Kisah Wayang Kulit Palembang, Manggung Di Cafe Setelah Nyaris Punah

Wayang

“Bahkan tidak ingin jadi kiai, tidak ingin oleh sebab itu muballigh, ” tutur Gus Mus. Karena begitu kamu pandai anda merasa bertambah bodoh dari kemarin. Jika anda merasa pandai, pada situ anda mulai tolol, ” Lanjutnya. Alasan pemilihan lakon Banjaran Anoman sebagai objek material penelitian, kata Afendy, karena lakon Banjaran Anoman banyak menyampaikan nilai-nilai moral atau nilai-nilai etis.

Selain aksi tersebut membuatnya bahagia, dia juga memberi contoh bagi anak-anaknya untuk selalu melawan kemalasan. Menurut mereka, tersebut adalah media tersendiri serta efektif untuk menumbuhkembangkan kecakapan imajinasi anak, ” urai Bagong.

Tetapi, menjual gabah kering giling sehingga ada sistem tambahnya. Ditambahkan, Pemprov Jatim telah memiliki strategi tsb, dengan memberikan bantuan instrumen panen gabah, pengering serta kemasan.

F. WAHYU KOKKANG/Jawa PosKERTAS HVS dan lembaran selebaran bekas berserakan. Di ruangan rumah yang juga dijadikan sanggar di kawasan Tempel, Sleman, Yogyakarta, itu seorang pria berpostur ”semlohai” padahal fokus membuat karakter wayang. Terkait gabah, Pakde Karwo mengharapkan petani untuk tak menjual gabah kering panen.

Boneka-boneka tersebut diukir dari kulit lembu dengan desain berornamen lalu dilukis indah dengan warna-warna cerah. Kulit sapi betina lebih disukai karena bertambah besar dan lebih lunak. Sebagian dari ciptaan Jawa merupakan penjelmaan lebih jelas dibanding legenda Mahābhārata dari lima saudara Pāṇḍava yang gagah berani. Pertunjukan semalam terbentus yang sangat diritualkan ini disaksikan dari kedua bingkai layar, beberapa penonton siap duduk di belakang provokator, tetapi kebanyakan penikmat bertambah suka menonton gambar untuk bayangan yang dilemparkan dalam layar. Semua aktivitas dengan dijalani bapak empat keturunan itu mungkin berat bagi orang seusianya.

Beberapa dari kertas-kertas HVS tersebut rupanya duga terisi goresan gambar-gambar animasi yang baru selesai terbuat dan siap dikirimkan ke beberapa media cetak. Ciling Soebardjo, pria tersebut, terbiasa mengerjakan dua atau tiga pekerjaan sekaligus dalam homo waktu. Penulis bersama Bagong Soebardjo memamerkan wayang nun terbuat dari kertas HVS, koran, kain perca & mojah bekas di rumahnya sekaligus dijadikan sanggar di kawasan Tempel, Sleman, Yogyakarta.

Semua yang ada di dunia ini tidak kekal dan bersifat provisional. Tentu saja kita tak perlu mengganpnya berharga & istimewa. Tidak mempunyai khayalan untuk menjadi pilot, warga DPR, atau petinggi negara.

Sementara, jika dengan dijual gabah kering pengetaman nilainya akan menjadi Rp. Pilot project dilakukan pada Jombang pada 13 jilid kelompok petani.

Nilai-nilai etis tersebut relevan sebagai nilai-nilai yang sewajarnya diterapkan oleh setiap warga negara, bahkan jika perlu ditularkan pada generasi bakal datang sehingga layak untuk diteliti dan disosialisasikan hasilnya. Wayang dapat ditonton oleh semua lapisan masyarakat dan kandungan tuntunannya sangat luas serta beragam. Mulai dibanding nilai religius, falsafah hingga nilai-nilai praktis.

About Willion

Check Also

Covid

Demikian juga saat masuknya Islam, ketika pertunjukan yang menampilkan “Tuhan” / “Dewa” dalam wujud wong …