Mengenal Pakaian Adat Sunda Untuk Semua Kalangan

kesenian sunda

Dalam panggilan ini kadang juga ditambah dengan menyebutkan ciri-ciri fisik orang yang bersangkutan, umpama cik itam yakni cik dengan ciri fisik berkulit hitam. Panggilan khas di dalam keluarga Suku Melayu terkait dapat dijumpai dalam penduduk Melayu Riau.

Fungsi seni sebagai media hiburan di sini lebih banyak di dunia hiburan. Dunia hiburan mulai hiburan musik, hingga hiburan visual, atau entertainment audio visual memiliki seni yang berfungsi untuk menyajikan sebuah tontonan atau pertunjukan yang menarik khalayak.

Citra warna dalam masyarakat Melayu di Malaysia telah menjadi identitas diri dan khazanah ekspresi budaya yang telah dilestarikan sampai hari ini. Pakaian adat acara resmi untuk para pria mengenakan atasan seperti jas beludru yang dikenakan oleh para bangsawan. Sementara itu, bagian bawahnya diberi celana panjang yang selaras dengan warna atasannya. Pertunjukan ini dilakukan oleh beberapa orang penari berpakaian menyerupai pakaian prajurit Belanda atau Perancis tempo dulu dan diiringi dengan alat-alat bunyi-bunyian terdiri dari kentrung, rebana, kendang, kencer, dan lain – lainnya. Tari Bondan menceritakan tentang seorang anak wanita dengan menggendong boneka mainan dan payung terbuka, menari dengan hati-hati di atas kendi yang diinjak dan tidak boleh pecah.

Beskap memiliki warna yang sungguh-sungguh beragam, namun biasanya identik dengan warna gelam serta selalu polos. Dan untuk pasangan wanitanya juga menggunakan kebaya dengan baju berbahan beludru yang disulam dengan tambahan manik – manik dan berwarna hitam. Sementara bawahan dari pangsi berupa celana yang longgar dan panjangnya tidak melebihi mata kaki dan biasanya dilengkapi dengan kulit maupun kain ikat.

Kesenian dan kebudayaan ialah suatu identitas yang tidak bisa dilepaskan. Tak jarang berbagai kesenian kota di Indonesia itu sendiri bukan sekedar hiburan, namun memiliki esensi lebih daripada itu. Kemudian genjek terkait berkembang mengalami inovasi serta lebih atraktif tidak sebatas digelar saat penarinya hilang kendali, walaupun tidak dapat dipungkiri, saat minum spiritus bersama tari genjek ini selalu ada. Kini tari genjek tersebut sering dipentaskan dalam even-even tertentu oleh menyertakan vokal wanita serta sejumlah suara gamelan, hingga terdengar indah dan terlihat unik. Adat dan kebudayaan melayu yang mengatur lagu laku dan kegiatan yg dilakukan oleh masyarakat yg tinggal dan berasal dri daerah ini.

Diambil benang merah bahwa tarian ini melambangkan seorang ibu yang menjaga anak-anaknya dengan hati-hati. Karena sarat dengan Dewa dan Dewi, tarian ini sangat kental budaya hindunya. Gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerak mincid dari beberapa kesenian di atas cukup memiliki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan. Seni rupa adalah salah satu cabang dari kesenian yang dapat dilihat dan berbentuk visual. Contoh dari seni nrupa adalah gambar, lukisan, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.

Dalam keliling leher baju dilapisi dengan kain lain serta dijahit “sembat halus” sementara bagian pinggiran bulatannya dijahit “tulang belut halus”. Periode pangkal belahan dibuatkan lingkungan untuk mengancingkan baju yg disebut “rumah kancing” oleh menggunakan jahitan benang “insang pari”. Baju kurung perempuan jatuhnya di bawah lutut, dengan alas leher yg sempit dan tidak mempunyai saku. Beubeur terbuat dri kain kebat yang dipakai untuk mendukung penampilan dri wanita tersebut.

Panjang dri celana laki – laki adat Jawa Barat terkait cukup unik, pasalnya panjang dari celana hanya hingga betis saja dan berbentuk komprang. Sedangkan untuk pengantin prianya mengenakan Jas Buka Prangwedana yang warnanya pada umumnya disesuaikan dengan warna kebaya pengantin wanita. Sedangkan tuk laki – laki berupa beskap atau jas yang tidak terbuka sebagai atasannya dan celana panjang sebagai bawahannya. Pada umumnya beskap dipadupadankan dengan jarik yang memiliki corak khas Jawa Barat yang dipakai untuk menutupi kaki.

Rumah adat Melayu kelima adalah rumah adat Melayu Lipat Kajang yang bentuknya sangat unik yakni menyerupai bentuk perahu. Rumah ini memiliki ujung atas berbentuk melengkung yang biasa disebut Pohon Jerambah atau Lipat Kajang. Ini berarti masyarakatnya tidak bisa lepas dari sungai yang merupakan media atau jalan menuju ke tempat lain.

Sedangkan untuk wanita, memanfaatkan kebaya dan sinjang dilengkapi selendang dan beberapa tanda seperti gelung, sabuk, serta kalung. Baju Kurung Teluk Belanga mempunyai alas leher berbentuk bulat dan belahan di bagian depan.

Nah gulai belacan ini merupakan salah satu dari sekian makanan khas Riau yang sangat wajib untuk Anda coba. Gulai yang satu ini terbuat dari udang segar yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga memiliki kuah yang kental.

Dalam tarian ini para penari jadi menggunakan make up tebal, bukan untuk terlihat cantik, namun untuk memberi kesan lucu. Bisa dilihat sendiri di gambar kalau create up yang digunakan misalnya topeng. Dulu gerakan tarian ini membuat kontroversi dikarenakan mengedepankan gerakan erotis serta keindahan dalam berlenggak lenggok. Terlebih saat tahun 80, tari Jaipong sempat disiarkan disalah satu chanel TELEVISION dan membuat tarian ini dikenal masyarakat luas. Kostum yang digunakan untuk pria adalah baju kampret, celana pengsi dengan atribut golok.

Sekarang, musik Tanjidor menjadi kesenian tradisional Betawi masih tetap hadir dan terjaga walaupun awalnya pertunjukkan ini semata-mata diperuntukkan untuk kalangan Belanda. Ini sebenarnya merupakan motif teater tetapi dengan unsur dan cerita yang diangkat dari kehidupan sehari-hari penduduk Betawi atau masyarakat setempat.

About Willion

Check Also

New Normal, Pelaku Kesenian Tradisional Jaran Thik Ponorogo Pentas Dengan Protokol Kesehatan

Diiringi dengan tabuhan khas pesisir, sintren diikat dengan seutas tali dari leher hingga kaki. Kemudian …