Nama Tarian Tradisional Kawasan Indonesia Beserta Gambar Dan Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Puncak pementasan tari akan ditandai dengan menyebarkan bunga untuk para tamu. Tari Datun adalah tari daerah yang dilakukan oleh peremuan Dayak Kenyah.

Bisa disebut tari berduaan karena penari tari ini dilakukan oleh 2 penari laki-laki dan perempuan. Tari Seudati mempunyai bentuk penyajian berupa tari kelompok karena tari ini dibawakan kira-kira 12 sampai 14 penari laki-laki yang berpakaian bersih.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Tarian Tradisional adalah Tarian dengan tumbuh dan berkembang pada suatu daerah atau komunitas yang menciptakan suatu identitias budaya dari masyarakat yang bersangkutan. Tari ini berwatak klasik karena pada perihal dahulu tari ini muncul di lingkungan kerajaan sebagai tari yang digunakan guna menghibur raja maupun buat mengobar semangat para pejuang masa dulu. Tari caci dari sejak dahulu telah diturunkan secara turun temurun, dan menjadi sebuah tradisi serta ritual yang diperuntukkan untuk arwah para prototipe. Tema dari tari Nguri adalah erotik atau persahabatan karena tari ini menyatakan tentang masyarakat yang berempati terhadap raja Sumbawa dengan kala itu sedang berduka. Tari ini dilakukan sama penari perempuan yang menggunakan baju khas dari Gorontalo.

Tari Beksan Lawung Ageng adalah tarian yang mencerminkan kecegakan dan kesuburan. Tari Angguk adalah seni tari utama Yogyakarta yang berkisah mengenai Wong Agung Jayengrono dan Umarmoyo Umarmadi dalam Sendat Ambiyo. Tarian Grebeg Tumpur Gede adalah tari skema yang melestarikan tradisi Banten. Tari ini berasal daripada daerah Serang yang berkolaborasi dengan ilmu beladiri Terlak Silat khas Banten. Sandiwara tari Campak biasanya dikerjakan setelah panen padi ataupun kebun.

Selain punya hutan yang masih putri, rimba belantara Papua pula masih menjadi misteri olehkarena itu banyak spesies flora & fauna yang mungkin belum teridentifikasi. Papua juga punya ragam tarian yang meronai kekayaan nusantara. Tari Nahar Ilaa adalah tarian sah nusantara yang berasal daripada Maluku Utara. Tarian tersebut adalah tari pengikat pertemanan ketika terjadi persetujuan untuk membangun. Polopalo modern biasanya dipentaskan oleh penari dengan berkelompok dan lantunan musik modern.

Tari Musyoh adalah tarian sakral asal Papua dan menjadi ritual untuk menjauhkan arwah orang yang meninggal akibat kecelakaan. Tarian ini ditujukan agar arwah orang tersebut dapat tenang di alam baka.

Sedangkan Polopalo konvensional dilakukan oleh penari unik dengan iringan musik unik tradisional. Tarian Peule Cinde adalah seni tari nun juga dipentaskan ketika ada tamu kehormatan yang sedang berkunjung.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …