Mall@Bassura Pecahkan Rekor Dunia Pentaskan Tarian 34 Provinsi

Tari daerah tradisional indonesia

Beberapa keluarga bangsawan; bervariasi istana dan keraton dengan hingga kini masih bertahan di berbagai bagian Indonesia menjadi benteng pelindung serta pelestari budaya istana. Perlawanan paling jelas antara tarian istana dengan tarian kaum tampak dalam tradisi tandak Jawa. Strata masyarakat Jawa yang berlapis-lapis dan bertingkat tercermin dalam budayanya. Bila golongan bangsawan kelas bagi lebih memperhatikan pada kehalusan, unsur spiritual, keluhuran, dan keadiluhungan; masyarakat kebanyakan lebih memperhatikan unsur hiburan & sosial dari tarian.

Tandak selampit delapan menggambarkan persahabatan muda-mudi, oleh karena ini tari ini mempunyai perhitungan dalam merekatkan pergaulan. Tandak topingtoping dilakukan oleh beberapa orang dengan mengenakan kostum berupa topeng dan bakal diiringi oleh alat-alat musik tradisional. Adapun penggunaan topeng pada tari topingtoping tersebut terdiri dari 3 ulah, yaitu Topeng dalahi, Topeng Daboru, dan Topeng Huda-Huda. Topeng huda-huda ini dipercaya oleh masyarakat Simalungun serupa pengantar roh orang yang sudah meninggal kehadapan Dibata.

Gerakan ini berguna suatu tanda kewaspadaan tentang musuh dengan selalu tahu ke kiri kekanan dan kemuka dan belakang. Dalam bagian ini diperagakan gerak bambu yang setengah tunduk karena tiupan angin.

Tari Gambyong yang berasal dari Yogyakarta itu juga merupakan bagian dari tarian daerah 34 daerah di Indonesia. Tari satu ini merupakan tarian wilayah 34 provinsi yang berasal dari daerah Boyolali. Tari ini merupakan tarian daerah 34 Provinsi di Indonesia dari provinsi paling barat yaitu dari Daerah Aceh. Tari Saman ini adalah tarian asli dari Indonesia yang kini sudah kesohor dan mendunia. Fungsi daripada tari Sere adalah tandak yang difungsikan sebagai tandak adat karena tari Sere digunakan pada saat upacara adat di Sumbawa.

Tarian ini di lakukan oleh seorang gadis padahal menari di atas gong. Tari Gong ini bangsa Dayak biasa juga pada sebut dengan sebutan tari kancet ledo. Tari Andun adalah seni tari bersal dari daerah Bengkulu Selatan, tari adun merupakan seni tari yang biasa digelar untuk menyambut tamu luar biasa atau yang dihormati. Tari Gending Sriwijaya merupakan tarian tradisional yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Lagu Gending Sriwijaya dimainkan guna membarengi Tari Gending Sriwijaya.

Nah, jika bagian pertama tarian diisi dengan cukup banyak gerakan, di bagian kedua dan ketiga tidak seperti itu. Di bagian ketiga inilah dilukiskan kondisi setelah tamat perang yang ditandai dengan gerakan cempaka panclang, keroton kombol dan sandal kebak. Tari oncer dapat ditarikan oleh laki-laki atau cewek, tetapi perannya tetap laki-laki.

Sebagai akibatnya tarian istana bertambah ketat dan memiliki semberap aturan dan disiplin dengan dipertahankan dari generasi ke generasi, sementara tari kaum lebih bebas, dan terkuak atas berbagai pengaruh. Namun masih banyak tarian kawasan khas Nusantara yang belum tercantum di atas, sebab memang Indonesia sangat mampu akan kesenian tarinya. Tari Yospan merupakan tarian kawasan 34 provinsi di Nusantara yang berasal dari Papua. Tarian yang termasuk spesies tari Jawa Klasik ini dulunya digunakan untuk menyambut tamu.

Tarian melambangkan ungkapan rasa syukur masyarakat Bali dalam menyimpulkan para dewata-dewata yang diturunkan dari khayangan. Tari-tarian Wilayah DKI JakartaTart Topeng, ialah sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu luhur. Tarian Indonesia menunjukkan kekusutan sosial dan pelapisan tolok ukur sosial dari masyarakatnya, dengan juga menunjukkan kelas toleran dan derajat kehalusannya. Berdasarkan pelindung dan pendukungya, tandak rakyat adalah tari yang dikembangkan dan didukung oleh rakyat kebanyakan, baik pada pedesaan maupun di perkotaan. Tari rakyat lebih menanggapi fungsi hiburan dan toleran pergaulannya daripada fungsi ritual.

Terdapat banyak tarian tradisonal yang berasal dari Sumatra Utara yang menghiasi simpanan seni tari di zona Nusantara ini. Kali tersebut saya akan menyampaikan kurang lebih tarian yang berasal dari Sumatra Utara yang sudah biasa banyak diketahui oleh bangsa luas.

Tari Ronggeng adalah tandak tradisional Indonesia yang bermula dari Jawa Barat, khususnya dari tanah pasundan. Walau berasal dari Jawa, Ronggeng juga dapat ditemukan pada Sumatra dan Semenanjung Malaya. Kesenian tari ini ialah awal sejarahnya tari Jaipongan diciptakan. Tarian ini juga biasanya dipentaskan untuk tumpuan hiburan dalam setiap kalender pernikahan. Tari Gong merupakan tari tradisional suku Dayak Kalimantan timur yang menyertakan gong sebagai alat menarinya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …