bisa dipentaskan oleh seorang atau beberapa orang penari. Banyak topeng yang siap dikenakan tergantung maksud yang diharapkan. Penampilan gerakan ini populer di daerah Subang & Karawang, disebut saja sebagai Bajidor.

Tarian ini menceritakan kesalahan perjalanan hidup seorang perempuan. Tandak Panji Semirang merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bali.

Cukup berbeda dengan tarian lainnya yang mungkin gerakannya merupakan serangkaian kisah. Dalam tari Tor ini gerakannya adalah sebuah media persinggungan, komunikasi yang seharusnya tersekat di antara partisipan upacara. Tari Remong adalah tandak yang berasal dari Jawa Timur dan dengan skandal asal usul yang menarik. Tari Remong ini sekarang memang digunakan untuk penunggu kesenian Ludruk, namun tadinya tari ini adalah tari yang dibuat oleh penari jalanan di Jombang.

Banyak orang-orang mengenalnya dengan sebutan tarian pentas, tapi didalamnya tersembunyi maksud untuk menghibur karet bujang agar tidak sedih atas kesendiriannya. Selain ini, tarian ini juga jadi sebagai acara syukur pengetaman padi seperti tari petak yang ada di wilayah Sumatera Barat.

Tari Tor-tor adalah tarian seremonial yang disajikan dengan iringan musik, yakni iringan musik gondang. Tarian ini termasuk ke dalam jenis tarian purba nun berasal dari Batak Toba. Tarian ini dapat dalam tarikan oleh penari laki-laki dan perempuan dengan menggunakan busana adat Aceh. Kegunaan dari tari Jaipong ialah sebagai hiburan karena tari Jaipong biasa digelar guna menghibur masyarakat. Selain tersebut, tari Jaipong juga berfungsi sebagai tari penyambut tamu karena tari ini sering digunakan pemerintah Jawa Barat untuk menyambut tamu kebesaran dari dalam dan pendatang negeri.

maka dari itu tari Toerang Kerikil ini disebut dengan tandak perang. Tari Tradisional nun berasal dari Kalimantan Utara termasuk tarian adat dari suku dayak yang berpunya di Kalimantan Utara antara lain dayak murut, tahol, kenyah, dayeh dan lun kucai. ar. pinterest. comTari Balean Dadas adalah tarian tradisional berasal dari suku Dayak Provinsi Kalimantan Tengah.

Tandak ini bermula dari kebiasaan ritual dukun pada pedalaman Kalimantan Tengah untuk tenggang meminta keberkahan tuhan pula penyembuhan untuk penduduk yang sakit. Tarian ini tergolong tarian pergaulan warga Betawi untuk meramaikan pesta kebiasaan mereka. Tari Cokek ini termasul tari campuran antara unsur tari tradsional sunda, Betawi, tiongkok dan silat silat.

Ganau, tarian kebanggaan masyarakat Bengkulu yang diiringi musik dari alat musik mandolin, rebab dan juga kendang. Tarian selamat datang ini menggambarkan ungkapan hati yang putih suci dari masyarakat Jambi dalam menerima para tamu yang tiba. Seperti namanya tarian tersebut juga menggunakan properti berupa daun sirih. Taklimat merupakan tarian yang digunakan guna menyambut para tamu berarti yang datang ke daerah Jambi.

Pada zaman dahulu Tari Perang Papua dipentaskan dengan maksud ingin mengobarkan semangat para pejuang pertikaian. Namun dengan seiring bergantinya tahun, mereka menggunakan tarian ini untuk upacara kebiasaan Papua. Tari Campak di dalam umumnya digunakan sebagai pengisi hiburan yang dipentaskan pada acara-acara tertentu.

Itu akan duduk melingkar secara space yang cukup untuk satu orang di tengahnya. Yang mana space ini nanti digunakan untuk penari yang memainkan tokoh Rahwana. Mendengar kata Rahwana, kadang benar adanya tarian tersebut memiliki unsur kisah Ramayana di dalamnya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …