Kreativitas menjadi modal untuk melahirkan inovasi.Namun, kreatif saja tak cukup untuk mendorong Anda meraih pencapaian diri.

Kreatif tanpa aksi hanya akan berakhir pada kegagalan.

Kreatif yang dibarengi tindakan akan menghasilkan kekuatan yang menjadi modal untuk menciptakan kesuksesan dalam karier atau pekerjaan Anda saat ini.

Coach Tom MC Ifle mengatakan, menciptakan inovasi ternyata bukan sekadar kreatif. Ada faktor lain yang mendasari, antara lain rasa percaya diri, tujuan yang jelas, serta semangat dan hasrat menggelora. Semua berasal dari aktivitas otak kanan, otak emosi Anda.

“Tidak sedikit ide kreatif yang kandas di tengah jalan karena tidak cukup persisten dan yakin akan kesuksesan,” papar Tom dalam bukunya, Profit is King.

Menurut Tom, Anda yang dominan berpikir dengan otak kiri akan berpikir dengan hitung-hitungan. Banyak orang yang menyerah saat situasi tidak menentu, tidak ada kepastian atau mengalami kesulitan yang besar.

Orang yang muncul dengan menciptakan aktivitas yang agresif justru akan berhasil melewati berbagai kondisi dan berujung pada keberhasilan di kemudian hari.

“Kreativitas adalah sesuatu yang mahal bukan karena kita tidak kreatif, tapi karena banyak ide yang muncul tapi tidak dijalankan,” ujar Tom.

Bukan sekadar aktivasi otak kanan

Tom menjelaskan, otak bawah sadar manusia memiliki kapasitas sebesar 88 persen, sisanya otak sadar 12 persen. Otak kiri berfungsi untuk menganalisis hal yang logis, matematis, memori jangka pendek, hafalan.

Sementara otak kanan berfungsi menggali kreativitas, warna, bahasa, memori jangka panjang, perasaan, emosi, seni, gambar, dan lainnya.

“Gunakan color pen untuk mengaktivasi otak kiri dan kanan sekaligus,” saran Tom.

Namun, persoalannya bukan pada aktivasi otak kanan atau kiri saja. Bukan sekadar bicara pintar berhitung atau memiliki ide kreatif yang tak ada habisnya.

Sekreatif apa pun Anda, sehebat apa pun Anda dalam urusan matematika dan cara berpikir logis, tanpa kepercayaan diri dan keyakinan, semuanya akan berbuah kegagalan.

Hasil aktivasi otak kanan Anda berupa ide kreatif hanya akan berbuah pencapaian pribadi yang positif dan sukses dengan dorongan keyakinan diri yang tinggi. Kreatif saja tak cukup untuk membawa kesuksesan semakin mendekati Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.