Mengenal Tarian Daerah Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu bersaing dengan tari modern. Ini adalah salah satu tradisional yang pas menjadi legenda di Beranda Mekah tersebut. Yang memerankan tarian ini adalah pria, tarian ini adalah tarian yang pertama muncul pada Aceh juga memiliki kecek unik dan sangat lekat sekali dengan budaya pada Aceh.

Tarian daerah dari Aceh itu umumnya dilakukan oleh cewek dengan jumlah penari renggangan 6 hingga 12 orang2. Tari guel merupakan tarian adat yang berasal daripada Aceh namun memiliki penampilan yang berbeda dengan tarian Aceh lain khususnya dibanding gerakannya. Tari guel ini memiliki kesan mistik & setiap gerakannya sarat bakal makna sehingga membuat setiap penonton bisa terhipnotis & terbawa suasana. Tarian guel ini umumnya akan ditampilkan dalam acara adat atau budaya yang dilakukan pada Aceh.

Jika di Minahasa tarian ini dikerjakan oleh pria dan cewek serta memakai atribut selendang. Sementara di Maluku hanya dilakukan wanita dan mempergunakan sapu tangan ketika menari. Tari topeng ireng ialah salah satu tarian daerah Jawa Tengah khususnya, Borobudur, Magelang. Ketuk tilu merupakan tarian hiburan atau pergaulan dengan menjadi cikal bakal tandak jaipong. Dari catatan sejarahnya, tarian daerah ini lepas dilakukan untuk menyambut pengetaman padi sebagai bentuk mengecap syukur pada Dewi Sridewi yakni dewi padi dalam kepercayaan masyarakat Sunda.

Bukan hanya cukup umur, melainkan para penari saja berasal dari kalangan anak-anak mulai usia empat tahun. Mengenakan konstum dengan faktor budaya Indonesia, mereka terlihat kompak menarikan tarian massal yang menggabungkan beberapa trik tari tradisional nusantara & tarian modern dengan durasi 4 menit.

Tarian adat Bali tersebut merupakan jenis tarian berpasangan yang dilakukan dua orang-orang penari atau bisa pula lebih. Dasar dari sepak terjang tari cendrawasih mengikuti pendek pijakan dari gerak tari tradisi Bali. Tetapi pada beberapa gerakan tari pula sudah dikembangkan sesuai secara keinginan penata tari.

Tari Bayung merupakan spesies tari tradisional yang berawal dari Jawa Barat. Tarian ini sering diselenggarakan di dalam saat puncak dari sebuah acara upacara khusus nun dilakukan oleh masyarakat nun berada di Jawa Barat. Tari Maengket ini merupakan salah satu tari konvensional yang berasal dari kawasan Minahasa, Sulawesi Utara. Untuk pelaksanaannya, tari Maengket dijalani oleh banyak penari entah itu pria ataupun wanita, selain dilakukan oleh penuh penari.

Tari Ronggeng Bugis ini adalah salah wahid tari tradisional yang bermula dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Tari ini adalah tari yang dasarnya adalah komedi jadi akan amat menghibur penonton yang menikmatinya.

Sama halnya dengan di Indonesia, tarian daerah merupakan hasil melahirkan karya seni dari ssuatu budaya. Sebagai negara dengan memiliki banyak daerah nun terdiri atas kepualaun, oleh karena itu Indonesia juga memuliki jenis tari daerah yang berbeda dan merupakan ciri tertentu setiap daerah. Umumnya, tarian ini ditampilkan pada upacara-upacara adat tertentu. Dulu, tandak Perang dilakukan untuk meluluskan semangat anggota suku dengan akan pergi berperang. Akan tetapi, pada perkembangannya, kini tari Perang dipentaskan untuk menyambut tamu undangan yang visibel ke Papua.

About Willion

Check Also

Anggota Nct 127 Belajar Tari Daerah Serta Gunakan Pakaian Tradisional Tatkala Berkunjung Ke Indonesia

Kegiatan daerah selalu menjadi ajang guna mengkampanyekan budaya lokal agar terus dikenal oleh generasi muda …