Ensiklopedi Umat Bangsa Di Indonesia

suku budaya

Setiap suku bangsa hidup dalam kelompok masyarakat yang mempunyai tamadun berbeda-beda satu sama unik. Sementara itu, untuk suku Dayak sendiri dikenal untuk suku bangsa yang berasal dari pedalaman pulau Kalimantan secara keseluruhan. Beragam ilmu spiritual menjadi gambaran dibanding adat kebiasaan suku ini.

Tidak tanggung-tanggung, semesta kita memiliki beragam keluarga etnik alias suku golongan. Sudah sepantasnya kita selalu menjaga kebersamaan di sentral keberagaman ini. Hampir sama dengan pendapat Harjito Notopura, Raden Soepomo berpendapat kalau hukum adat merupakan sandingan kata dari hukum tidak tertulis yang terdapat dalam syarat legislative. Hukum hidup sebagai konvensi di badan pedoman negara, dan hidup untuk peraturan kebiasaan pada roh di kota maupun desa. Jalaludi Tunsam, dalam tulisannya menyatakan bahwa adat berasal dari bahasa Arab “adah” yang berarti kebiasaan ataupun cara.

Sedangkat adat kelaziman bermakna suatu gagasan dengan mengandung nilai kebudayaan, kelaziman, norma, serta hukum yang lazim dilakukan oleh warga suatu daerah. Apabila kebiasaan tidak dipatuhi, ada penalti tertulis maupun tidak tertulis.

Suku bangsa dengan mendominasi masyarakat Sulawesi Tenggara adalah suku Tolaki. Puak ini memiliki pakaian etiket yang bernama Babu Nggawi dan Babu Nggawi Langgai. Babu Nggawi adalah baju khusus pengantin Wanita, sementara Babu Nggawi Langgai merupakan pakaian pengantin pria.

Untuk belajar mengenal keberagaman budaya dalam Indonesia sangat sulit, bahkan jika ingin mengenal variasi antarsuku bangsa. Seperti yang dialami penulis yang memangku sebagai guru di SDN Tambakaji 03 Ngaliyan, ngerasa kesulitan dalam mengenalkan keberagaman kebudayaan di Indonesia. Sesuatu materi keberagaman suku golongan menjadi muatan pelajaran dibanding kelas satu sampai famili enam.

Dalam kancah nasional, kedua pakaian inilah yang menjadi tanda pakaian adat Sulawesi Tenggara. Dirunut dari demografinya, warga Sulawesi Tengah terdiri kepada campuran 8 suku besar, yaitu Suku Kaili, umat Mori, suku Bugis, puak Toli, suku Babasal, puak Saluan, suku Gorontalo, serta suku Pamona. Namun, bila bicara tentang pakaian kebiasaan Sulawesi Tengah, kita cuma akan menuju pada baju adat suku Kaili dengan bernama Baju Nggembe & Baju Koje.

Setiap suku di Indonesia memiliki kebudayaan dan perbuatan seni yang berbeda. Orang yang tinggal di kawasan Sumatra akan memiliki tamadun yang berbeda dengan yang ada di kawasan Bali. Ragam kebudayaan yang sangat kaya dan kental tersebut membuat banyak masyarakat bumi jadi tertarik, mereka ikhlas datang untuk melihat dan mempelajari budaya yang orang-orang Indonesia sendiri saja kadang kala tidak tahu.

About Willion

Check Also

Daripada Parno Tanda ‘Anjay’ Bakal Merusak Moral Bangsa, Mari Kita Serius Belajar Bahasa

RADARSEMARANG. ID, WILAYAH Negara Indonesia terdiri atas kumpulan ribuan pulau mulai dari Sabang sampai Merauke. …