Seni Budaya

kesenian daerah

Kita akan diminta mengenakan selendang sebelum masuk untuk menghormati adat dan budaya lokal. Setiap jenis pakaian Bali memiliki bentuk, makna dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ragam busana tradisional Bali beserta penjelasannya.

Dan berikut informasi seputar alat musik Betawi yang perlu diketahui. Sabuk prada adalah ikat pinggang yang digunakan untuk menahan kamen agar tidak melorot. Penggunaan sabuk ini juga membuat wanita Bali lebih anggun ketika mengenakan pakain adat. Selain itu, sabuk prada juga memiliki filosofi sebagai gambaran melindungi diri pada rahum wanita sebagai anugerah Tuhan. Salah satu contoh penggunaan selendang di Bali adalah saat kita hendak memasuki wisata tempat suci.

Pada dasarnya tarian ini sangat identik dengan warna kuning dan hijau. Umur disi anak menjadi perkara yang penting untuk mengenalkan segala macam kesenian yang ada di Jawa Tengah. Karena pada usia masih anak – anak, segala informasi dengan mudah diserap oleh mereka. Sangat disayangkan jika anak – anak di Jawa Tengah sudah dikenalkan budaya dan kesenian asing ketika masih kecil.

Bangunan khas Jawa Timur umumnya memiliki bentuk joglo, bentuk limasan, dan bentuk srontongan. Untuk jumlah penari tidak disyaratkan, namun untuk kostum yang biasa digunakan adalah kostum kemben yang sebahu dilengkapi dengan selendang.

Bagian ujung lainnya sebagai tempat meniup ditutup dengan gabus dan dibalut dengan daun pandan. Bentuk alat musik ini sederhana dan terbuat dari bahan-bahan alam, seperti tempurung kelapa, kulit kambing, kayu dan dawai.

Tambo merupakan alat musik dari Aceh sejenis tambur dan dimainkan dengan cara dipukul. Terbuat dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat peregang kulitnya. Dulu digunakan sebagai alat komunikasi penanda waktu sholat atau untuk keperluan mengumpulkan warga. Alat musik khas Aceh yang keberadaannya cukup tersebar di Aceh adalah Geundrang. Geundrang terbuat dari kulit nangka, kulit kambing atau kulit sapi yang tipis, dan rotan.

Celempong dimainkan dengan cara diketuk-ketuk oleh alat pemukulnya. Alat musik Aceh ini biasa dimainkan dengan untuk mengiringi lagu tradisional, selain juga digunakan untuk mengiringi Tari Inai. Alat musik daerah Aceh ini terbuat dari bambu dengan ujung yang ditutup dengan buku bambu itu sendiri.

Busana adat Bali pun ada bermacam-macam dengan gaya, keindahan serta nilai estetika tersendiri. Jenis pakaian adat ini mempunyai fungsi masing-masing, misalnya untuk persembagyangan, upacara pernikahan, kegiatan ada, kematian, dan sebagainya.

Sementara ubi kayu yang diolah menjadi gaplek, dahulu merupakan makanan pokok sebagian penduduk di Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Trenggalek. Kabupaten Jember memiliki makanan khas berbahan tape yaitu suwar-suwir serta prol tape yang sangat manis. Bentuk bangunan Jawa Timur bagian barat umumnya mirip dengan bentuk bangunan Jawa Tengahan.

About Willion

Check Also

5 Kesenian Khas Indonesia Dari Berbagai Kota Halaman All

Ketua Angguk Buiza Ayudio, Syahputra mengungkapkan bahwa kesenian yang spesial dikarenakan di dalam musiknya mengandung …