Tarian Daerah 34 Daerah Beserta Asal Dan Gambarnya

Tari daerah tradisional indonesia

Adalah tarian konvensional yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Karena tandak ini memiliki keunikan & keistimewaan sendiri, dibanding tari-tari lainnya. Tari Sirih Kuning adalah tarian yang bermula dari betawi tempo dulu dan tarian ini dibawakan secara berpasangan dengan diiringi musik khas Betawi yaitu Gambang Kromong. Tarian itu biasanya di lakukan untuk menyambut atau memeriahkan sebuah acara. Tari Makyong ialah salah satu tarian konvensional yang berasal dari Riau.

Menurut cerita tarian daerah 34 provinsi yang berasal dari Kepulauan Riau satu ini sudah tersedia sejak abad ke-12. Di dalam awalnya tarian ini kadang bukan untuk hiburan masyarakat luas, hanya dipertunjukkan dalam area istana saja.

Walakin demikian tarian ini tetap berkembang subur dalam tradisi rakyat Indonesia karena didukung oleh masyarakatnya. Beberapa tandak rakyat tradisional telah dikembangkan menjadi tarian massal dengan gerakan sederhana yang tersusun rapi, seperti tari Poco-poco dari Minahasa Sulawesi Utara, dan tari Sajojo dibanding Papua. Tarian ini merupakan jenis tarian yang bertemakan pergaulan remaja yang melambangkan kegembiraan dan juga kemesraan suku Dayak dalam menyimpulkan tamu.

Tarian ini sangat terkenal secara ciri khas gerakan dengan cepat dan lincah. Tari Tanggai adalah tarian wilayah yang berasal dari Sumatera Selatan, tepatnya daerah Palembang. Saat ini tarian ini acap dipertontonkan ketika upacara penyambutan tamu kehormatan serta perjamuan adat. Tari daerah dengan berasal dari Jawa Tengah, salah satunya adalah tari Beksan Wireng.

Tarian khas dari KalimantanKalimantan punya banyak sekali tarian wilayah yang juga cukup terkenal di kalangan masyarakat. Tarian dari Kalimantan barat sendiri adalah tarian momong, tarian zapin tembung, tarian tandak Sambas, tarian pingan, tarian jonggan, tarian kinyah Uut danum, tarian pala serta terakhir adalah tari sabel. Adapun pengertian tari konvensional adalah tarian yang berkembang dan berkembang dalam suatu daerah atau komunitas yang menciptakan suatu identitias pikiran dari masyarakat yang bersangkutan. Untuk itulah, kita mesti menjaga dan melestarikan variabilitas budaya yang ada dalam Indonesia, termasuk seni tarinya. Tari Selamat Datang adalah tarian khas Papua dengan dilakukan oleh penari adam dan wanita dalam kerangka penyambutan tamu kehormatan ketika berkunjung ke Papua.

Kayu atau tongkat yang digunakan untuk kekayaan eigendom tari ini merupakan tongkat yang di gunakan guna menggambarkan alat untuk menumbuk padi. Tari Gantar tersebut ialah tari yang digunakan buat memberikan sambutan dan pula untuk acara-acara penting. Terlintas saat ini ada 3 jenis Tari Gantar yang bisa kita temukan yaitu tari Gantar Busai, tari Gantar Rayatn, dan tari Gantar Senak atau tari Gantar Kusak. Selanjutnya, salah satu dari macam tari tradisional yang akan kita bahas adalah tarian dari Sumatera Barat yaitu Tarian Baralek Gadang.

Tandak ini merupakan tari dengan di buat dengan menggunakan gerakan yang mirip seperti orang yang sedang menugaskan mengolah padi. Pada dasarnya, tarian ini cukup seakan-akan dengan tarian Baralek Hebat yang mencerminkan kehidupan sehari-hari dari masyarakat. Bahkan pada Tari Gantar ini kamu akan menemukan para penari menggunakan properti seperti gawang panjang.

Tidak harus campur perempuan dan pria, tarian tersebut juga bisa dibawakan sama penari pria maupun penari wanita saja. Tari Luput Datang merupakan salah wahid dari 34 tari tradisional asal Indonesia yang diperagakan sebagai tari penyambutan buat para tamu. Tarian itu biasanya dilakukan oleh penari pria dan wanita guna menyambut para tamu tata susila atau tamu penting nun tengah berkunjung.

Untuk tarian khas kawasan dari Maluku sendiri ada dua jenis yakni tari lenso dan juga tari cakalele. Sedangkan untuk daerah Maluku Utara juga punya 2 jenis tarian kawasan yaitu tari perang dan tarian Nabar ilaa.

Menjadi sangat khas karena dipadu dengan gerakan pencak silat, goyang tandak ronggeng beserta tari ketuk tilu. Wanita harus mempunyai kelemahlembutan yang digambarkan dengan gerakan gemulai yang dijalani oleh penari tari kemung di atas alat musik yang sudah di siapkan. Tarian ini merupakan tarian yang penuh dengan konformitas sehingga sangat indah guna dinikmati. Macam macam tarian Indonesia selanjutnya berasal dibanding Kalimantan, tarian yang dimaksudkan adalah Tari Gantar.

Tarian ini dibawakan kelompok penari dan pemusik kompeten yang menggabungkan berbagai faktor upacara keagamaan, sandiwara, tandak, musik dengan vokal atau instrumental, dan naskah dengan sederhana. Tari Bines merupakan tarian tradisional Aceh yang berasal dari kabupaten Gayo Lues.

Masing-masing tari kawasan mempunyai ciri-ciri dan memiliki ke-khasan tersendiri dibanding secara tarian yang lain. Tari Joged atau lebih dikenal dengan nama Joged Perian, adalah tarian pergaulan yang berasal dari Bali. Umumnya dipertunjukkan sebagai sarana hiburan, seperti dalam acara ijab kabul. Penarinya adalah seorang perempuan, kemudian saat menari wanita tersebut mencari pasangan adam untuk diajak menari bersama. Daerahnya yang termasuk kepulauan dan penduduknya yang berisi dari bermacam suku menjelmakan provinsi ini kaya secara kebudayaan khususnya dibidang tandak tradisional atau tarian daerahnya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …