Nama Tarian Daerah

Tari daerah tradisional indonesia

Dilakukan oleh dua orang2 penari yang satu jadi tokoh kebaikan atau protagonis, yang satunya lagi mendapat tokoh keburukan atau musuh. Penjamuan raja ini nih yang bikin unik tarian tradisional yang satu itu dikarenakan raja akan mereguk jamuan yang diberikan di bentuk kue yang jumlahnya 2 kasera. Tari Sangkaan merupakan tarian yang luar biasa menarik karena gerakan dan ada semacam efek visual dari gerakan para penari tersebut sangat istimewa dan menghibur. Tari Glipang bermula dari Jawa Timur, tari ini memang cukup dikenal di daerah Jawa Timuran, penari dalam tari Glipang ini bisa dimainkan sama pria atau wanita.

Indonesia memiliki beragam suku yang memiliki berbagai ritual adat yang berhubungan dengan hal mistis. Tarian untuk wujud kesenian daerahpun bukan luput dengan ritual kebiasaan yang berbau mistis.

Dalam tarian tersebut Ratu Kidul dianggap memiliki hubungan yang kental sehingga konon katanya, ketika tarian ini dipentaskan beliau bakal ikut menari. Saat itu tari jengger sudah beringsut nama menjadi Tari Hilang akal Lombok.

Tarian ini ialah tarian yang digunakan buat menggambarkan kisah dua bani muda yang merupakan sesetel kekasih. Hal inilah yang menyebabkan tarian ini ditarikan oleh pria dan juga wanita.

Karena ceritanya inilah penari dalam tarian Bekhusek ini gerakannya cenderung lebih gembira dan lugas, biasanya pemerannya merupakan wanita yang masih remaja. Setelah penari wanita tadi membawa dedikasi khas dari Jambi. Hal itu beralasan karena tandak Sekapur Sirih ini mulanya digunakan sebagai sarana vokal selamat datang dan teater untuk tamu spesial dengan datang ke Jambi. Tandak Campak merupakan tarian dengan berasal dari Banga Kerang, cerita yang dibawakan penari untuk mengisahkan tentang kepuasan seorang bujang dan sahaya yang tinggal di Keras Belitung. Biasanya tarian tersebut akan dibawakan pada perihal sesudah panen padi.

Untuk artinya, Tari Piring ini merupakan cela satu tarian yang digunakan untuk ucapan rasa syukur dari masyarakat Minangkabau menurut dewa-dewa untuk hasil panen yang mereka dapatkan. Tari Gending Sriwijaya ini sendiri merupakan sebuah tarian nun digunakan untuk memuja masa lalu.

Nama Balean Dadas sendiri di ambil dari sebutan dukun perempuan, yang dalam masyarakat Dayak disebut Balean Dadas. Tari Lumense merupakan tari dibanding Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyimpulkan tamu agung. Tari Andun merupakan tarian yang bersal dari daerah Bengkulu Daksina, tarian ini merupakan sebuah tarian guna menyambut karet tamu yang dihormati. Tandak ini menggambarkan cerita wajah Pewayangan yang bernama Ramayana. Tarian ini juga dikenal sebagai sebagai tari Sanghyang nun dipertunjukkan saat upacara religiositas.

Tari Tor-Tor merupakan salah homo tari tradisional yang bermula dari SUMUT atau Sumatera Utara. Yang membuat tari ini menarik adalah dengan digunakannya patung yang dimasukkan roh, lalu patung dengan berisi roh tersebut hendak menari nari sendiri. Namun saat ini tarian Margapati cukup sering juga diadakan untuk peringatan beberapa kalender. Tarian Maengket ini bisa juga dilakukan hanya pria saja atau wanita sekadar, bisa juga pria & wanita campur. Tujuan tari Maengket dari daerah Minahasa ini adalah sebagai ucapan rasa syukur atas diberikannya panen nun melimpah di tempat bangsa tersebut.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu semua, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai tarian daerah terimakasih 😀. Nah itulah nama-nama tarian tradisional di Indonesabeserta dengan nama-nama daerah usul tarian tersebut. Dari tulisan yang tertera diatas tentunya kita bisa menyimpulkan kalau Indonesia. Beragam kebudayaan tradisional Indonesia yang kaya tentu menjadi suatu keharusan buat dipelajari.

Tarian tradisional dari Bali ini tentu mudah diingat masyarakat. Tarian ini bertambah dikenal luas oleh turis dalam kunjungan mereka di Bali.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …