Memahami Tari Thengul, Kesenian Tradisional Bojonegoro Yang Mendunia

kesenian jawa

Para penari menggunakan kuda buatan dari anyaman bambu atau kulit binatang lalu diiringi alat musik gendang, bonang, saron, kempul, slompret dan ketipung. Selain prajurit ada juga gendoruwo dan singa-singaan yang berusaha mengganggu prajurit menuju medan perang.

Tarian ini merupakan tarian pergaulan, yang bertujuan untuk menjalin hubungan sosial antar masyarakat. Tayuban atau tari tayub ini mirip sekali oleh tarian khas jawa barat yaitu jaipong, kemiripan terlihat dari gerakan dan guna kedua tarian tersebut. Tayuban biasanya digelar pada pokok perayaaan seperti pernikahan, khitanan, kemerdekaan republik indonesia serta acara masyarakat lainnya.

Langkah pertamanya kesenian ini berawal dri permainan orang-orang desa yg sedang menghibur diri. Dengklung merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang bermula dari Kabupaten Batang. Kesenian religi agama Islam terkait berbentuk lantunan salawat yg dinyanyikan sekelompok penyanyi wanita atau pria.

Kesenian tradisonal khas jawa tengah yang kedua adalah tayuban. Tayuban merupakan salah satu tarian tradisional khas jawa tengah.

Sumber cerita berasal dari kitab Mahabharata dan Ramayana ajaran agama Hindu. Kesenian tradisonal khas jawa tengah yang kelima adalah Jathilan. Jathilan atau kuda lumping biasa dikenal dengan tari prajurit. Disebut tari prajurit karena tarian ini menceritakan seorang prajurit yang sedang berada di medan perang.

Calung adalah suatu bentuk kesenian rakyat dengan menggunakan bunyi- bunyian semacam gambang yang terbuat dari bambu, lagu-lagu yang dibawakan merupakan gending Jawa khas Banyumas. Juga dapat untuk mengiringi tarian yang diperagakan oleh beberapa penari wanita. Sedangkan untuk Begalan biasanya diselenggarakan oleh keluarga yang baru pertama kalinya mengawinkan anaknya.

Yang mengadakan upacara ini adalah dari pihak orang tua mempelai wanita. Saat ini kelompok ludruk tradisional dapat dijumpai di daerah Surabaya, Mojokerto, dan Jombang; meski keberadaannya semakin dikalahkan dengan modernisasi. Wayang kulit merupakan bentuk pertunjukan tradisional yang menggunakan boneka wayang sebagai pemainnya. Sarana pertunjukan lainnya, meliputi kelir, batang pohon pisang, blencong sebagai alat penerangan, kotak sebagai penyimpan wayang, dan cempolo sebagai alat untuk memukul kotak. Selain itu, juga diiringi dengan seperangkat alat musik Gamelan beserta para penabuh dan penyanyinya.

Tari tayub biasanya dilakukan dengan pria secara perorangan juga kelompok. Tari Gambyong adalah salah satu kesenian tradisional khas Jawa Tengah.

Selain tersebut, juga diiringi dengan seperangkat gamelan beserta para penabuh dan penyanyinya. Ketoprak adalah bentuk teater tradisional yg dipentaskan di atas panggung. Cerita yang dipentaskan berlatar belakang kisah kerajaan, dongeng, babad, legenda, sejarah, serta cerita rakyat. Kesenian terkait berawal dari permainan orang-orang desa yang sedang menyuguh diri. Mereka menabuh lesung secara berirama saat sewaktu bulan purnama.

Tarian ini ditampilkan dengan operasi lemah lembut penari yg memiliki kelenturan tubuh. Dulu, tarian ini dilakukan ketika masa panen sebagai struktur rasa syukur petani arah hasil panen. Wayang kulit merupakan bentuk teater tradisional yang menggunakan boneka wayang sebagai pemainnya.

Kemudian, ditambah dengan tembang, gendang, terbang, dan suling, lahirlah ketoprak lesung. Baru tahun 1909 untuk pertama kalinya ketoprak dipentaskan secara lengkap. Seni ketoprak pertama kali diperkenalkan oleh Tumenggung Reksodiningrat.

About Willion

Check Also

17 Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat, Gambar Dan Penjelasannya

Dengan demikian jenis baju yang digunakan tentu punya berbagai nilai estetika. Sembrono muasalnya, tari ini …