Honai

kesenian jawa timur

Tarian ini dinamakan Lenggang Nyai karena menceritakan tentang kisah Nyai Dasimah. Gadis asal Jakarta yang kebingungan memilih pasangan hidup antara laki-laki asal Belanda dan Indonesia. Dan ia pun akhirnya menentukan laki-laki dari keturunan Belanda, namun sepanjang pernikahannya, Nyai berontak karena aturan-aturan yang dibuat oleh suaminya. Merasa hak perempuan diambil, akhirnya kisah itu menginspirasi seorang seniman bernama Wiwiek Widiastuti dan membuat tarian bernama Tari Lenggang Nyai. Jika belum, kali ini kami akan membahas tentang mengenai macam-macam kesenian tradisional Betawi.

Rumah adat Jawa Timur Joglo memiliki nilai filosofis yang sudah sangat melekat dalam bangunannya. Selain itu, Rumah Joglo juga tidak bisa dilepaskan dari sejarah Kebudayaan Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun. Banyak orang yang menyebut senthong sebagai wilayah sakral karena erat digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang pusaka. Ruangan yang dianggap sakral ini biasanya diberi penerangan yang baik di siang hari maupun malam hari. Selain itu, juga diberi bantal, kasur, cermin, serta sisir rambut yang dibuat dari bahan berupa tanduk.

Masing-masing pakaian adat tersebut sarat dengan nilai budaya yang tinggi. Saring bahan menjadi salah satu pakaian adat Jawa Timur yang sering digunakan. Biasanya kain yang digunakan adalah kain sutra, serta saring pada bagian plekatnya menggunakan bahan katun. Kain yang dipilih tentu berkualitas tinggi dan sangatlah nyaman untuk dipakai. Panggangpe adalah bentuk bangunan dasar juga merupakan bangunan pertama yang dipakai orang untuk berlindung dari gangguan angin, hujan, dingin ada panas matahari.

Tari Serimpi merupakan tari jawa klasik yang berasal dari wilayah Surakarta. Awalnya dulu, tari Serimpi dibawa oleh Kesultanan Mataram yang kemudian dilestarikan oleh empat istana pewarisnya yakni di Jawa Sedang dan Yogyakarta.

Kesenian dan kebudayaan merupakan suatu identitas yang tak bisa dilepaskan. Tak jarang berbagai kesenian daerah di Indonesia itu sendiri bukan sekedar hiburan, tetapi memiliki esensi lebih daripada itu. Kesenian lenong ini sudah sangat dikenal sebagai kesenian yang lahir dari daerah asal Betawi.

Rumah adat Jawa Timur Joglo dikenal dengan bentuk limas dengan atap yang sangat megah. Sebutan Joglo adalah dimaksudkan untuk atapnya yang besar dengan mengambil stilasi model sebuah gunung. Untuk jumlah penari gak disyaratkan, namun untuk kostum yang biasa digunakan merupakan kostum kemben yang sebahu dilengkapi dengan selendang. Di dasarnya tarian ini amat identik dengan warna kuning dan hijau.

Dan terakhir, rumah Honai merupakan simbol dari kepribadian dan merupakan martabat dan harga diri dari orang suku yang harus dijaga oleh keturunan atau anak cucu mereka di kemudian hari. Selain kuliner tradisionalnya yang lezat, suku Betawi juga terkenal dengan ragam budayanya yang unik dan masih terjaga hingga sekarang. Khusus tari zapin Betawi menggunakan pengiring musik yang dipetik yaitu gambus dan marwas. Di Brunei itu sendiri tarian ini dibagi 2 tarian, yaitu Zapin Laila Sembah dan Zapin Tar.

Dalam pertunjukannya, diiringi dengan musik khas, yaitu Gamelan Osing. Dan Tari Gandrung sering dipentaskan di acara-acara khitanan, pernikahan, pethik laut, tujuh belasan dan acara resmi-gak resmi. Berikut adalah 6 kesenian tradisional dari Jawa Timur yang nggak boleh dilewatkan untuk ditonton dan nggak boleh lupa untuk dipelajari. Ada dua jenis topeng dalam tari Hudoq Kita’, yakni yang terbuat dari kayu dan yang berupa cadar terbuat dari manik-manik dengan ornamen Dayak Kenyah. Tari Hudoq dilakukan dengan menggunakan topeng kayu yang menyerupai binatang buas serta menggunakan daun pisang atau daun kelapa sebagai penutup tubuh penari.

Padu padan dari rebana, gendang, kemanak dan bogem ini menghasilkan musik yang berciri khas seperti koor tembangan. Dalam memainkan alat musik Pantun Bambu biasanya dilakoni berkelompok atau grup. Pada perkembangannya, kesenian buaya putih juga dilangsungkan tidak hanya untuk acara pernikahan. Acara hajatan di wilayah padarincang seperti sunatan, syukuran rumah, bahkan acara kesenian pertunjukan umum. Itulah beberapa jenis pakaian adat Jawa Timur yang sangat menarik untuk diketahui.

Dua tokoh raksasa yang tingginya 2, 5 meter ini dulunya sering menghibur masyarakat Betawi di segala kegiatan, mulai dari kenduri hingga acara-acara pemerintahan yang besar. Terbuat dari bambu dan mengenakan baju berwarna cerah, ondel-ondel memiliki dua jenis wajah.

Tongkat menggambarkan kayu penumbuk sedangkan bambu serta biji-bijian didalamnya menggambarkan benih padi dan wadahnya. Dinding rumah terbuat dari kayu yang di susun berdiri memiliki satu pintu pendek dan tidak berjendela. Kedua, dengan tinggal dalam satu Honai maka semua orang akan sehati, sepikir dan satu tujuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Konsep bangunan ini merupakan perkembangan dari saka Joglo yang menggunakan teras keliling. Masing-masing puncak dari keempat sisi didesain secara tinggi dan bertingkat.

Lenong memiliki cirikhas berupa penggunaan bahasa yang kental dengan logat Betawi serta diisi dengan banyolan dan cerita komedi yang akan menyuguh para penonton. Di kota pinggiran Jawa Tengah, tonkunst laras madya dan santi swara terkenal dengan kemiripan musiknya yang jika dipadu padankan membuat musik terkait menjadi sangat harmonis.

About Willion

Check Also

17 Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat, Gambar Dan Penjelasannya

Dengan demikian jenis baju yang digunakan tentu punya berbagai nilai estetika. Sembrono muasalnya, tari ini …