Penduduk, Kebudayaan & Gaya Hidup

suku budaya

Tradisi ini melibatkan anak laki-laki saja, bahkan start yang balita hingga dewasa yang tergabung dalam sekehe Truna di desa itu. Yang menarik adalah di setiap peserta dirias dengan roman seram dan menakutkan dengan warna-warna yang dipilih swasembada oleh peserta. Adapun dandanan seram tersebut untuk menggantikan wujud wong samar yang sering mengganggu anak-anak. Digelarnya budaya dan tradisi Ngerebeg ini bertujuan untuk menyampaikan tempat bagi wong khawatir tersebut, sekaligus memberikan teater, agar bisa hidup berdampingan dengan manusia dan tak saling mengganggu.

Seraya pula memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat tour di pulau Bali. ■ Kebudayaan Suku Jawa merupakan salah satu nun tertua di Indonesia. Penuh sekali kebudayan suku bangsa lain di Indonesia yang sedikit banyak berakulturasi secara budaya masyarakat Jawa.

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa sejak engkau lahir sampai meninggal dunia menjadi anggota kelompok dan terikat dengan kelompok. Mulai lahir kamu menjadi warga keluarga, menjadi warga suatu RT, RW, kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi & negara.

Tradisi inipun digelar secara rutin sama 7 banjar di provinsi Pekraman Tegalalang, dalam ikatan pujawali yang digelar pada Pura Duur Bingin. Dalam pulau Bali tradisi Pertikaian Ketupat hanya bisa dikau temukan di desa Bahtera, Kec. Budaya dan Kebiasaan unik di Bali ini digelar dalam rangkaian upacara Aci Rah Pengangon di setiap satu tahun sekali yakni pada hari Purnama sasih Kapat atau sekitar bulan September – Oktober.

Sampai saat ini adat-istiadat suku Jawa ini masih luar biasa dipegang teguh dan terus ditradisikan, khususnya dalam daerah sekeliling Keraton daerah istimewa Jogjakarta. Orang Kanekes atau nun biasa dikenal sebagai masyarakat Baduy merupakan kelompok etnis yang berasal dari area Banten, lebih tepatnya di Lebak. Selain memiliki kepercayaan yang dianggap tabu, suku Baduy juga dikenal sebab gaya hidupnya yang merenggangkan diri dari dunia luar, khususnya untuk penduduk area Baduy Dalam. Meski sangat, masyarakat Baduy nyatanya pula kerap kita jumpai pada daerah perkotaan dengan kesendirian yang begitu kental, yaitu melintas di pinggir urut-urutan tanpa alas kaki dan mengenakan baju kain dengan sederhana. Keanekaragaman golongan atau kelompok dalam masyarakat ialah suatu gejala yang selamanya ada dalam setiap sukma manusia dan kedudukannya amat penting.

Namanya juga perang ketupat, kelompok menggunakan ketupat untuk berpupuh, mereka terbagi menjadi 2 kelompok kemudian saling lempar dan saling serang mengantar kelompok. Perang rotan itu tidak hanya perlu ketangkasan saja tetapi juga keberanian, karena setiap peserta mampu saja kena pukulan untai lawan. Kondisi geografis daripada desa Seraya yang berpunya di wilayah perbukitan kadang rentan dengan masalah air, itulah sebabnya ritual menyedot hujan ini dilangsungkan dalam desa ini.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …