Ketoprak

kesenian ketoprak

Dasarnya para aktor mengikuti arahan dari Dalang yang bertindak sebagai penggerak alur cerita. Konsep modifikasi dari seni pertunjukan ketoprak mereka lakukan dengan bagus.

Dialog, blocking serta lain-lain permainan di panggung sepenuhnya dilakukan oleh player secara improvisasi. Ketoprak terkait menggunakan alat musik yg berupa gamelan Jawa komplit pelog dan slendro, / slendro saja. Berikut penuturan Aries Mukadi; salah 1 penggiat kesenian ketoprak serta wayang orang yang semasa kurang lebih enam dekade taat mengibarkan semangat pelestarian budaya Jawa di DKI Jakarta.

”Cerita babad menjadi salah satu yang paling diminati masyarakat, ” terang Ajisaka salah seorang seniman dan juga pimpinan grup ketoprak Wahyu Sami Aji. Yaitu para wayang alias tokoh-tokoh utama naik ke atas panggung. Bisa di katakan kesenian ketoprak merupakan salah satu cikal bakal dari komedi Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga memiliki warisan karya seni satu ini. tidak hanya pemerintah, namun juga dari masyarakat hendaknya menyadari sendiri dan melestarikan kekayaan kesenian tradisional yang kita miliki.

Untuk memenuhi fungsi ritual ini, seni pertunjukan yang ditampilkan biasanya masih berpijak dan berpatokan kepada aturan-aturan tradisi yang berlaku. Seperti misalnya untuk pementasan ketoprak sebelum pertunjukan dimulai harus dilengkapi dengan beberapa jenis sesaji yang harus dipenuhi. Kerap disebut sebagai ketoprak Mataram, karena berkembang di daerah Ngayogyakarta. Di samping itu dilihat dari tontonanyang dapat menyampaikan pesan-pesan niali, moral, pembangunan dan kritik sosialyang disampaikan lewat kesenian tradisional kethoprak. Pertunjukan senitradisional kethoprak di pedesaan juga berfungsi untuk menyebarkan informasi. Disini penonton dapat bertukar pikiran, dapat menghasilkan informasi.

Adalah sutradara yang jeli jadi perkembangan zaman maupun hal lingkungan akan menambahkan / memberikan nuansa yang bertentangan, agar ketoprak yang dibinanya menjadi tontonan yang memikat dan menghibur. Lama pertunjukan untuk setiap pementasan menggapai 7 sampai 8 quickly pull, dan bisa dilakukan benar siang maupun malam hari. Dalam pertunjukan Ketoprak terkait para aktor biasanya berpedoman pada naskah singkat yg dibuat oleh dalang. Naskah ini hanya memuat pedoman tentang adegan apa tertentu yang harus ditampilkan dri inti dan ceritera yg dipentaskan.

Kadang-kadang dialog dalamsusunan lakon ketoprak ditulis secara rinci, tetapi juga ada yang tertulis hanyagaris besarnya. Di tengah sulitnya upaya seniman pentas tradisional untuk bertahan di daerah asal mereka, masih ada sanggar-sanggar seni panggung tradisional yang justru eksis di DKI Jakarta. Sebagai salah satu bentuk teater tradisi, ketoprak dor tidak sekadar pentas seni yang sifatnya menghibur, namun juga ada unsur mendidik di dalamnya. Dalam perkembangannya, seni pertunjukan ini juga menjadi profesi bagi para pegiatnya terutama di komunitas Jawa Deli.

Aries juga pendiri Himpunan Seniman Panggung Wayang Jamaah dan Ketoprak Adhi Budaya. Ajisaka salah seorang seniman dan juga pimpinan adunare ketoprak Wahyu Sami Aji mengungkapkan, cerita dalam ketoprak bermacam-macam.

Festival tersebut, jelas Yogi akan diikuti seniman kethoprak perwakilan dari tiap Kecamatan di Solo. Misalnya saja para seniman kethoprak dari Jebres yang akan membawakan lakon Prahara Gunung Kendhil. Kecamatan Banjarsari dengan ketoprak rama budaya dengan lakon Sumber Terangkilan. Dan Kecamatan Laweyan yang akan menampilkan ketoprak Waton Nyonthong dengan lakon Wangenan. Ketoprak sekarang ini masih banyak ditampilkan untuk upacara-upacara ritual tertentu.

Sebagai contoh untuk memperingatihari kelahiran seseorang ditampilkan cerita seperti gatotkaca, lahirnyaParikesit, lahirnya Wisanggeni. Untuk memperingati hari perkawinan mengambilcerita perkawinan Abimanyu, Rabinipun Arjuna. Kethoprak sebagai sarana hiburan biasanya pertunjukan begitulepas dan tidak dengan pelaksanaan upacara ritual.

About Willion

Check Also

17 Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat, Gambar Dan Penjelasannya

Dengan demikian jenis baju yang digunakan tentu punya berbagai nilai estetika. Sembrono muasalnya, tari ini …