Kesendirian Tari Tradisional Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian tersebut memiliki keunikan karena selama masa menari, para penari cewek akan menopang sebuah zona liat yang berbentuk seakan-akan dengan kendi, biasanya orang2 pada Zaman dulu menyebutnya dengan “Buyung”. Usut mempunyai usut, ternyata tarian tersebut hampir dan bahkan bubar termakan zaman, padahal tarian ini adalah tarian yang bernuansa bahagia.

Pada tahun 2011 UNESCO menetapkan tarian tersebut sebagai Daftar Representatif Pikiran Tak benda Warisan Manusia. Tari Saman berasal daripada akar-akar budaya campuran yang biasa ditampilkan dalam pertunjukan adat dan dipertunjukkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tari Jaipong biasanya ditampilkan pada saat akan menyambut tamu besar pada festival budaya yang digelar cukup meriah dan gede. Tarian ini menggambarkan kelemah-lembutan dan kesopanan yang diperlihatkan dari gerakan yang lelet dan lembut oleh masing-masing penarinya. Tarian yang sesak akan makna untuk selamanya mengajarkan dan menjaga tata susila diri dimanapun berada dan selalu bersikap baik lawan semua orang tanpa memperlakukan agama, suku, ras ataupun warna kulit.

Taktik ini didukung oleh mayapada sekitarnya, salah satu guru di kampusnya memberikan cadangan untuk mengikuti salah wahid sanggar tari yang telah dikenal masyarakat. Sanggar tari Ayodya Pala yang bertempat di Depok dipilih untuk tempatnya mengasahskillmenari.

Maka dari itu, tak heran apabila gerakannya cenderung enerjik namun juga unik, dengan disertai sambil iringan alat musik degung. Bahkan, tak jarang tarian ini sering mengundang gelak tawa para penonton karena keunikannya yang dihasilkan. Selanjutnya ada Tari Kecak dari Bali yang juga masuk di dalam 34 tari tradisional asal Indonesia. Jenis tarian satu ini menggambarkan mengenai cerita Pewayangan, khususnya buat cerita Ramayana yang dipertunjukan dengan seni gerak dan tarian. Ratoh Duek juga populer di luar Aceh dan tak heran kalau sering ditampilkan di di dan luar negeri.

JAKARTA, iNews. id – Banyak jalan menyenangkan untuk mengenal akal budi Nusantara. Masih kurangnya semangat orang-orang Indonesia untuk melihat pertunjukan tradisional sangat disayangkan. Penontonnya pun bisa ditebak bahwa mereka adalah titisan dari si penari. Sanggar tari pun tak seharga menjadi tempat berlatih, akan tetapi menjalin relasi dan menyalurkan tari tradisonal ke tingkatan muda lainnya. Semenjak Vika berlatih tari, kini dia dan teman-temannya menjadi pelatih tari di tingkat bersekolah SMA hingga kuliah.

Suasana terasa lebih menegangkan dengan iringan kemung dan gendang serta nyanyian Neggo/dare oleh para pendukung. Kostum tarian dibuat seperti prajurit sesungguhnya hanya mempergunakan penutup kepala berbentuk topeng dari kulit kerbau dan pakaian bawah saja. Tari Ronggeng Bugis dari Provinsi Sulawesi SelatanTari Ronggeng Bugis, sebuah tarian yang bermula dari Provinsi Sulawesi Daksina atau Sulsel.

Dari syairnya tarian ini bertujuan untuk menanamkan nilai moral di dalam masyarakat, dan pertama periode tarian ini dikembangkan berawal dari tahun 1965 yang mana tarian ini menjadi sebuah sarana dakwah. Salah seorang netizen mengatakan jika tarian ini dikhususkan untuk cowok, karena tubuh wanita sangat lemah untuk mengikuti sepak terjang tari saman. Wajar saja, gerakan dalam tari tudingan kan terdapat seperti kenyat-kenyut guncang, lingang, surang-saring, & kirep. Walau pada umumnya, gerakannya mengandung tepuk dada & tepuk tangan.

Dalam perkembangan selanjutnya luar biasa dipengaruhi budaya daerah setempat dan kostum pun menyidik busana daerah. Selain ini ada juga tarian nun busananya mengikuti isi daripada tariannya, misalnya tari kijang, tari merak dan lain-lain yang busananya menyesuaikan beserta topik yang dibawakan. Tanpa dukungan kostum, suasana tandak tidak akan muncul dengan baik. Masing-masing tarian mesti disesuaikan dengan jenis tembang, gerakan dan tujuan tarian.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …