Kesenian Ketoprak, Fungsi Hiburan, Tontonan Dan Tuntunan

kesenian ketoprak

Mediapertunjukan seperti ketoprak sangat tepat untuk penyampaian kritik sosial. Karena pada umumnya masyarakat menganut paham paternalistik tentu sangat tabuapabila mengkritik secara langsung apalagi yg dikritik adalah pimpinan. Mengkritikdengan cara menyindir melalui tokoh-tokoh yang diperankan ataudialog-dialognya.

Baru dalam 2008 kami sepakat tuk membangun sebuah kelompok yg mewadahi para seniman wayang orang dan ketoprak yg ada di Jakarta. Selanjutnya, kami membentuk Himpunan Seniman Panggung Wayang Orang serta Ketoprak Adhi Budaya. Misalnya yang sempat saya singgung di atas, dimana dalam beberapa pria membentuk sebuah pertunjukkan seni sederhana, yang berupa pementasan dan iringan oru?e musik, serta menceritakan cuestión dalam kehidupan sehari-hari pada pedesaan. “Kita saat memunculkan teater tak lepas dri adat dan budaya, itulah yang kita tuntut. Penonton harus menyerap kebudayaan yg dibungkus dalam seni pertunjukan, ” jelas Suriyat.

Nah, melihat kecenderungan tersebut, kami berupaya agar pergelaran ketoprak dan wayang orang pada Jakarta tidak mati. Hasilnya, kami mencoba mendekat ke para pejabat atau tokoh masyarakat agar mau memalingkan wajahnya untuk mengingkat balik kesenian Jawa.

Monggo, silakan warga masyarakat sekitar tuk memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia untuk belajar dengan tentang seni dan budaya Jawa. Menurut pendapat ya belajar budaya Jawa seandainya tumbuh dari masyarakat sendiri, maka akan menjadi makin kokoh pondasinya, ”tegasnya. Umpama saja dari Kemendikbud yg membantu kami menggelar pentas pada 28 April tuk memperingati 60 tahun kiprah saya dalam kesenian wayang orang dan ketoprak. Selain itu, yang tinggal pada Jakarta ini bukan sebatas pendatang dari Jawa. Menjadi, masyarakat yang tidak mengetahui budaya Jawa cenderung bukan tertarik menonton ketoprak / wayang orang.

Kami memengaruhi instansi-instansi besar untuk menggelar pertunjukan teater tradisional. Umpama saja, beberapa waktu selanjutnya kami menggelar pentas ludruk di Kepolisian. Hal tersebut dilakukan agar para pejabat atau petinggi bisa memberikan contoh ke masyarakat tuk mencintai budaya tradisional.

Pada dalam percakapan biasanyamenggunakan tingkatan bahasa ngoko dan pra abdinya menggunakan bahasa karma. Disinilah dapat dipetik yakni di dalam pembicaraan oleh siapapun hendaknyaselalu tanggap oleh kedudukan masing-masing. Peranan serta fungsi Kethoprak dalam kehidupanmasyarakat, menyebabkan Kethoprak tetap hidup dan berkembang sesuai denganzamannya. Seni pertunjukan Kethoprak adalah sarana komunikasi maupuninformasi yg tradisional dalam penyampaiannya di dalam masyarakat.

Ketoprak merupakan kesenian budaya jawa yang berasal dari kota Solo. Kesenian yang lahir dari bentuk perlawanan penduduk jawa terhadap para penjajah di waktu itu.

Kami ingin anggota ketoprak Gilar tak hanya menjadi seniman saja, tetapi juga insan yang peduli dengan sesama, ” pungkas Trimo. Blora–Kesenian Ketoprak merupakan salah satu kesenian khas Blora. Di bulan Selo (Dzulqo’dah), pertunjukan ketoprak kerap tampil dalam berbagai harapan, seperti dalam Sedekah Bumi maupun hajat rumah tangga seperti khitanan atau pernikahan. “Saya hanya sebatas mefasilitasi dengan menyediakan tempat, seperangkat gamelan, serta wayang komplit dengan kelir.

Tidak heran andai kesenian ini disandingkan oleh opera, karena keduanya memasukkan unsur nyanyian dalam pertunjukan. Ketoprak Lesung, seni pertunjukan ketoprak di Pulau Jawa dengan iringan lesung. “Seperti yang sebelumnya, tradisi berdonasi di masjid mushola dekat lokasi pentas juga akan kita lakukan dalam pementasan berikutnya.

About Willion

Check Also

17 Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat, Gambar Dan Penjelasannya

Dengan demikian jenis baju yang digunakan tentu punya berbagai nilai estetika. Sembrono muasalnya, tari ini …