Tarian Adat Sumatera Selatan

kesenian bali

Terutama untuk memberitahukan tentang adanya bencana, dan berita atas kematian. Nah untuk mendukung kamu memahami tentang budaya Sumatera Utara, berikut CekAja rangkum informasi kesenian tradisional khas Sumatera Utara yg dikategorikan berdasarkan alat tonkunst, lagu daerah, serta tari tradisional.

Practice Tepuk Tepung Tawar ialah suatu upacara adat budaya Melayu peninggalan para cisura terdahulu. Pemberian “tepung tawar” kepada calon mempelai pada umumnya diiringi dengan doa serta harapan dipimpin oleh yg dituakan; dilakukan oleh orangtua, sesepuh dan tokoh-tokoh adat yang dihormati.

2 jenis ansambel musik, gondang sabangunan dan gondang hasapi merupakan alat musik tradisional yang paling sering dimaini. Menurut mitologi etnik Batak Toba, kedua alat töne tersebut merupakan milik Mulajadi Nabolon, sehingga harus dimaini untuk menyampaikan permohonan pada sang dewa.

Melalui serangkaian adat, calon pengantin wanita didudukan di atas pelaminan. Rangkaian acara ber-inai diawali oleh acara tersendiri yakni khatam Al-Qur’an yang dilaksanakan dengan keluarga-keluarga terdekat. Selanjutnya, calon pengantin wanita akan memenuhi upacara di-Tepung Tawari.

Teknik memakai alat musik rebana yaitu dipukul dengan tangan dan nadanya sesuai dengan cara pukulan tangan orang yg memainkannya. Alat musik tradisional pantun bambu dapat pula dimainkan dengan dikolaborasikan oleh alat musik tradisional Banten lainnya antara lain patingtung, rudat dan terbang gede. Pantun bambu juga dapat difungsikan untuk mengiringi pertunjukan tari maupun pengiring lagu. Pantun Bambu kalau dimainkan secara serempak akan mengundang bunyi mirip atau nyaris sama dengan iringan patingtung. Seni MusikSejumlah alat tonkunst juga menjadi bagian di dalam pelaksanaan upacara ritual lalu upacara adat dalam kebudayaan orang-orang Batak Toba.

Rebana adalah sejenis gendang satu muka yg digunakan untuk mengiringi tarian dan nyanyian rakyat. Selain itu Rebana juga dipakai sebagai alat komunikasi simple pada zaman itu dikarenakan bunyinya yang cukup kerpl??a. Jumlah pukulan pada rebana ubi memiliki makna tersendiri yang telah dipahami dengan masyarakt saat itu.

Dalam tradisi setempat, kangkanung biasa dimainkan tuk mengiringi seni tari serta lagu daerah pada acara-acara sakral seperti taribaliandan tari kanjan. Selain itu, alat tonkunst kangkanung juga digunakan tuk mengiringi bentuk kesenian yg bersifat profan. Dalam permainannya, kangkanung biasanya dikolaborasikan oleh gong.

Selanjutnya, calon pengantin wanita akan diberi daun inai yang telah ditumbuk halus pada kuku-kuku jari tangan dan kakinya. Malam ber-inai lazim dimeriahkan dengan iringan bunyi-bunyian misalnya gendang dan nyanyian lagu-lagu Melayu lama, ataupun diadakan tari gambus. Nafiri adalah alat musik tradisional yg berasal dari propinsi Riau di pulau Sumatera yg bentuknya mirip dengan terompet.

Kita dapat melihat games alat musik ini dengan dengan pertunjukkan makyong yg merupakan sebuah bentuk kesenian tradisional yang saat terkait masih dimainkan dan diwariskan di propinsi Riau. Selain sebagai alat musik, nafiri juga digunakan sebagai alat komunikasi masyarakat melayu.

Berganti ke jenis alat töne petik, Hapetan atau Hasapi merupakan salah satu kesenian tradisional khas Sumatera Utara yang bentuknya dianggap amat mirip dengan alat töne Kecapi. Alat musik dalam berasal dari daerah Tapanuli ini dikategorikan dalam model alat musik dawai lalu sering kali dimainkan akibat masyarakat dari suku Batak Toba. Biasanya berlangsung di suatu hari atau satu malam sebelum acara akad nikah.

About Willion

Check Also

12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. …