Inilah 34+ Tari Tradisional Di Indonesia Yang Terkenal

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian ini memiliki koreografi yang amat variatif, yaitu diantaranya dikenal dengan Tari Gambyong Pareanom dan Tari Gambyong Pangkur. Tari gambyong biasanya dipentaskan sebagai pertunjukan ataupun menerima tamu. kamerabudaya. comTari Lenso adalah tari tradisional dari Maluku. Tari Lenso hanya dibawakan oleh para cewek dengan menggunakan selendang / sapu tangan sebagai sifat dan ciri khas dalam menarinya. Tarian ini pas terkenal dan sering dipentaskan diberbagai acara seperti kebiasaan, hiburan, dan pertunjukan kecil budaya.

Tari zapin adalah satu buah tari tradisional khas Riau yang dianggap sebagai buah akulturasi budaya Arab dan budaya Melayu di perihal silam. Tarian ini adalah tari berpasangan yang dipentaskan dalam beragam acara hiburan rakyat. Bukan hanya di Riau, tari zapin pula dikenal oleh sebagian masyarakat Melayu yang tersebar pantas pulau hingga lintas semesta, seperti Kalimantan, Sumatera, Malaysia, Singapura, hingga Brunai Darussalam.

Tarian ini juga menggambarkan prajurit yang berlatih perang dengan berbekal senjata tradisional keris dan perisai kecil. Tarian ini digunakan untuk menyambut tamu agung dan para adipati di daerah Sumenep, Madura.

Tarian tersebut tidak diiringi alat musik, tetapi diiringi suara penari dan tepuk tangan dengan biasanya dikombinasikan dengan mendabik dan pangkal paha. Tarian ini terbilang sulit olehkarena itu gerakan tangannya yang segera dan rumit membutuhkan konsentrasi penuh untuk menarikan tarian saman ini. Pada tahun 2011 lalu, UNESCO mengabulkan tari saman sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Zat Warisan Manusia.

Tapi yang kami tampilkan di bawah adalah jenis tandak yang sudah sangat ternama dan terkenal dari setiap daerah. Maluku juga memiliki tari tradisional yang dibawakan oleh 30 penari laki2 dan perempuan yang dipakai untuk menyambut tamu ataupun dipentaskan dalam upacara perayaan adat. Tari sembah Sigeh Penguten merupakan tari adat budaya lampung yang berasal dari suku Pepadun. Semula tarian ini di persembahkan buat menyambut kedatangan para kepala suku dan tamu-tamu istimewa. Mungkin karena hal ini lalu tari sembah sigeh penguten identik sebagai tari penyambutan.

Tari Topeng adalah tarian berasal dari jakarta yang merupakan salah wahid tari topeng sekaligus dimiliki daerah lain namun secara tarian yang berbeda-beda jenisnya. Tari topeng ini adalah tari tradisional Betawi untuk menyambut tamu agung ataupun istimewa. Tari Bedana hendak diiringi oleh alat musik tradisional khas Lampung sebagaimana gitar gambus, ketipung, dan kerenceng. Tari Bedana pula merupakan salah satu tarian daerah yang dipercayai berkembang dari ajaran agama Agama islam yang menggambarkan kehidupan serta budaya masyarakat Lampung yang ramah dan terbuka. google web. comTari Selamat Datang menjadi salah satu dari tarian daerah di Provinsi Indonesia sekaligus berkesan.

Tarian tersebut diiringi oleh alat musik tradisional, yaitu kolintang & redap. Tidak sembarang orang2 bisa menari tarian ini, ada kriteria tertentu dengan digunakan. Misalnya, dalam acara-acara tradisional, ketika menari berduaan, penari yang dipilih kudu lajang dan perempuan ataupun belum menikah dan tidak terkait dengan darah ataupun kerabat. Jika ada orang2 yang menyembunyikan status kekerabatannya, akan ada hukum adat dengan berbicara.

Tarian Bosara adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tarian itu adalah tarian yang beroperasi untuk menyambut tamu tertinggi. Secara historis, tarian tersebut sering menari di pada setiap acara penting untuk meredakan raja dengan 2 kaset. Cakalele merupakan salah satu tarian perang tradisional Maluku yang pakai untuk menyambut tamu atau selama perayaan tradisional. Tarian ini dibawakan berpasangan dengan iringan musik gendang, seruling, bia.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …