Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta Gambar Dan Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

• Tari Selampir Delapan, merupakan tari persahabatan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi. • Tari Bidadari Teminang Bani, tarian ini dapat juga diartikan bidadari meminang anak. • Tari Seudati, bermula dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Nusantara merupakan negara yang sugih akan sumber daya alam, budaya dan bahasa rasial. Utamanya Budaya, Indonesia punya ragam kebudayaan yang tak terhingga jumlahnya dan tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Reog merupakan kesenian asli Nusantara warisan leluhur dan nenek moyang Indonesia yang bermula dari Ponorogo Jawa Timur. Kesenian Reog Ponorogo mencapai berbatas sekarang masih aktif & dikenal oleh seluruh orang kebanyakan Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara. Reog Ponorogo yang kalian kenal identik dengan keuletan dunia hitam serta dunia mistis ketimuran dan konsistensi supranatural. Satu-satunya ‘instrumen’ dengan bermain ialah suara karet penari laki-laki itu otonom. Berjumlah sekitar 70 orang, mereka akan duduk membangun lingkaran sambil mengenakan kain khas Bali yang bercorak mirip catur.

Mortar, dalam mempertunjukkan tarian itu, para penari Kecak berada dalam kondisi tidak merasa agar bisa lebih berkonsentrasi melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para prototipe. Dulu tarian serimpi tersebut hanya ditampilkan di lingkungan Keraton Yogyakarta saja buat acara kenegaraan dan petunjuk kenaikan tahta Sultan dalam Yogyakarta. Dahulu tarian piring ini merupakan tarian untuk sesembahan kepada para dewa dan leluhur yang telah memberikan hasil panen yang berlimpah kepada masyarakat selama masa kurang lebih 1 tahun. Tari serampang dua belas kasihan ini merupakan tarian yang sangat mashur di Sumatera Utara, khususnya di Wilayah Serdang Bedagai yang ialah daerah asalnya tari itu. Selain kaya dengan perhitungan seninya, tarian ini juga kaya akan makna & nilai-nilai kehidupan dalam sehari-hari yang bermanfaat di dalamnya.

Selain sbg tari adat tari Sere jg berfungsi sbg tari prtunjukn yg dipentaskan utk menyambt tamu. Ia biasanya memasukkan unsur budaya Indonesia dalam pakaian nun ia kenakan, misalnya batik. Atau sebagai musisi, dari segi putra dari aktor Ferry Salim itu, ia biasa menyelipkan unsur musik tradisional semisal gamelan. Direktur Program Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan, Nusantara Menari digelar untuk memproduksi masyarakat Indonesia lebih menghargai dan mencintai budaya daerahnya. Selain itu, fokus pada generasi muda dilakukan di dalam tahun kelima Indonesia Menari.

Mulai dari budaya tandak nasional maupun tari kreasi nusantara, Banyak diantaranya dengan sudah mendunia dan sering kali dipertunjukkan di mancanegara. Seorang pawang akan menuntun jalanna tarian ini dan menuntun gadis masuk ke dalam kurungan aya, yang sudah ditutupi oleh kain warna hitam. Si pawang atau dukun ini akan memanggil ruh Dewi Lanjar atau ruh penari untuk masuk ke dalam tubuh sang penari. Tari Reog Ponorogo amat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu tasawuf yang kuat. Hal ini diperkuat dengan serangkaian tarian bercerita yang cukup bikin ngeri.

Pada dasarnya tarian ini sangat sepadan dengan warna kuning & hijau. Tarian ini dipertunjukan untuk acara resmi sekadar, yang bertujuan untuk menghibur.

Meskipun demikian setiap tarian tersebut tentu memiliki petunjuk tersendiri yang membuatnya makin populer. Tari Kecak menyatakan kisah Ramayana ketika kaum kera membantu Rama menghadapi Rahwana. Selain menampilkan penari yang memerankan tokoh-tokoh utama, tari Kecak juga ditarikan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk melingkar lalu mengangkat lengan dan merancangkan “cak” secara ritmis.

Merupakan tari tunggal dan dpt dimainkan oleh beberapa penari wanita. Berkisah tentang seorang gadis remaja yg sedang merangkai kembang. Fungsi tarian ini adl tari pertunjukan utk menyam-but tamu-tamu kehormat-an/kerabat-kerabat kera-jaan.

Trik penarinya seperti yang lumayan bersiap-siap untuk menyerang popokan. Pakaian yang dikenakan karet penari Cokek adalah kebaya cokek, yang merupakan kebaya khusus untuk tarian ini. Selain itu para penari juga menggunakan selendang panjang di leher, untuk dipakai ngibing. Tarian tradisional ini cenderung sangat sakral, yang ditandai dengan adanya penari yang terbakar api tapi memiliki kekebalan sehingga bukan terbakar. Dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala raja rimba dan mahkota yang terdiri dari bulu merak dengan berat mencapai 50 sampai 60 KG.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …