Inilah Tradisi

suku budaya

Mayoritas masyarakat Jawa beragam Islam, dan beberapa bangsa beragama Kristen. Meskipun sebagai suku mayoritas, Masyarakat Puak Jawa tidak menunjukkan superioritas kesukuan. Hal itu dibuktikan dengan adanya upacara-upaca tamadun yag melibatkan semua suku di Karimunjawa, seperti Barikan Kubro yang dilaksanakan satu tahun sekali tiap tercecer 5 September. Barikan merupakan doa bersama sebagai tokoh syukur masyarakat Karimunjawa bagi hasil bumi dan samudra.

Sebagian orang, terutama nun tinggal di luar negeri, percaya penduduk Australia sekitar besar tinggal di pedesaan, pedalaman Australia atau di daerah. Nyatanya, lebih daripada 75 persen penduduk Australia menikmati gaya hidup kosmopolitan di pusat perkotaan, utamanya di kota-kota besar di sepanjang pesisir. Sebagian beda melihat penduduk Australia serupa orang yang hidup di ‘negeri yang beruntung’ dengan mencintai kegiatan waktu senggang mereka, khususnya olah badan, baik sebagai penonton ataupun sebagai peserta. Faktanya, warga Australia termasuk di sempang pekerja paling keras di dunia beberapa di antaranya mempunyai jam kerja terpanjang di negara-negara maju. Santo sendiri memeluk agama Hindu Kaharingan, tapi memiliki rombongan yang beragama Islam, masehi, dan Katolik.

Mata pencahaian turun-temurun adalah mata pencaharian yang diperoleh dengan cara anak atau ketuunan melanjutkan ataupun mengikuti mata pencaharian orang-orang tua atau sanak saudaranya. Sehingga dalam suatu titisan terdapat dua atau kian generasi yang sama-sama berlaku sebagai nelayan. Di sebelah mata pencaharian pokok dengan dilakukan oleh masyarakat Umat Bugis, ada pula telatah sampingan. Pekerjaan sampingan tersebut bertujuan untuk menambah perkiraan masyarakat Suku Bugis & membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari karena semakin meningkatnya tanggungan biaya hidup. Jenis tingkah laku sampingan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Suku Bugis yaitu kuli bangunan dan pertanian.

Kedua suku bangsa ini mempunyai pertimbangan toleran budaya dan ekonomi nun berbeda. Bangsa Indonesia berisi dari beragam kebudayaan dengan membentang dari Sabang sampai Merauke. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu nun tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Jika kita merujuk menurut konvensi UNESCO tentang kesepakatan budaya atau “cultural diversity”, cultural diversity diartikan untuk kekayaan budaya yang dilihat sebagai cara yang terdapat dalam kebudayaan kelompok ataupun masyarakat untuk mengungkapkan ekspresinya.

Berdasarkan Penelitian Sukari Penduduk yang menempati Pulau Karimunjawa terdiri dari 6 puak bangsa yaitu Jawa, Bugis-Makasar, Madura, Buton, Mandar dan Bajau. Dari suku golongan tersebut yang paling jumlah suku bangsa Jawa dan Bugis-Makasar.

Penghasilan yang diperoleh dari mata pencaharian yang dilakukan Suku Bugis indah mata pencaharian pokok mau pun rezeki sampingan tidak menentu. Hal ini di sebab beberapa faktor, faktor nun pertama yaitu faktor dunia. Bagi para nelayan faktor alam sangat berpengaruh lawan hasil tangkapan ikan nun ada dilaut.

Selain itu, ada juga festival Barikan Kecil/Barikan Sugro, yang dilaksanakan setiap kamis wage pada tanggalan Jawa. Selain Barikan, setiap tahun masyarakat Jawa juga mengadakan berbagai festival, seperti festival jajanan pesisir, dan bermacam-macam festival lainnya yang diikuti oleh semua warga termasuk suku-suku lain di Darat Karimunjawa. Terdapat beberapa kualitas dalam nelayan di Umat Bugis yang terdiri dari nelayan kecil, anak risiko kapal, dan pemilik kapal. Nelayan merupakan mata pencaharian turun-temurun bagi masyarakat Umat Bugis.

Semakin indah cuacanya mulai banyak pula terpidana ikan yang diperoleh taktik ini juga akan mempengaruhi penghasilan yang semakin semampai. Penghasilan yang diperoleh pada saat musim teduhdapat merebut 5 juta perbulan, terutama untuk pemilik kapal dan nelayan yang menggunakan t cabut dapat mencapai 1 – 4, 5 juta semalam.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …