Kesenian Budaya Sunda

kesenian jawa barat

Pada dasarnya tarian ini sangat identik melalui warna kuning dan hijau. Tari Serimpi merupakan tari jawa klasik yang bermakas dari daerah Surakarta. Modalnya dulu, tari Serimpi dibawa oleh Kesultanan Mataram dalam kemudian dilestarikan oleh empat istana pewarisnya yakni dalam Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tari Serimpi ini memiliki gerakan yang lemah gemulai karena tari Serimpi mencerminkan makna kesopanan, kelemah lembutan, dan kehalusan budi dalam terlihat dari gestur gerakannya serta diiringi oleh merdunya suara Gamelan.

Biasanya tarian ini ditarikan oleh laki-laki dan menggunakan kostum bak seorang prajurit. Walau bagaimanapun, tarian ini bertujuan menunjukan wanita yang sopan santun dan sangat lemah gemulai. Musik yang dimainkan untuk mengiringi tarian ini biasanya Gending Ketawang Gedge, bisa juga dengan gamelan.

Kamar-kamar di senthong kanan juga dapat difungsikan sebagai kamar tidur, gudang, atau tempat menyimpan persediaan makanan. Banyak orang yang menyebut senthong sebagai wilayah sakral karena erat digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang pusaka.

Namun katanya, tarian ini mulai tenggelam dan tidak lagi dipentaskan. Asal usulnya tarian ini menceritakan Raden Gunung Sari yang menjelma menjadi kera, dan berusaha mengelabui musuhnya.

Tarian ini dipertunjukan untuk acara resmi saja, yang bertujuan untuk menghibur. Sejarahnya, tarian ini menceritakan tentang hubungan Ratu Kidul yang biasa kita kenal dengan Roro Kidul.

Ruangan yang dianggap sakral ini biasanya diberi penerangan yang baik di siang hari maupun malam hari. Selain itu, jua diberi bantal, kasur, cermin, serta sisir rambut dalam dibuat dari bahan berupa tanduk. Konsep bangunan di sini. merupakan perkembangan dari saka Joglo yang menggunakan asas keliling.

nah yuk buruan cobain tahu tek saat berada di Jawa, untuk menemukan tahu tek ini cukup mudah anda bisa mendapatkannya di jawa timur, jawa tengah, dan jawa barat. Rumah adat Jawa Timur Joglo memiliki nilai filosofis yang sudah sangat melekat dalam bangunannya. Selain itu, Rumah Joglo juga tidak bisa dilepaskan dari sejarah Kebudayaan Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun. Sama halnya dengan senthong kiri, senthong kanan juga merupakan wilayah ruangan yang terdiri atas berbagai ruangan, namun terletak di sebelah kanan.

Dikesempatan dalam lalu, kami sempatkan menyusun tentang kesenian di wilayah lain. Daerah yang bersebelahan dengan pulau Jawa, adalah kesenian suku Batak Sumatera Utara.

Jadwalkan waktu holiday ke Medan – Sumatera Utara dengan memakai service guide lokal yang memfasilitasi paket wisata Medan ternama. Apresiasi buat ragamseni. apresentando atas ulasannya mengenai budaya nasional yang perlu dilestarikan. Tari angsa menjadi salah satu tarian kebanggaan Jawa Tengah, sering dipertunjukan buat acara-acara tertentu. Dizaman kini, tarian ini sering ditarikan oleh siswa-siswa SD sewaktu mereka mencapai kelulusan ataupun perpindahan sekolah ke SMP.

Tari ini memiliki ciri khas dalam gerakannya dalam lebih sensual dan pinter menarik libido para lelaki. Tarian ini memiliki argomento peperangan, dan gerakan afin de penari bak seorang prajurit membawa pedang/samurai dengan tameng berlenggok-lenggok seakan sedang bersiap-siap menyerang musuh. Tarian ini mengandung kisah ketika para penjajah yang hampir mengalami kemunduran, dan situasi saat itu dijadikan ide untuk membuat sebuah tarian yang sekarang kita sebut Tari Prawiroguno.

About Willion

Check Also

5 Kesenian Khas Indonesia Dari Berbagai Kota Halaman All

Ketua Angguk Buiza Ayudio, Syahputra mengungkapkan bahwa kesenian yang spesial dikarenakan di dalam musiknya mengandung …