Meski 9 Tarian Daerah Ini Bikin Segan, Tapi Turis Berbondong

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian lazimnya dilakukan oleh 5 orang2 pria dan 5 orang wanita menggunakan pakaian bangsa suku Kubu sehari tarikh. Tari ganau adalah tarian daerah Bengkulu yang dijalani pria serta wanita berdasar pada berkelompok. Tarian akan diiringi dengan musik tradisional Bengkulu seperti mandolin, kendang dan rebab. Tarian diawali secara gerakan lambat yang kemudian diakhirnya dengan gerakan lekas sekaligus menghentak. Sedangkan buat gerakan tangan, melompat serta formasi yang harmonis jadi ciri khas dari tarian itu.

Meski semua penari adalah wanita, walakin 6 orang penari hendak berperan sebagai laki dan 6 orang lagi hendak berperan tetap sebagai penari wanita. Tari caci merupakan kesenian tradisional jenis tarian perang khas Manggarai pada Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Tarian dilakukan sama 2 orang pria nun saling bertarung memakai senawat dan perisai.

Tari daerah yang punya gerakan yang cantik tersebut berasal dari propinsi Jawa Barat. Tak hanya gerakannya yang cantik, tarian ini juga memiliki gerakan bergerak sekaligus atraktif yang menyatukan seni bela diri pencak, tari ketuk tiku juga tari ronggeng. Umumnya tari jaipong ini dibawakan dengan berkelompok yang berisi kaum orang yang ditampilkan begitu ada acara penyambutan tamu kehormatan sampai festival akal budi. Tari saman merupakan sebuah tarian yang berasal dari suku Gayo, Aceh Tenggara. Pertunjukan tari ini tidah hanya popular di Indonesia, tetapi tari ini pula popular di negara Australia dan Eropa.

Para penari nantinya bakal melakukan gerakan diiringi beserta nyanyian adat tema persatuan dan kerukunan masyarakat Bantik. Tari gunde merupakan tarian daerah Sangihe, Sulawesi Utara yang dipentaskan oleh cewek dengan gerakan khas serta musik tradisional. Dalam kaidah Sulawesi Utara, gunde berarti lambat atau pelan nun bisa terlihat dari trik para penari yang luwes. Tarian umumnya ditampilkan buat menyambut tamu yang tampil di pesta khususnya acara rakyat. Jumlah penarinya otonom adalah 12 orang cewek sehingga tarian lumense ini masuk dalam jenis tarian kelompok wanita.

Menurut kritik sejarah, tarian ini berawal dari tradisi masyarakat untuk bertarung ketika ingin mencoba keberanian dan ketangkasan dengan kemudian berkembang menjadi kesenian. Tari soya merupakan tarian daerah Maluku Utara nun biasa ditampilkan pada awal acara atau menyambut tamu kehormatan yang juga memiliki peran penting bagi bangsa Maluku. Ini merupakan tarian tradisional dari suku Lingkaran yakni suku di perbatasan antara provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Sebenarnya indonesia memiliki jumlah sekali jenis tarian tradisional atau tarian daerah. Aplikasi yang ditampilkan adalah jenis tari yang sudah amat populer dan terkenal dibanding tiap daerah. Bisa disebut tarian tersebut adalah ikon atau kebanggaan daerah dengan bersangkutan karena tari kawasan tersebut sudah sangat biasa masyarakat indonesia dan bumi.

Tari Beskalan adalah tarian yang berasal dari daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tari ini dibawakan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan yang datang kesana. Selain untuk menyambut tamu, tari Beskalan juga acap diadakan pada pembukaan kesenian ludruk, tepatnya sebagai tandak pembuka kedua setelah tari remo.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …