Komunitas Kesenian Jawa Timur Gelar Pertemuan Bertajuk Kemah Budaya Di Gor Desa Kemantren Lamongan

kesenian jawa

Bagi anak-anak, seni tradisional adalah sesuatu yang eksotik. Tari Seblang ialah sebuat ritual tradisionil ciri khas suku Osing.

Merdeka. com – Tari Thengul merupakan salah satu kesenian tradisional khas Bojonegoro, Jawa Timur. Kendatipun tergolong kesenian tradisional, Tari Thengul sudah dikenal di dunia internasional.

Begalan biasanya dipentaskan dalam rangkaian upacara perkawinan yaitu pada saat pengantin pria dan rombongan memasuki pelataran rumah pengantin wanita. Kesenian begalan berasal dari kata begal yang berarti rampok.

Tari ini melambangkan kesakralan, ritual pertemuan dua lingkungan, sekaligus juga untuk dulk? sukur atas anugerah yg diberi oleh sang Pencipta dan jadi permintaan tuk tolak bala. Untuk dalam beberapa penari yang akan membawakan tarian Seblang sebaiknya keturunan dari penari awalnya dan di pilih langsung dengan ‘dukun’setempat.

Upacara Begalan dilaksanakan pada upacara pernikahan warga Banyumas. Tidak semua acara pernikahan dilakukan upacara Begalan, tetapi hanya dilaksanakan jika pengantin putri masuk dalam kategori yang perlu diruwat. Tari tayub banyak dilakukan di daerah Jawa Tengah seperti Sragen, Karanganyar, Pati, dan Blora. Pertunjukan tari tayub banyak diselenggarakan oleh masyarakat pedesaan atau daerah pinggiran untuk kepentingan pesta misalnya sunatan, perkawinan dan pertanian.

Pada upacara pernikahan, tari tayub diselenggarakan saat mempelai pria dipertemukan dengan mempelai wanita. Fungsi ritual tari Tayub yang berkaitan dengan pertanian adalah saat para petani usai melakukan panen padi. Tarian pembukaan lainnya jika ada biasanya berupa tarian oleh anak kecil yang membawakan adegan lucu. Setelah tarian pembukaan selesai, baru ditampilkan adegan inti yang isinya bergantung kondisi dimana seni reog ditampilkan. Jika berhubungan dengan pernikahan maka yang ditampilkan adalah adegan percintaan.

Ciri khas tarian ini merupakan para penari yang sering membawa payung, boneka bayi dan kendi. Pada zaman dulu tarian ini disyaratkan ditarikan oleh para kembang desa bertujuan untuk memperlihatkan jati dirinya. Gerakannya juga tidak bilang rumit sehingga datang sesi menegangkan waktu penari tersebut menaiki kendi, dan kendi itu gak boleh pecah. Kesadaran penduduk sangat penting guna melestarikan kesenian jawa Tengah. Membangun masyarakat sadar kesenian tidak merupakan perkara yang mudah.

Beliau menyesuaikan bentuk-bentuk kesenian tradisional kepada kebutuhan rohaniah dan artistik dari masyarakat muslim baru, dan menyatukannya dengan lambang dan ungkapan baru. Pandemi covid 2019 memutuskan relasi-relasi sosial menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat macet. Banyak seniman tidak dapat menjalani profesinya karena terdampak pencanangan phisycal distancing. Pelarangan terhadap diselenggarakannya keramaian melibas pertunjukan seni, hajat sosial budaya, dan hajat sosial keagamaan. Oleh karena muncul tantangan baru bagi seniman seni pertunjukan untuk mendesain produknya dalam berbagai media baik yang berbasis media sosial maupun non media sosial.

Untuk hajatan khitanan atau sunatan, biasanya cerita pendekar. Seorang penari memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Begalan umumnya dipentaskan dalam rangkaian upacara perkawinan yaitu pada saat pengantin pria dan rombongan memasuki pelataran dalam rumah pengantin wanita. Tarian di sini. menceritakan tentang seorang ibu yang menyayangi anaknya.

About Willion

Check Also

Mengenal Pakaian Adat Sunda Untuk Sepenuhnya Kalangan

Tari Topeng Betawi marupakan tarian tradisional masyarakat Betawi di Jakarta yang menggunakan topeng seperti ciri …