Jadwal Pagelaran Wayang Bulan September 2020

Wayang

Seperti ayah Maya yang digambarkan sebagai pemimpin desa dengan pribadi cerdas dan berjiwa seni, dahulu menjadi dalang memang tak bisa dilakukan oleh acak orang. Profesinya yang penting dianggap membutuhkan orang yang berilmu dan berbudi etik baik. Kesenian wayang timplong berkembang di daerah Nganjuk, Jawa Timur.

Selain membantu menghadirkan wayang bertepatan Raden Patah, Sunan Jabal pada 1563 menciptakan wayang gedog dan cerita-ceritanya diambil dari buku-buku kisah Panji. Kemudian pada 1583, Sunan Kudus membuat wayang dengan bahan dasar kayu, dengan kemudian dikenal dengan sebutan wayang golek. Sebagai provokator, ayah Maya turut sebagai pembawa narasi cerita, tokoh wayang dan pengisi talun karakter-karakter didalamnya. Hal tersebut membuat seorang dalang kudu memiliki kelihaian tangan dan mahir dalam berbahasa Jawa bahkan hingga yang terlambat sekalipun.

Dalam wayang kulit, wayang-wayang dimainkan di belakang katun putih ataupun layar muslin oleh provokator. Dalang memimpin sebagai pemain pengendali tunggal – menceritakan kisah, menafsirkan karakter, dan dialog menggunakan berbagai talun. Tidak seperti wayang leather yang membutuhkan kegelapan untuk diberlakukan sehingga penonton dapat menyaksikan bayangan, wayang golek dapat diberlakukan setiap ketika. Sejarah panjang wayang golek dapat ditelusuri hingga ke Tiongkok, mulai dari sebagian area di utara pesisir Jawa tempat wayang-wayang kayu ini berkembang sangat padat sambil orang Tiongkok. Selain kartun dan wayang, Bagong saja menunjukkan totalitasnya menggeluti jagat anak dengan rutin menyarikan cerita anak di kaum media cetak.

Namun, wayang kulit pula memiliki fungsi religiusitas pada mana di dalam pertunjukan wayang tersebut juga diselipkan muatan dakwah dan pesan-pesan keagamaan. Wayang kulit serupa salah satu unsur pikiran masyarakat memiliki peran yang penting dalam perkembangan histori Islam di Cirebon.

Pementasan wayang dongengnya sering kali memungut lakon dari apa dengan pernah dituliskannya dalam kecek anak-anak tersebut. Jatim Newsroom – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengatakan Kesenian wayang kulit merupakan salah homo budaya masyarakat yang terkadang dijadikan sebagai sarana menyampaikan tuntunan dan tontonan untuk masyarakat. Membawa kisah Ramayana dan Mahabharata, pagelaran selama masa semalam suntuk ini jadi ruang yang tepat untuk melewatkan malam, berefleksi serta memahami filosofi hidup Jawa. Kecintaan dia terhadap wayang dimulai saat dia mengamati wayang kulit untuk mula-mula kalinya di Museum Wayang di daerah Kota Uzur, Jakarta. Saat itu, dia tidak mengetahui tentang wayang, baik sejarah maupun kaul di balik sosok wayang.

Wayang Purwa pertama kesempatan dikenal di Indonesia tatkala masa pemerintahan raja Airlangga pada abad ke-11. Pada masa itu, sang kepala suku memiliki keinginan untuk emmbuat wayang purwa karena bahagia dengan cerita dan babad nenek moyangnya, yang tercantum dalam serat Pustakaraja Mula-mula.

Merdeka. com – Jenis-Jenis wayang di Indonesia sangatlah beragam. Wayang sendiri ialah sebuah seni pertunjukkan rakyat yang dimainkan oleh seorang yang disebut dalang beserta menggerakkan tokoh-tokoh pewayangan pantas dengan cerita yang dibawakan.

Bedanya beserta wayang kulit yang dipentaskan malam hari, wayang timplong ditampilkan di siang hari. Pertunjukannya pun cenderung kian sederhana, lengkap dengan gamelan sebagai musik pengiringnya. Palembang, IDN Times -Satu warisan kesenian daerah Palembang dengan dilupakan dan nyaris binasa adalah seni wayang leather Palembang.

Wayang yang digunakan pada Wayang Thengul ini terbuat dari kayu berbentuk tiga dimensi oleh karena itu hampir mirip dengan Wayang golek, namun yang mengelompokkan adalah bentuk karakter dan cerita yang dibawakannya. Wayang Thengul ini merupakan salah satu warisan tradisi dengan sangat terkenal di Bojonegoro dan menjadi salah satu icon kota disana. “Sektor pariwisata merupakan salah wahid yang terdampak dari Covid-19, karena itu pemerintah langsung berupaya untuk memulihkan balik sektor pariwisata, salah satunya dengan mempertontonkan seni wayang golek ini, ” ujarnya. Berbagai berita, baik dengan perantara media cetak maupun elektronik memperlihatkan banyak kasus-kasus memasukkan pelanggaran moral hingga menjadi permasalahan hukum. Tidak sedikit tokoh masyarakat yang berbuat pelanggaran moral hingga ditangkap dan dimejahijaukan.

Begitu dipentaskan dalam berbagai daftar seperti perayaan kelahiran, sunatan, resepsi pernikahan, ataupun upacara tolak bala, wayang risa tidak hanya berfungsi sebagai sarana rekreatif yang menghibur masyarakat. Reportersatu, Wayang Thengul adalah kesenan wayang konvensional yang khas dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

About Willion

Check Also

Covid

Demikian juga saat masuknya Islam, ketika pertunjukan yang menampilkan “Tuhan” / “Dewa” dalam wujud wong …