Ketoprak Dor, Seni Tradisi Yang Menghibur Dan Mendidik

kesenian ketoprak

Namun, perjalanan ketoprak mengalami penurunan drastis pada dekade berikutnya. Masuknya tehnologi permainan baru berupa film serta maraknya bioskop membuat kelompok ketoprak kehilangan tempat pertunjukan serta penggemar.

Kami justru ingin memikat minat masyarakat secara publik terhadap seni teater tradisional Jawa. Tidak bisa seandainya hanya mengandalkan promosi ke generasi muda, karena penduduk secara umum sudah melimpah yang berpaling dari kesenian tradisional. Dari situlah, lantas kami tergerak untuk melestarikan kesenian ketoprak di DKI Jakarta. Kami sengaja menentukan Jakarta karena Ibu Kota selalu menjadi barometer penduduk kesenian di Indonesia. Anda menyadari bahwa, hampir keseluruhan dari kesenian peninggalan datuk moyang kita, selalu mengedepankan makna didalamnya, sehingga tiap-tiap seni dan kebudayaan memiliki perbedaan, tujuan dan fungsinya masing-masing.

Dikarenakan, budaya adiluhung yang mengsave banyak keindahan itu meraih dijadikan pedoman dalam kehidupan. “Tujuan kami, supaya bertambah dekat masyarakat di desa tersebut. Kami menyadari, pentas ketoprak dapat terselenggara berkat iuran dari masyarakat. Menjadi, ini merupakan mengembalikan segenap uang dari masyarakat balik ke masyarakat melalui bakti sosial, ” imbuh Trimo.

Disamping fungsi kemampuan dilihatdari tutur kata berbicara, juga dapat dilihat dri jalan ceritanya. Cerita yangditampilkan oleh kethoprak (Balekambang-Surakarta) siapa sangka juga seringmenampilkan cerita-cerita yg berasal dari cerita wayang, hanya kadangditambah bahkan dirubah sedikit.

Nama “ketoprak” terkait dengan alat tonkunst kentongan yang digunakan tuk mengumpulkan penonton sebelum pertunjukan dimulai. Dalam bahasa Jawa, memukul kentongan disebut “keprak” dan pertunjukan yang diterapkan setelah kentongan di-keprak dianggap “ketoprak”. Pertunjukan ini pun menampilkan tarian dan kostum yang menambah kemeriahan pertunjukan tersebut. Tak hanya tersebut, alat-alat musik tradisional misalnya kendang, saron, ketuk, kenong, kempul, gong, gamelan, suling, dan terbang juga turut berkontribusi dalam menghidupkan suasana pertunjukan. Cerita-cerita yang dibawakan pada pertunjukan ketoprak terkait juga sangat bervariasi, meliputi cerita rakyat, dongeng, babad, sejarah, legenda, dan meraih mengadopsi cerita dari luar negeri.

Para pemain Ketoprak tersebut di tuntut tuk bisa melakukan improvisasi pada atas panggung ketika pementasan tengah berlangsung, di dimana improvisasi yang di perbuat tidak boleh menyimpang dri lakon atau jalan cerita utamanya. Inibaru. id : Masyarakat Jawa mengenal ketoprak sebagai hiburan rakyat jelata, yang ditampilkan di luar kerajaan. Dengan gaya penuturan yang khas masyarakat setempat, ketoprak umumnya mengambil lakon cerita rakyat. Selain tontonan, kisah yang diangkat di dalam ketoprak biasanya juga berisi tuntunan.

Kisah Ande-Ande Lumut, Angling Darmo, Panji Asmorobangun, hingga Joko Bodo turut memeriahkan jalan cerita pertunjukan ketoprak. Tak hanya perbedaan pada alat musik dan tempat dilaksanakan pertunjukan ini, tetapi juga jalan cerita yang dibawakan juga berbeda-beda. Dikutip dari Senibudayaku. possuindo, Kuswadji Kaswindrasusanto menuturkan yakni kata ketoprak berasal dri prak yang merupakan bunyi dari alat musik tradisional Tiprak. Alat musik tradisonal tersebut bila dimainkan jadi berbunyi prak…prak…prak. Sementara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Klaten Pantoro mengatakan, bahwa seni ketoprak mengandung nilai-nilai luhur yang perlu dilestarikan.

Fungsi pendidikan dapat diambilmanfaatnya dalam kehidupan sehari-hari misalnya juga nilai kerukunan keluargaPandawa yang bisa diterapkan dalam keluarga. Seni pertunjukan Kethoprak seringdigunakan untuk menghibur. Kebiasaannya pertunjukan kethoprak sekarang diiringidengan gamelan. Dalam struktur pementasan kethoprak sering kali mengalamisedikit perubahan dari tahun ke tahun. Semakin bervariasi gaya dan lebihatraktif dalam meainkan lakon.

Minimnya apresiator mulai dari pelaku, penikmat, maupun pemerhati seni ketoprak menjadi sebabnya. Tetabuhan seperangkat gamelan itu menandakan pentas ketoprak segera dimulai. Tak lama enam perempuan bertubuh molek muncul di atas panggung. Saat di banyak daerah sudah mulai langka, di Bumi Mina Tani justru tumbuh subur.

Pertunjukkan sederhana juga akhirnya muncul, yang lama-kelamaan terus dimainkan oleh pemuda-pemuda di desa. Sehingga, memikat minat RM Wreksodiningrat, yg juga merupakan seorang seniman dan wayang, dari Keraton Surakarta untuk menciptakan Kesenian Ketoprak ini di 1 tahun 1914. Ciri-ciri Kesenian Ketoprak paling khas adalah dialognya yang menggunakan bahasa jawa. Tema cerita yang diangkat juga kebanyakan diambil dri dongeng dan legenda-legenda kebudayaan Jawa. Meskipun terus mendapatkan perubahan alur, namun keaslian dan pemaknaan tidak dihilangkan.

Lahir sekitar abad ke nineteen dan dibuat oleh adalah musisi keraton Surakarta. Diminta dapat menambah gairah dri para apresiator mulai dri pelaku, penikmat, pengamat untuk tetap melestarikan seni ketoprak, ” kata Yogi dalam konferensi pers pada Kamis (5/7). Namun realitanya, para seniman ketoprak harus tertatih-tatih dalam mempopulerkan kembali ketoprak di tengah-tengah masyarakat.

Ketoprak cilik usia anak-anak hingga remaja dilibatkan untuk regenerasi kesenian tersebut. Cerita dalam pertunjukan ketoprak biasanya banyak di selingi humor namun masih mengikuti alur ceritanya, sehingga cerita yang di bawakannya akan lebih menghibur dan tidak membosankan. Sebuah lakon adalah susunan adegan moitié adegan, pembagian babak, serta aspek – aspek lainnya. Dalam Ketoprak sebuah lakon biasanya tidak di tulis secara rinci dalam suatu naskah skenario akan namun hanya berupa garis besarnya saja.

Misalnya, cerita Cupu Manik yang merupakancerita wayang yang ditampilkan dalam ukuran kethoprak. Oleh sebab itu,, sekarang tinggalpenontonnya bagaimana mencerna dan menyerap jalannya cerita dari sisi baik danburuknya, dan akhirnya berguna dalam hidupnya.

About Willion

Check Also

5 Kesenian Khas Indonesia Dari Berbagai Kota Halaman All

Ketua Angguk Buiza Ayudio, Syahputra mengungkapkan bahwa kesenian yang spesial dikarenakan di dalam musiknya mengandung …