Perkuat Persatuan, Kesbangpol Kumpulkan Ragam Umat

suku budaya

Jumlah manik2 yang menempel di telinganya akan bertambah satu untuk setiap tahun. Di tataran masyarakat Dayak Kayan, pemanjangan cuping daun telinga itu biasanya menggunakan pemberat berbentuk logam berbentuk lingkaran gelang atau berbentuk gasing ukuran kecil. Dengan pemberat tersebut daun telinga akan langsung memanjang hingga beberapa sentimeter. CekAja. com memiliki sijil dan merek dagang terdaftar dari C88 Financial Technologies Pte. Produk Asuransi pada CekAja. com dikelola sama PT Barron Pandu Langgeng, pialang asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Penguasaan Jasa Keuangan.

Oleh sebab itu, di dalam kesempatan periode ini kita akan membincangkan tentang beberapa suku di Indonesia, baik yang sudah biasa diketahui maupun yang belum diketahui. Bedanya, mereka bukan membalut mayat melainkan menyandangkan kemudian menyimpan di dalam tempat. Mumi ini diletakkan pada rumah dan terkadang dikeluarkan apabila ada wisatawan yang tertarik untuk melihatnya. Resepsi batu bakar merupakan cela satu perayaan yang dikerjakan oleh suku Dani. Resepsi ini biasa diselenggarakan buat merayakan pernikahan, kelahiran, ataupun merayakan kemenangan dari perang.

Lazimnya upacara ini diadakan sebelah Nyepi, yaitu tiga hari sebelumnya. Ketika Melasti dilaksanakan, masyarakat Bali akan merahmati diri mereka dengan menghadap sumber-sumber air seperti pematang, laut, atau mata larutan yang disakralkan. Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah nun merupakan warisan leluhur dan telah dilakukan sejak ratusan tahun silam di Bali. Masyarakat Hindu Bali mengakui bahwa dengan membayar layon, roh leluhur menjadi suci dan mereka bisa mandek dengan tenang. Hal itu karena ngaben melibatkan orang2 dalam jumlah besar serta panggung pembakaran.

Dalam pesta ini mereka akan memasak berbagai spesies makanan mulai dari umbi-umbian hingga babi untuk dimakan secara bersama-sama. Setelah merenung Nyepi, warga Bali akan mengadakan upacara Omed-omedan yakni kelompok pemuda dan teruna berusia 18 hingga 30 tahun yang belum mengikat akan berhadapan. Mereka bakal diguyur air kemudian berjuang dan diakhiri dengan sama-sama berciuman. Tradisi ini duga ada sejak puluhan tahun silam dan masih dilestarikan hingga sekarang. Upacara Melasti merupakan acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Yang memikat dari Aruh Baharin adalah upacara ini melibatkan roh leluhur. Para tokoh etiket melakukan ritual khusus untuk memanggil roh leluhur biar turut hadir dan mencetuskan acara Aruh Baharin. Disediakan pula bermacam rupa sesaji supaya dapat dinikmati oleh karet leluhur. Tak jauh dibanding kota modern, Suku Baduy Dalam tetap menjaga tradisinya berjalan kaki tanpa medium.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …