Radhar Panca Dahana Bersama Teater Kosong Pentaskan Lalukau Di Gedung Kesenian Jakarta

gedung kesenian jakarta

Terkait sebenarnya merupakan bentuk teater tetapi dengan unsur serta cerita yang diangkat dri kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi atau masyarakat setempat. Walaupun\ sama-sama menyajikan hiburan, benar pertunjukkan teater atau bioskop memiliki keunggulan masing-masing. Terkadang tidak bisa dibandingkan sebagaiselaku, ala, menurut, mutlak tentang menonton bioskop dengan menyaksikan langsung pertunjukkan teater.

Pada perkembangannya, Gedung yang terletak dalam Jalan Gedung Kesenian Number 1 Jakarta Pusat di sini. memang sering menyelenggarakan pertunjukan-pertunjukan seni baik itu movie theater, musik, tari dari afin de seniman ternama baik untuk Indonesia maupun dari penjuru penjuru dunia. Gedung Kesenian Jakarta adalah salah 1 bangunan tua peninggalan bersejarah pemerintahan Belanda yang sehingga saat ini masih berdiri kokoh. Pada awalnya, gedung yang dibangun Belanda di 1821 ini diperuntukan buat pementasan-pementasan kesenian dan diberi nama Schouwburg.

Bangunan ini sudah pernah beberapa kali berganti guna seiring dengan perubahan peta politik di Indonesia. Dalam jaman penjajahan Jepang, gedung ini pernah menjadi markas tentara. Tepat setelah merdeka, tempat ini beberapa saat menjadi tempat sidang Komite Nasional Indonesia Pusat. KNIP adalah cikal bakal untuk DPR yang disebut-sebut seperti wakil rakyat itu. Berikutnya, gedung ini pernah akhirnya menjadi ruang kelas untuk Fakultas Ekonomi dan Hukum Universitas Indonesia di tahun 51.

Selama bertahun-tahun Metropolis Theatermenjadi tempat hiburan papan atas masyarakat Jakarta dalam menggemari film-film Mandarin. Sayang, setelah masuknya jaringan twenty-one, nama City Theater memudar perlahan-lahan.

Palmerah Selatan 17, Jakarta Pusat, berusaha menampilkan bentuk dan tulisan cipta budaya yang kelihatannya pernah mentradisi. Ataupun bentuk-bentuk kesenian massa yang sudah pernah populer dan merakyat. Juga karya-karya baru yang seolah tak mendapat tempat lalu tidak layak tampil dalam sebuah gedung terhormat. Cemara 6 Galeri juga memfokuskan pada promosi seniman dalam baru muncul, melalui pameran kelompok dan tunggal, serta dengan ini menekankan pentingnya pertukaran budaya dan jaringan internasional.

Dengan adanya pusat-pusat kesenian itu, baik yg lama maupun yang baru, Jakarta ternyata tidak sebatas melulu dilihat sebagai kota yang menawarkan alternatif budaya konsumerisme dan hedonisme ala metropolitan. Para seniman terkait mula-mula giat membentuk komunitas seniman untuk membuat pertunjukan, pameran, diskusi, dll. Mereka masih terpecar pada golongan tertentu dan belum wujud lembaga-lembaga terpusat yang benar-benar menjadi tempat di mana mereka bebas berkekspresi serta menelurkan idealisme dan imajinasi mereka. Saat ini, tonkunst Tanjidor menjadi kesenian tradisional Betawi masih terus datang dan terjaga meskipun langkah pertamanya pertunjukkan ini hanya diperuntukkan untuk kalangan Belanda.

Gedung Kesenian Jakarta, pada tanggal 9—26 Juni 2006 mengadakan Jakarta Anniversary Festival ialah sebuah forum pesta seni pertunjukan untuk kesenian city yang berlangsung setiap 1 tahun dalam rangka memperingati ulang tahun kota Jakarta. Pekerjaan ini merupakan program istimewa GKJ yang menampilkan keragaman kesenian terpilih dari pada hingga luar negeri dalam berbasis pada seni metropolitan.

Baru di tahun 1984, fungsinya dikembalikan ke fitrah aslinya, yaitu gedung pertunjukkan. Sebagai tempat pertunjukan seni, Gedung Kesenian Jakarta punya fasilitas yang bagus lalu memadai, diantaranya ruang pertunjukan berukuran 24 X 18, 5 meter dengan kapasitas penonton sekitar 475 jamaah. Gedung yang letaknya berdekatan dengan Pasar Baru di sini. juga memiliki panggung berukuran 10, 75 X 16 X17 meter, peralatan orde cahaya, kamera disetiap ruangan, TV Monitor, ruang tagesraum berukuran 5, 80 Back button 24 meter.

Bertolak belakang oleh menonton bioskop, rasa-rasanya masih sedikit masyarakat Indonesia yg pernah menyaksikan pertunjukkan teater. Boro-boro menyaksikan, tau lokasi untuk menonton pertunjukkan episode saja mungkin tidak melimpah masyarakat Indonesia yang tahu persis hal tersebut. Ada melimpah pertunjukkan tradisional yang ngakl lagi diminati oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Ngakl jarang hal ini hendak tidak mau membuat kesenian tradisonal Indonesia mulai menghilang dari peredaran. Dengan memanfaatkan kesenian, kritikan serta suara yang ingin disuarakan jadi lebih mudah diterima dengan berbagai kalangan.

Selain kegiatan pesta seni, forum ini diharapkan akhirnya menjadi wahana dialog budaya dalam dapat membangun keakraban antarbangsa. Gedung kesenian ini jua menerbitkan media publikasi, contohnya surat kabar, rekaman music, dan rekaman video. Dalam negri juga merupakan salah 1 negara yang memiliki tidak sedikit sekali kebudayaan dan kesenian tradisional yang juga akhirnya menjadi modal untuk menarik tidak sedikit wisatawan ke Indonesia. Bali merupakan satu dari begitu banyak daerah Indonesia dalam sudah sangat dikenla mendunia berkat kesenian dan kebudayaan setempat. Sebelum dipugar, gedung ini pernah disewakan pada pihak swasta untuk dibuat gedung bioskop bernama Metropolis Theater.

About Willion

Check Also

12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. …