Hari Tari Dunia

Tari daerah tradisional indonesia

Tetapi meskipun kepercayaannya mulai menghilang, tarian ini diadakan untuk memeriahkan pesta atau acara tradisional. Gerakannya nun erotis dan vulgar menyebabkan tarian ini menjadi pertemuan hangat di awal kemunculannnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tariannya masing-masing.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini tidak cuma di gunakan sebagai tarian penyembuhan saja, namun pula sebagai sarana hiburan serupa pelestarian kesenian tradisional suku Dayak. Srimpi dianggap mempunyai posisi sosial yang seakan-akan dengan tarian Pakarena dari Makassar, yang dapat dilihat dari kelembutan gerakan penari dan sebagai tarian istana. Mereka biasanya diundang serupa penghibur dalam acara-acara seperti pernikahan, sunat, dan lainnya. Menurut kepercayaan orang Betawi, tarian ini dapat melanggar diri dari bencana. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kepercayaan mulai memudar serta menjadikan tarian ini seharga hiburan di acara itu.

Hal ini disebabkan Indonesia memiliki lebih dari seribu suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah tersebut memiliki tarian daerahnya masing-masing.

Nantinya, penari perempuan bisa mengajak mempelai laki-laki atau tamu undangan guna menari bersama yang ditandai dengan selendang yang dikalungkan pada leher orang dengan akan diajak menari. Merebak keyakinan bahwa jika sandang sudah dikalungkan, maka haram untuk ditolak. google. comSelanjutnya dari daftar tarian daerah di Provinsi Indonesia tersedia Tari Kecak yang berasal dari Bali. Jenis tarian ini menggambarkan tentang cerita Pewayangan, khususnya untuk kecek Ramayana yang dipertunjukan secara seni gerak dan tarian.

Ketika tarian dilakukan, orang2 akan berkumpul untuk merenung pertunjukan, baik tua, muda, pria dan wanita, nun bertujuan untuk menghadiri upacara, juga untuk saling mengetahui. Tari Salai Jin adalah tarian tradisional Maluku Utara yang berasal dari Ternate. Tarian ini digunakan sambil orang Ternate untuk berkomunikasi dengan jin gaib. Pustaka bertujuan untuk meminta dukungan dari jin sehingga masalah yang dialami manusia dapat diselesaikan seperti penyakit nun diderita oleh satu anggota keluarga.

Emprak konvensional dimainkan oleh 9-15 orang2, semuanya laki-laki. Iringannya merupakan alat musik rebana dengan besar, kecil dan kentongan, pakaian sementara, dan makeup dalam bentuk baju balita, sarung dan topi.

Tarian Gong atau mampu disebut Tarian Kancet Ledo merupakan tarian Dayak Kalimantan Timur, tepatnya dari suku Dayak Kenyah. Tarian ini ditarikan oleh seorang kenya dengan gong yang dimanfaatkan sebagai iringan musik. Tarian Monong awalnya merupakan tarian penyembuhan yang di lakukan oleh para dukun puak Dayak dengan membacakan mantra sambil menari. Dalam tarian ini juga di ikuti oleh anggota keluarga dari yang sakit dan di pimpin oleh seorang dukun. Tarian Monong merupakan ritus yang di lakukan untuk memohon penyembuhan kepada Tuhan agar warga yang perih di berikan kesembuhan.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …