Suku Baduy, Mempertahankan Budaya Dengan Menolak Pengaruh Dari Luar

suku budaya

Indonesia memang kaya akan kultur tidak hanya yang telah diakui dunia namun sedang banyak kebudayaan Indonesia yang belum terekspos dunia. Akal budi juga dimaknai sebagai substansi yang membuat kehidupan menjadi lebih baik dan bertambah bernilai untuk ditempuh. Guna memahai nilai-nilai budaya, terlebih dahulu harus diketahui ulasan nilai dan budaya.

Orang-orang Dayak secara strip besar hanya tahu kurang lebih wilayah yang didiami sama para Panglima ini contohnya, Panglima Burung kebanyakan meninggali wilayah tepi laut utara Kalimantan Barat, dan Panglima Baung di wilayah Tekadau. Untuk bisa menjadi panglima bukanlah orang sembarangan, melainkan cuma orang-orang keturunan dari Manggala tersebut, dan tidak menutup kemungkinan wanita bisa sebagai seorang Panglima.

Tradisi nyorog sebenarnya bukan melulu dilakukan menjelang hari Ramadhan tiba. Tradisi tersebut juga biasa dilakukan dalam acara pernikahan adat Betawi. Namun mirisnya, tradisi ini hampir punah di periode millenial sekarang ini.

Ondel-ondel merupakan ikon DKI Jakarta yang tentunya punya sejarah panjang. Sejak tersebut, ondel-ondel mulai dikenal sebagai boneka raksasa yang diarak warga dari kampung buat mengusir siluman dan harus menjalani proses ritual sampai makam kramat. Tujuan dari tradisi nyorog yakni sebagai ajang silaturahmi antar sanak saudara serta menghormati rombongan atau tokoh-tokoh yang dituakan.

Lalu ketika api kecil mulai muncul getah perca juru masak bersiap untuk memperbesar api tersebut dan menyiapkan bahan-bahan makanan, dan ditaruh diatas bebatuan buat dikukus. Proses masak-memasak ini berlangsung selama berjam-jam, lalu setelah matang makanan bakal dibagi-bagikan. Mayoritas dari tersebut hidup di Jambi, serta hidup secara nomaden bermigrasi tempat mencari tempat perburuan ditengah hutan Jambi perbatasan.

Jika bangsa Betawi memiliki tradisi palang pintu, masyarakat Belitung pun memiliki satu tradisi berlaga pantun yang biasa disebut berebut lawang. Ondel-ondel masa ini banyak digunakan sebagai tumpuan warga untuk mengamen & menjadi tontonan dianggap menyepelekan budaya Betawi. Padahal, sebelumnya ondel-ondel dianggap sebagai boneka sakral yang tak dapat digunakan oleh sembarang orang.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …