Kebudayaan Rumpun Suku Melayu

kesenian jawa barat

Musik Melayu ini modalnya banyak berkembang dipesisir Sumatera dan Semenanjung Melayu. Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timuran yang amat terkenal, yakni seni panggung yang umumnya seluruh bettornya adalah laki-laki. Saat di sini. kelompok ludruk tradisional menghasilkan dijumpai di daerah Surabaya, Mojokerto, dan Jombang; biar keberadaannya semakin dikalahkan melalui modernisasi. Para turis dalam berlibur ke Danau Toba dan daerah-daerah sekitarnya, pasti tidak hanya untuk menyaksikan keindahan alam yang dimiliki wilayah tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah jauhnya Surabaya untuk keraton yang dipandang seperti pusat budaya Jawa. Melalui demikian Surabaya merupakan kota multi etnis yang kaya akan budaya. Penduduk pendatang hidup bersama serta membaur dengan penduduk asli membentuk pluralisme budaya yang lain menjadi ciri khas kota Surabaya. Inilah yang membedakan kota Surabaya dengan kota-kota di Indonesia.

Tari tradisional ini berasal dari daerah Cirebon dimana tarian ini bersifat komedi dan bertujuan untuk menghibur para penikmat seni. Tarian ini ditarikan oleh orang laki-laki namun memakai aksesoris, kostum dan dandanan layaknya wanita.

Cirikhas dari tarian serimpi ini adalah setiap penari wanitanya memakai pakaian pengantin seperti pengantin putri keraton. Tarian ini akan menggambarkan seorang wanita yang memiliki kepribadian yang santun dan beretika serta menjunjung tinggi harkat dan martabat. Hal ini akan digambarkan dari jenis geraknya yang sangat lemah gemulai dan diiringi oleh musik gamelan.

@IDNTimesAdapun saat upacara pernikahan, orang betawi mengenakan pakaian khusus yang akulturasi dari penjuru budaya luar negeri. En este momento, untuk baju adat pernikahan masyarakat Betawi terinspirasi untuk budaya Melayu, Tionghoa, lalu Arab.

Para penari ini juga akan menari dan menunjukkan gaya bahasa tubuh seperti perangai seorang wanita. Tari tradisional Bugis ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan Sunan Gunung Jati yang berkedudukan sebagai Raja Cirebon. Saat itu, terjadi ketegangan antara Kerajaan Cirebon dengan Kerajaan Padjajaran yang merupakan Kerajaan Islam.

Musik Melayu salah satu jenis seni musik tradisional yang bertumbuh dalam kehidupan masyarakat Melayu. Musik ini tak jarang disajikan dengan tarian-tarian khas dari Melayu. Ciri khas dari musik Melayu liriknya yang mengandung syair lalu memiliki pesan moral terpilih.

Raja Sunan Gunung Jati akhirnya menyuruh kerabat kerajaan dari suku Bugis untuk menyamar sebagai seorang penari untuk mengawasi Kerajaan Padjajaran. Cara penyamaran ini di gambarkan dan dilestarikan melalui tari tradisional ronggeng Bugis yang diiringi oleh gendang, kelenang, krecek dan gong kecil. Tari serimpi merupakan tari tradisional yang menjadi identitas bagi daerah Yogyakarta dalam bidang seni gerak. Pada zaman dahulu tarian ini selalu dipertunjukan untuk menyambut setiap adanya acara pergantian Raja di daerah Jawa Tengah.

Bahkan ciri khas ini sangat kental mewarnai kehidupan pergaulan sehari-hari. Sikap pergaulan yang amat egaliter, terbuka, berterus terang, kritik dan mengkritik ialah sikap hidup yang menghasilkan ditemui sehari-hari. Bahkan kesenian tradisonal dan makanan khasnya mencerminkan pluralisme budaya Surabaya dan sekitarnya.

Tetapi, mereka juga tertarik untuk menikmati kebudayaan dan kesenian tradisional dalam masyarakat Batak Toba. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini pembahasan tentang lima ragam seni dalam hidup dan terus tetap dalam tatanan budaya Batak Toba tersebut.

About Willion

Check Also

12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. …