Main Ke Candi Ngempon, Candinya Para Empu

Candi

“Sampai saat ini sudah sampai tapak candi dengan kedalaman 60 cm, dengan struktur batu merah berukuran 34x20x8 sentimeter, ” terangnya. Saat melakukan penggalian beberapa waktu lalu, Kepala Tim Penelitian dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Agustijanto Indrajaya mengatakan, bangunan yang sudah tergali berbentuk bujursangkar sepanjang 9, 3 meter. Saat ini penggalian situs memang dihentikan, dan web yang ada ditimbun kembali sebagai prosedur penggalian situs budaya.

Bentuknya hampir mirip dengan bangunan Suku Maya yang ada di Meksiko. Mitos Kunto Bimo yang menyaruk para pengunjung untuk merosok arca Buddha di pada stupa juga dapat merisaukan stupa itu sendiri. Stimulasi badan yang kuat daripada usaha para pengunjung guna merogoh akan menekan pasir penyusun stupa yang kesudahannya dapat merusaknya. Belum tengah sentuhan dari telapak tangan dan jari para pengunjung yang kotor dan berisi mineral-mineral yang dapat menggiat pelapukan arca Buddha nun ada di dalamnya. Mitos Kunto Bimo diawali dengan keinginan oknum petugas candi yang ingin meningkatkan perkiraan mereka dengan membuat kecakapan tarik di Candi Borobudur untuk para pengunjung.

Dan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di dalam masa 1429 – 1446. Terdapat pula dua relief Garuda di kedua sosok gerbang, dengan bentuk kepak yang khas. Pada pokok awal tempatnya tidak begitu lebar, dengan memiliki martabat sekitar dua meter. Di teras ini sobat Jejaka akan disuguhi prasasti pemugaran yang dilakukan pada tanggal 10 Desember 1982. Terdapat pula papan yang berisikan sejarah Candi Sukuh, di bahasa Indonesia dan Inggris.

Mereka menaburkan bunga dan uang pada satu arca dalam stupa sehingga memberi signifikansi mistis. Pengunjung mulai merayau dan oknum petugas kendati mendapatkan penghasilan yang lumayan. Jawa Tengah, Indonesia – Salah satu magnet dari Candi Borobudur bagi karet wisatawan adalah keberadaan mitos Kunto Bimo. Meskipun banyak yang menyangkal kebenaran mitos ini, tapi tidak sekutil yang mempercayainya dengan melakukannya dengan alasan “coba-coba” ataupun “hanya iseng”.

“Mereka mengambil sempel lumut dan batu untuk diteliti pada tahun 1982. Hasilnya sangat mengagetkan peneliti Puak Maya ini. Setelah diteliti, ternyata Candi Sukuh usianya jauh lebih tua dipadankan dengan candi milik Puak Maya, “terangnya. Bukti lain yang menunjukkan usia candi di bawah lereng Bukit Lawu ini tertua dipadankan candi-candi lain di bumi, saat utusan peneliti dibanding Suku Maya dari Amerika Latin datang ke Candi Sukuh pada tahun 1982 silam. Didalam gerbang utama ini terdapat relief dengan menggambarkan berdirinya Candi Sukuh. Berdasarkan relief tersebut, diperkirakan candi ini berdiri di dalam tahun 1359 Saka / 1437 M.

About Willion

Check Also

Menanggap Penyebaran Corona, Candi Prambanan, Borobudur, Dan Ratu Boko Ditutup

Diperkirakan gedung candi itu rusak atau hilang, akibat perbuatan wong atau faktor alam. Dipastikan bangunan …