Menanggap Penyebaran Corona, Candi Prambanan, Borobudur, Dan Ratu Boko Ditutup

Candi

Diperkirakan gedung candi itu rusak atau hilang, akibat perbuatan wong atau faktor alam. Dipastikan bangunan candi itu sudah biasa tidak utuh, namun menyunggi balai cagar budaya medapati material candi di sekitarnya. Struktur candi itu tapak di kedalaman dua meter oleh seorang warga setempat saat menggali tanah untuk membuat septic tank. Lokasinya tidak jauh dari Musium Kaliasa – tempat menutupi koleksi benda-benda cagar pikiran, artefak, dan film hal Dieng. Diperkirakan keberadaan tangga batu – warga setempat menyebutnya ‘ondo budho’ – terkait keberadaan kompleks candi Hindu peninggalan abad tujuh dan delapan di tanda Mataram Kuno.

Olehkarena itu letaknya menyebar, wisatawan rutin berkumpul menikmati indahnya komplek Candi Arjuna, yang terdiri atas 4 candi yakni Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa. Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah yang luar biasa indah dan bernilai kecil tinggi. Satu diantaranya peninggalan nyai moyang berupa candi, dengan sekarang menjadi destinasi wisata populer. “Tidak berarti kami menempatkan bangunan candi ataupun heritage itu dalam ‘lemari kaca’, kita juga mesti mengakomodasi kepentingan masyarakat, ” katanya.

Sayangnya, syarat itu tidak sempat terpenuhi sebab total bangunan candi dengan tidak sesuai dengan propaganda putri. Ternyata, menurut batu bersurat Wantil dan Siwagrha, candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan pada 850 M kemudian pembangunannya dilanjutkan sama Balitung Maha Sambu di masa Kerajaan Medang Mataram. Photo by Afif Kusuma on Unsplash Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi di lokasi nun sekarang berlabel Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Berada persis dalam perbatasan Jogja dan Jawa Tengah, Prambanan ternyata ialah candi Hindu terbesar pada Indonesia.

Alasan kuat Prambanan merupakan candi Hindu sebab bangunan ini dipersembahkan untuk tiga dewa utama Hindu atau Trimurti. Dewa ini adalah dewa pencipta, dewi pemelihara, dan dewa puaka. Menangkap situasi saat ini, kata dia, PT TWC membentuk Satgas Pencegahan Persebaran Corona yang bertugas buat melakukan tindakan preventif di lingkungan Taman Wisata Candi. Sebagai bentuk pencegahan, TWC juga akan melakukan penyemprotan disenfektan ke seluruh bagian TWC, mulai dari gapura gerbang masuk hingga kawasan zona satu candi.

Merupakan kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Kumpulan candi Hindu beraliran Siwa ini dibangun antara akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 dan konon merupakan candi tertua di Jawa.

Berbagai temuan ter-gres di kawasan Dieng diharapkan akan menguatkan indikasi awal bahwa peninggalan kompleks candi tertua di Jawa Pusat itu juga merupakan zona pendidikan di bidang religiositas. Hal ini berbeda daripada struktur bangunan candi beda di luar Dieng yang dibangun belakangan, yang dikenal sebagai Djaliati, para arsitekturnya telah mampu “mengelaborasi bangunan”. Mempunyai, para arsitek di wilayah Dieng belum memiliki keleluasaan untuk membangun candi-candi serasi pengetahuan tentang seni gedung mereka sendiri.

Dia menjelaskan, uji coba operasional secara terbatas dilakukan selama masa dua minggu. Selain pengunjung dewasa, anak-anak dan ibu hamil diperbolehkan memasuki daerah Candi Prambanan dan Maharani Boko, dengan syarat menerima protokol kesehatan. Selama pada lokasi wisata, pengujung tentu menggunakan masker, jaga reses dan mencuci tangan beserta sabun.

About Willion

Check Also

Sepekan Operasi Patuh Candi 2020, Polda Jateng Jaring Ribuan Pelanggar

Foto by Rohit GuptaDi dala candi terdapat empat patung Krishna yang merupakan gambaran dari Dewa …