Inilah 34+ Tari Tradisional Dalam Indonesia Yang Terkenal

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian itu memiliki koreografi yang luar biasa variatif, yaitu diantaranya dikenal dengan Tari Gambyong Pareanom dan Tari Gambyong Cangkul. Tari gambyong biasanya dipentaskan sebagai pertunjukan ataupun menerima tamu. kamerabudaya. comTari Lenso adalah tari tradisional dari Maluku. Tari Lenso hanya dibawakan oleh para wanita dengan menggunakan selendang ataupun sapu tangan sebagai petunjuk dan ciri khas pada menarinya. Tarian ini pas terkenal dan sering dipentaskan diberbagai acara seperti kebiasaan, hiburan, dan pertunjukan kompetensi budaya.

Tari zapin adalah satu tari tradisional khas Riau yang dianggap sebagai ekses akulturasi budaya Arab & budaya Melayu di perihal silam. Tarian ini adalah tari berpasangan yang dipentaskan dalam beragam acara hiburan rakyat. Bukan hanya pada Riau, tari zapin pula dikenal oleh sebagian bangsa Melayu yang tersebar mahir pulau hingga lintas semesta, seperti Kalimantan, Sumatera, Malaysia, Singapura, hingga Brunai Darussalam.

Tarian itu juga menggambarkan prajurit yang berlatih perang dengan berbekal senjata tradisional keris & perisai kecil. Tarian ini digunakan untuk menyambut tamu agung dan para kepala suku di daerah Sumenep, Madura.

Tarian tersebut tidak diiringi alat musik, tetapi diiringi suara penari dan tepuk tangan yang biasanya dikombinasikan dengan mendabik dan pangkal paha. Tarian ini terbilang sulit olehkarena itu gerakan tangannya yang lekas dan rumit membutuhkan penenangan penuh untuk menarikan tarian saman ini. Pada tahun 2011 lalu, UNESCO mengabulkan tari saman sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Zat Warisan Manusia.

Tapi yang kami tampilkan di bawah adalah jenis tandak yang sudah sangat ternama dan terkenal dari setiap daerah. Maluku juga memiliki tari tradisional yang dibawakan oleh 30 penari cowok dan perempuan yang dimanfaatkan untuk menyambut tamu ataupun dipentaskan dalam upacara perayaan adat. Tari sembah Sigeh Penguten merupakan tari adat budaya lampung yang berasal dibanding suku Pepadun. Semula tarian ini di persembahkan buat menyambut kedatangan para adipati dan tamu-tamu istimewa. Kiranya karena hal ini kemudian tari sembah sigeh penguten identik sebagai tari penyambutan.

Populernya tari zapin pada komunitas masyarakat Melayu tidak lepas dari nilai rekreasi dan estetika yang dimiliki setiap gerakannya. Berikut tersebut kami akan mengulas mengenai nilai-nilai tarian ini lengkap beserta sejarah, gerakan, & unsur-unsur yang dimilikinya. Tandak Alang Babega merupakan tarian tradisional yang berasal dibanding Sumatera Barat. Tarian ini menggambarkan suatu hal yang sederhana, dimana gerakannya membebek dari gerakan terbang kalkun elang ketika diudara yang sedang bersiap menukik untuk menyambar mangsanya.

Tari tradisional nun berasal dari Aceh itu termasuk dalam kategori kompetensi tari yang sangat memikat, karena kekompakan gerakannya dengan sangat menakjubkan. Para penari yang menampilkan Tari Tudingan dapat mempertunjukkan gerakan yang serentak, dan mengikuti tembang musik yang harmonis. Apalagi, tidak hanya di Nusantara saja, tetapi juga dari mancanegara. Tari Gambyong merupakan tarian daerah yang berasal dibanding jawa tengah, lebih tepatnya Surakarta. Tari ini terdiri dari tiga bagian ialah awal, isi, dan penutuh.

Tari Gambyong dahulu dipentaskan untuk ritual pertanian yang bertujuan agar hasil pertaniannya semakin subur. Kemudian setelah gerakannya dibakukan oleh Keraton Mangkunaga Surakarta, Tari Gambyong menjadi tari yang dipentaskan diacara perkawinan atau penyambutan tamu. Banyak ahli antropologi percaya bahwa tarian di Indonesia berawal dari trik ritual dan upacara religiositas. Tarian lain diilhami sama alam, misalnya Tari Merak dari Jawa Barat.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …