Ruwatan Pentaskan Wayang Langka

Wayang

Pengetahuan dia terhadap wayang merebak semakin dalam seiring tumbuhnya minat untuk mempelajari karakter batik. Panitia pameran painting, Anastasia Zakharova, menyampaikan kekagumannya. “Ketika saya menggantung sosok wayang ini, saya sinambung terpesona dan penasaran buat mengetahui lebih lanjut kaul di balik sosok lukisan yang saya lihat, ” ujar dia. Beberapa pengunjung pameran menyatakan kekaguman dan ketidakpercayaannya sebuah lukisan bisa memberikan cerita sejarah serta budaya dari suatu negara, Indonesia. Masing-masing lukisan berukuran sekitar 30×20 cm menampakkan keunikan melalui sapuan cet minyak di atas canvas yang menampilkan sosok tokoh wayang Rama dan Sinta, Arjuna, dan Cepot, beserta sapuan warna warni berupa batik.

Wayang ini umumnya dipentaskan di kelenteng-kelenteng dengan mengangkat kisah legenda dinasti-dinasti di Tiongkok. Meski sangat, wayang jenis ini pula biar tersebar di beberapa wilayah lain seperi Palembang, Lajur, Cirebon, Betawi, dan Bali. Bahan untuk pembuatan wayang ini adalah lembaran leather sapi dan disambung beserta sekrup yang terbuat daripada tanduk sapi atau kerbau. “Adapun eyang Tedjo seratus persen suguhannya milinial sungguh. Penyajiannya, itulah magnet eyang Tedjo. Goresan warna motivasi di kanvas wayangan malam Jum’at Kliwon selalu mewarnai acara yang menarik perhatian pengunjung, ” ujarnya.

Penuturan cerita yang jejak dan menarik juga jadi salah satu hal nun harus dimiliki, maka ini seorang dalang harus tau tentang berbagai cerita pewayangan. Dari arti tersebut, kalian dapat menetahui bahwa wayang yang satu ini dibuat dari kain.

Sebelum dimulai wayang kulit semalam suntuk, dalam kesempatan tersebut diserahkan penghargaan untuk turnamen bola voli antar FKKD dan kejuaraan hadang. Walau Wayang Golek terbuat daripada kayu, tetapi tidak berbentuk pipih seperti Wayang Klithik ataupun Wayang Kulit. Wayang Golek ini pementasannya tidak menggunakan layar dibelakangnya ataupun teknik bayangan seperti Wayang Klithik dan Wayang Leather. Tetapi Wayang Golek dalam pementasannya menggunakan panggung serta dimainkan oleh dalangnya berdasar pada langsung dari bawah teater.

Kulit yang telah siap selanjutnya masuk pada proses kreatif dan perangkaian. Awalnya diberikan pola buat selanjutnya diukir, setelah diukir bagian-bagian wayang kulit dengan terbentuk pun disatukan serta diwarnai sesuai dengan figurnya.

Wayang Klithik adalah unik modifikasi dari Wayang Kulit yang dibuat dari tiang. Wayang Klithik ini mempunyai bentuk yang pipih serupa dengan Wayang Kulit. Wayang ini dinamai Klithik karena suara kayu yang bergesekan saat dimainkan.

Di era moderninsasi seperti sekarang ini, menurut Wahyu, memang sangat menantang untuk mengajak tingkatan muda belajar membuat wayang. Karena itu, melalui KBA program dari Astra Group, diharapkan turut berkontribusi serta menyemangati para perajin wayang Dukuh Butuh untuk terus berjuang melestarikan dan menyemaikan wayang kulit sebagai tradiri bangsa. Sunardi Baron, perajin wayang kulit lainnya, mengatakan, dalam waktu dekat, bagian KUBE Bima akan diberangkatkan studi banding dengan getah perca perajin kulit di Kota Gede, Yogyakarta. Di kian, para perajin wayang tersebut akan diajak belajar tentang opsi produk lain nun bisa dihasilkan dari bahan dasar kulit.

About Willion

Check Also

Covid

Demikian juga saat masuknya Islam, ketika pertunjukan yang menampilkan “Tuhan” / “Dewa” dalam wujud wong …