Penutupan Candi Borobudur Dan Prambanan Diperpanjang

Candi

Mengingat Candi Prambanan merupakan daerah wisata religi yang dianggap totok oleh umat Hindu & masyarakat setempat. Masyarakat Hindu di Pulau Jawa selamanya menjadikan Candi Prambanan sebagai lokasi perayaan Nyepi sekaligus pusat ritual Hindu. Perayaan Nyepi di Prambanan selalu diisi dengan ritual Tawur Agung pada malam sebelumnya.

Candi Borobudur merupakan tumpukan batu yang ditata di atas gundukan tanah atau bukit. Selanjutnya disusun undakan-undakan untuk meletakkan pasir candi. Sebagai pengingat tatkala berkunjung pada siang perian ke Candi Prambanan, bawa topi dan payung guna melindungi diri dari terik matahari yang menyengat. Ingat untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tanyakan segala sesuatu yang bisa dan tak bisa dilakukan di kawasan wisata ini.

Salah satu faktor dengan melatar belakangi nya merupakan faktor unik dan luar biasa dari candi Borobudur ini. Namun lebih dari tersebut Candi Borobudur ini memiliki banyak sekali misteri nun patut untuk di perbincangkan dan di benarkan sengketa kebenaran nya.

Sementara buat mengurangi interaksi petugas & wisatawan, Edy mengatakan, PT TWC bakal menerapkan sistem pembayaran nontunai di sekitar loket tiket. Menurut Edy, program CHS penting buat dijalankan mengingat pandemi corona mengharuskan perubahan perilaku bangsa sehingga lebih memperhatikan transparansi, kesehatan, keamanan dalam berbagai aktivitas, termasuk berwisata. Edy menjelaskan berbagai persiapan duga dilakukan pada saat tersebut. Misalnya, dengan memperbaiki dan standar kualitas pelayanan wisata yang bersih, sehat, & aman untuk menerima seluruh wisatawan yang berkunjung.

Para ahli sejarah otonom juga banyak yang mengeluarkan dan menyimpulkan bahwa Candi Borobudur ini tidak mempunyai arah yang pasti. Sehingga kita tentu nya bakal kesulitan menentukan bagian petunjuk mata angin, entah itu bagian selatan ataupun utara. Karena memang candi Borobudur tidak memiliki patokan nun pas untuk hal ini. Kunto Bimo sendiri merupakan sebuah istilah patung budha di dalam Dharmacakra. Untuk seorang laki-laki bisa menyentuh stupa dengan jari kelingking maupun jari manis, sedangkan cewek bisa menggunakan bagian jari kaki.

Tidak jauh dari lokasi candi, sesudah menyeberang Kali Lo dengan berair bening, terdapat satu sumber air panas berpanggilan Petirtaan Derekan. Kabarnya petirtaan tersebut dibandung bersamaan secara pembangunan Candi Ngempon. Bentuk candi ini mirip candi-candi Hindu di kawasan Gedong Songo, Bandungan, tetapi namanya belum seterkenal Candi Gedong Songo.

Setelah itu, ritual Nyepi dilanjutkan siang harinya secara proses pembakaran dupa nun diiringi dengan bacaan Weda dan bunyi lonceng. Ritus Tawur Agung kemudian diwarnai dengan iring-iringan ogoh-ogoh dari kertas dan dibakar sebelum matahari terbit. Ritual tersebut pun terbuka bagi warga umum selama tidak mengocok prosesi religi. Pemkot Bandung tak akan segan memberlakukan weker malam jika masyarakat masih abai protokol kesehatan. Di situs tersebut ada struktur berbentuk persegi empat seluas 5, 2 meter empat persegi dengan panel dan siluet khas pada bagian pada yang kemungkinan merupakan petirtaan kuno.

Namun hal ini banyak terbukti banyak karet wisatawan yang berkunjung tak bisa melakukan hal ini. Bagi para wisatawan dengan berkunjung ke Candi Borobudur, untuk sekarang ini dapat mengunjungi patung yang belum selesai itu di Wilayah atau di dalam museum Karmawibhangga. Misteri kedua yang banyak merebak di kalangan masyarakat umum adalah tentang patung yang belum rampung. Ya patung yang pada maksud ini adalah arca budha terbesar di daerah Candi Borobudur yang sampai sekarang masih belum terselesaikan.

Kecuali memberlakukan protokol kesehatan ketat, Candi Borobudur juga bakal melakukan pembatasan pengunjung. Ketua Utama PT TWC Edy Setijono, mengungkapkan dalam penerapan visitor management ini, PT TWC akan bekerjasama secara Balai Konservasi Borobudur terkait dengan pengaturan kunjungan pada Zona 1 Candi Borobudur. Foto by Rob YoungHal ini merujuk pada satu legenda yang mengatakan jika Piramida Magician dibangun sama kurcaci yang menetas daripada telur. Kurcaci tersebut tumbuh dewasa dalam sehari & membangun piramida tersebut pada malam harinya. Piramida Magician menjadi piramida tertinggi dalam Uxmal dengan ketinggian 35 meter.

About Willion

Check Also

Menanggap Penyebaran Corona, Candi Prambanan, Borobudur, Dan Ratu Boko Ditutup

Diperkirakan gedung candi itu rusak atau hilang, akibat perbuatan wong atau faktor alam. Dipastikan bangunan …