Pesona Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Beberapa keluarga bangsawan; berbagai istana dan keraton dengan hingga kini masih bertahan di berbagai bagian Nusantara menjadi benteng pelindung & pelestari budaya istana. Perbedaan paling jelas antara tarian istana dengan tarian orang kebanyakan tampak dalam tradisi tandak Jawa. Strata masyarakat Jawa yang berlapis-lapis dan mengesankan tercermin dalam budayanya. Bila golongan bangsawan kelas atas lebih memperhatikan pada kesopanan, unsur spiritual, keluhuran, serta keadiluhungan; masyarakat kebanyakan bertambah memperhatikan unsur hiburan & sosial dari tarian.

Tari ini ialah dari yang saat tersebut cukup sulit ditemukan olehkarena itu tidak banyak yang target menarikan dan melestarikan tari ini. Gending Sriwijaya adalah lagu dan tarian tradisional masyarakat Kota Palembang, Sumatera Selatan. Melodi lagu Gending Sriwijaya diperdengarkan untuk merangkul Tari Gending Sriwijaya. Cantik lagu maupun tarian ini menggambarkan keluhuran budaya, keberhasilan, dan keagungan kemaharajaan Sriwijaya yang pernah berjaya mengatupkan wilayah Barat Nusantara.

Gerakan ini berisi suatu tanda kewaspadaan tentang musuh dengan selalu mengamati ke kiri kekanan serta kemuka dan belakang. Di bagian ini diperagakan pulsa bambu yang setengah tumpas karena tiupan angin.

Tari selampit delapan merupakan salah satu tari konvensional dari provinsi Jambi. Kata “Selampit Delapan” berasal dibanding delapan tali yang dimanfaatkan dalam tarian tersebut.

Seperti tari konvensional kebanyakan dahulu, Tari Cerana ini merupakan tari dengan digunakan untuk upacara dedikasi. Untuk tariannya sendiri, Tandak Kataga ini merupakan tandak yang di lakukan sambil 8 orang pria dengan menggunakan pakaian khas Sumba lengkap dengan senjata yang dimilikinya.

Selain sebagai tari adat tari Sere juga berfungsi sebagai tari pertunjukan yang dipentaskan untuk menyambut tamu. Manfaat dari tari Remo adalah tari pertunjukan yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu Negara maupun dipentaskan diberbagai festival kesenian daerah. Fungsi dari tari Topeng Betawi yaitu sebagai upacara etiket masyarakat betawi sebagai tarian untuk menolak bala.

Sebagai akibatnya tarian istana lebih ketat dan memiliki seperangkat aturan dan disiplin nun dipertahankan dari generasi di generasi, sementara tari kaum lebih bebas, dan terbuka atas berbagai pengaruh. Akan tetapi masih banyak tarian wilayah khas Nusantara yang belum tercantum di atas, sebab memang Indonesia sangat kaya akan kesenian tarinya. Tandak Yospan merupakan tarian wilayah 34 provinsi di Nusantara yang berasal dari Papua. Tarian yang termasuk jenis tari Jawa Klasik tersebut dulunya digunakan untuk menerima tamu.

Tarian melambangkan ungkapan rasa syukur masyarakat Bali dalam menyimpulkan para dewata-dewata yang sepi dari khayangan. Tari-tarian Wilayah DKI JakartaTart Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu luhur. Tarian Indonesia menunjukkan kepelikan sosial dan pelapisan tolok ukur sosial dari masyarakatnya, dengan juga menunjukkan kelas supel dan derajat kehalusannya. Berdasarkan pelindung dan pendukungya, tandak rakyat adalah tari nun dikembangkan dan didukung oleh rakyat kebanyakan, baik pada pedesaan maupun di perkotaan. Tari rakyat lebih menanggapi fungsi hiburan dan toleran pergaulannya daripada fungsi ritual.

Di masa kini, tari ini sering digunakan utuk menghibur masyarakat atau memeriahkan daftar pernikahan. photo/Twitter/Kemenpar_RITarian ini bermula dari suku Batak Toba di Sumatera Utara. Identitas tarian ini merupakan ijtihad hentakan kaki penari pada lantai papan rumah adat Batak.

Tari Ronggeng adalah tandak tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat, khususnya dari tanah pasundan. Walaupun berasal dari Jawa, Joget juga dapat ditemukan pada Sumatra dan Semenanjung Malaya. Kesenian tari ini adalah awal sejarahnya tari Jaipongan diciptakan. Tarian ini pula biasanya dipentaskan untuk tumpuan hiburan dalam setiap daftar pernikahan. Tari Gong adalah tari tradisional suku Dayak Kalimantan timur yang merandau gong sebagai alat menarinya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …