Kesenian Betawi Di Sini. Mulai Jarang Terlihat Dalam Jakarta, Apa Saja?

kesenian jawa timur

Berbagai sarana media dapat dijadikan untuk melakukan sosialisasi terkait dengan kesenian Jawa Tengah. Apakah itu sosialisasi di sekolah, komunitas, segala instansi pemerinatahan dan swasta. Dan bisa juga sosialisasi dilakukan dengan memaksimalkan media sosial.

Seluruh tiang Rumah Gadang tidak ditanamkan ke dalam tanah, tetapi bertumpu ke atas batu datar yang kuat dan lebar. Seluruh sambungan setiap pertemuan tiang dan kasau besar tidak memakai paku, tetapi memakai pasak yang juga terbuat dari kayu. Ketika gempa terjadi Rumah Gadang akan bergeser secara fleksibel seperti menari di atas batu datar tempat tonggak atau tiang berdiri. Begitu pula setiap sambungan yang dihubungkan oleh pasak kayu juga bergerak secara fleksibel, sehingga Rumah Gadang yang dibangun secara benar akan tahan terhadap gempa.

Semua pemain berdiri tidak menari kecuali penabuh dogdog lojor menabuh sambil ngibing diiringi beberapa penari perempuan dengan kostum kebaya dan kain. Pada masa lalu, kesenian angklung gubrag dilaksanakan pada saat ritual penanaman padi dengan maksud agar hasil panen berlimpah.

Menurut tradisinya, tiang utama Rumah Gadang yang disebut tonggak tuo yang berjumlah empat buah/batang diambil dari hutan secara gotong royong oleh anak nagari, terutama kaum kerabat, dan melibatkan puluhan orang. Batang pohon yang ditebang biasanya adalah pohon juha yang sudah tua dan lurus dengan diameter antara 40 cm hingga 60 cm. Setelah di bawa ke dalam nagari pohon tersebut tidak langsung di pakai, tetapi direndam dulu di kolam milik kaum atau keluarga besar selama bertahun-tahun. Pada dasarnya ukiran pada Rumah Gadang merupakan ragam hias pengisi bidang dalam bentuk garis melingkar atau persegi. Motifnya umumnya tumbuhan merambat, akar yang berdaun, berbunga dan berbuah.

Kamar-kamar pada senthong kanan juga meraih difungsikan sebagai kamar tidur, gudang, atau tempat mengsave persediaan makanan. Senthong kiwa terdiri dari berbagai ragam ruangan yang dapat difungsikan sebagai kamar tidur, gudang, atau tempat menyimpan persediaan makanan. Desain ruangan-ruangan senthong kiwa lebih menarik, dikarenakan kebanyakan dibuat sebagai kamar pribadi.

Rumah Adat Jawa Timur– Indonesia merupakan negara dengan beragam budayang ada. Kekayaan budayang dimiliki menjadikan nilai yang sangat luhur dan mencirikan identitas bangsa itu sendiri. Mayoritas penduduk di Jawa Timur di dominasi oleh Suku Jawa dan kedua oleh masyarakat Tionghoa. Paling tidak 3 hal diatas menjadi faktor penting untuk lestarinya kesenian yang ada di Jawa Tengah. Anda dapat menambahkan dengan menulisnya pada kolom komentar dibawah.

Kesamaan ini didapatkan karena pengaruh kebudayaan masyarakat Jawa Tengah dulu yang terkenal dengan kekuasaan yang besar. Senthong merupakan bagian belakang Omah yang terdiri dari 3 ruangan tertutup. Bagian barat Senthong digunakan untuk menyimpan beras atau hasil panen lainnya. Sementara bagian timur digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan pertanian. Ciri khas adalah hal khusus atau ciri yang dapat ditarik dari suatu pembacaan spektrum.

Omah njero pun dilengkapi dengan penyekat / pembatas antar ruangan berupa papan kayu, dan bukan terbuat dari dinding. Penampilannya sangat unik karena ada banyak kursi dan atribut-atribut lain yang menghiasi pada ruangan ini. Emperan merupakan sebuah teras di depan pendopo yang digunakan untuk bersantai-santai. Selain itu, emperan juga difungsikan sebagai tempat untuk menerima tamu dan kegiatannya lainnya.

Saring juga sering dipilih dengan warna putih sebagai dasar dan kotak-kotak hijau atau biru sebagai tambahan. Ukuran saring bahan tentu disesuaikan dengan masing-masing individu.

Pola akar biasanya berbentuk lingkaran, akar berjajaran, berhimpitan, berjalinan dan juga sambung menyambung. Cabang atau ranting akar berkeluk ke luar, ke dalam, ke atas dan ke bawah. Karena wilayah Minangkabau rawan gempa sejak dulunya karena berada di pegunungan Bukit Barisan, maka arsitektur Rumah Gadang juga memperhitungkan desain yang tahan gempa.

Pertunjukan teater asli dari Betawi ini membawakan cerita-cerita jenaka, dengan bahasa yang memancing gelak tawa para penontonnya. Bahkan mereka dapat membuat cerita baru di dalam cerita yang sedang dipertunjukkan. Memiliki dua jenis lenong, yaitu lenong denes dengan cerita 1. 001 malam, dan lenong preman dengan cerita sehari-hari di Jakarta, pertunjukan ini bisa berjalan selama 2 hingga a few jam. Sama halnya oleh senthong kiri, senthong kanan juga merupakan wilayah ruangan yang terdiri atas seluruh ruangan, namun terletak pada sebelah kanan.

Aksesoris adat sandal juga dikenal familiar dengan sebutan terompah karena berbentuk terbuka dan longgar pada bagian ujung ketika dikenakan. Beberapa warna yang dipilihkan adalah warna-warna yang mencolok, seperti kuning keemasan.

About Willion

Check Also

New Normal, Pelaku Kesenian Tradisional Jaran Thik Ponorogo Pentas Dengan Protokol Kesehatan

Diiringi dengan tabuhan khas pesisir, sintren diikat dengan seutas tali dari leher hingga kaki. Kemudian …