Rumah Adat Jawa Timur

kesenian jawa barat

Tarian suku Dayak Benuaq di sini. dilakukan untuk menolak wabah penyakit dan mengobati jamaah yang digigit anjing gila. Disebut tarian Serumpai hal ini karena tarian diiringi alat töne Serumpai.

Pantun Bambu masih terus dimainkan pada setiap upacara tau celebration kebudayaan masyarakat Banten. Kalau penasaran dengan alunan töne Pantun Bambu datanglah ke Cilegon, di sanalah area menikmati Pantun Bambu melalui nuansa tradisional yang kental. Upacara Belian Bawo bertujuan untuk menolak penyakit, mengobati orang sakit, membayar nazar dan lain sebagainya. Sesudah diubah menjadi tarian, tari ini sering disajikan di acara-acara penerima tamu lalu acara kesenian lainnya.

Musik terkait dihasilkan dari permainan alat musik yang bernama Sasando. Musik ini dimainkan ketika upacara penyambutan tamu serta sebagai hiburan saat wujud acara-acara yang dibuat dengan masyarakat setempat. Sasando terkait mirip seperti kecapi yg dimainkan dengan cara dipetik dengan suara yang sungguh-sungguh khas. Tari Andun terkait merupakan salah satu dri macam-macam kesenian daerah yg berasal dari Bengkulu. Tarian ini biasanya dipertunjukkan saat diadakan pesta pernikahan yg akan diiringi oleh tonkunst kolintang.

Tetapi dengan seiring perkembangan zaman, tarian ini lebih dimanfaatkan sebagai hiburan dan rata-rata ditarikan oleh para gadis-gadis dengan sarung yang cantik dan membawa seperti bakul sebagai properti dalam pertunjukan mereka. Sama halnya melalui kebudayaan di Nusantara, contohnya kebudayaan Suku Dayak lalu kebudayaan suku bangsa yang lain, kesenian merupakan bagian dalam selalu ada di dalamnya. Bermacam rupa kesenian khas untuk berbagai cabang-cabang seni dalam dapat dengan mudah tena kita temui sampai sewaktu ini sebagai bentuk kesenian Suku Melayu. Berbagai bentuk kesenian Melayu telah termodifikasi sesuai dengan karakteristik rumpun Melayu masing.

Tarian ini ditarikan saat malam hari serta dilakukan secara berpasang-pasangan antara para bujang dan pra gadis. Asal usul tarian ini sebenarnya adalah tarian untuk mencari jodoh setelah mereka panen padi.

Perbedaan yang mencolok anatara Tari Hudoq Kita’ dan Tari Hudoq nyata pada kostum, topeng, propaganda tarinya dan iringan musiknya. Kostum penari Hudoq Kita’ menggunakan baju lengan panjang dari kain biasa lalu memakai kain sarung, sedangkan topengnya berbentuk wajah orang biasa yang banyak dihiasi dengan ukiran khas Dayak Kenyah. Cerita Calonarang merupakan tema atau judul pada sebuah pementasan seni tari, pementasan kesenian rakyat di sini. berbau magis atau mistis, Calonarang adalah tokoh dalam berwajah seram dan punya sifat menyakiti. Pementasan Calonarang selain sebagai hiburan dalam cukup populer dan luar biasa di pulau Dewata Bali.

Berdasarkan mitologi etnik Batak Toba, kedua alat musik ini merupakan milik Mulajadi Nabolon, sehingga harus dimainkan buat menyampaikan permohonan kepada did dewa. Tari Tortor akhirnya menjadi salah satu kesenian dalam paling menonjol dalam kebudayaan masyarakat Batak Toba. Manortor merupakan lambang bentuk syukur kepada Mulajadi Nabolon, dewa pencipta alam semesta, lalu rasa hormat kepada hula-hula dalam konsep kekeluargaan mereka. Oleh karena itu, tari ini biasanya dilakukan pada upacara ritual, ataupun pada upacara adat, seperti pokok pernikahan.

Sedikit info dalam saya dapat tentang tarian ini, hal ini kelihatannya sudah kurangnya minat orang-orang untuk melestarikan budaya Tari Jlantur. Hingga akhirnya sebutan penari itu terdengar ke telinga Sunan Paku Buwono IV, membuat Sri Gambyong diundang untuk menari ke dalam Istana. Ia pun berhasil memikat orang-orang pada Istana, hingga akhirnya tariannya pun dipelajari dan dikembangkan hingga dinobatkan tarian khas Istana. Musik tradisional terkait berasal dari Nusa Tenggara Timur yang berada pada Pulau Rote.

Kesenian rakyat tradisional dalam Bali yang berkembang melalui baik sekarang ini merupakan seni wayang kulit, kesenian rakyat ini sangat setelah populer di kalangan penduduk kelas bawah, menengah lalu kalangan kelas atas. Gak bisa dipungkiri sejumlah kesenian rakyat di Bali nyata beberapa diantaranya bisa bertumbuh dengan baik ada jua yang tidak berkembang hal ini karena kalah bersaing dengan kesenian-kesenian modern sekarang ini. Ciri khas dari rumah di sini. adalah rumah ini punya teras yang luas yang bermanfaat untuk menjamu tamu lalu menjadi area bersantai keluarga.

About Willion

Check Also

Kesenian Rakyat Tradisional Dalam Bali

Pada umumnya cerita dan penokohan pada kesenian wayang kulit diambil dari kisah Mahabarata dan Ramayana. …