Dewan Kesenian Jawa Timur

kesenian jawa

Pertunjukan Begalan dilakukan sebagai salah satu tradisi di prosesi pernikahan. Yakni saat pengantin pria datang ke rumah sang pengantin wanita atau di tempat digelarnya pernikahan tersebut.

Ketoprak sendiri adalah sandiwara yang dipentaskan diselingi dengan lagu-lagu tradisi Jawa serta disertai dengan alat musik Gamelan. Hal inilah yang menjadikan kesenian Cirebon cenderung fariatif dan kompleks, penuh kolaboratif sehingga sangat indah untuk diperoleh, dan amatlah menarik tuk dipelajari.

Mungkin kalau di daerah-daerah terpencil, media tradisional amat efektif karena penggunaan teknologi informasi belum efektif. Dengan adanya media tradisionall mereka akan lebih familiar bahasanya, keseniannya. Ketoprak yang dalam bahasa jawa ‘Kethoprak’ ialah semacam seni panggung yang datang dari Jawa timur.

Jamaah berpendapat bahwa bentuk seni ini dulu juga wujud di Cirebon, dan bermain peranan besar, baik metode, maupun desainnya, dalam pertumbuhan perkembangan teknik batik Cirebon yang khas. Di dalam terpuruknya produktivas, bisnis upon line melalui medsos mendapatkan pertumbuhan yang membaik serta menjadi salah satu harapan bagi terbukanya desain produk seni pertunjukan rakyat. Diminta peluang tersebut dapat mengasihkan salah satu kanal yg memberikan harapan baru tuk memperbaiki keterpurukan ekonomi pada masa mendatang. Untuk tersebut diperlukan sebuah wadah pekerjaan yang dapat menjadi harapan bagi tumbuhnya produktivitas seni yang memiliki nilai ideologis dan nilai ekonomi yg berimbang. Dalam penampilannya, sepenuhnya penari itu pun lalu mengalami kesurupan dan bergulat di dalam kubangan lumpur.

Makanya, wajar saja andai yang banyak orang menganggap kesenian ini mengandung situasi mistis, yang menyatu masa tarian tradisional dengan sesuatu gaib, sehingga para penari mengalami kesurupan. Jawa mempunyai berbagai keindahan budaya serta seni yang terintegrasi oleh kehidupan masyarakatnya. berbagai seni tradisi dan budaya tertuang dalam karya pusaka penduduk jawa seperti batik, griya joglo, keris dan gamelan. karya pusaka seni serta budaya jawa seperti tersebut sangat populer dan memperoleh tempatnya sendiri di hati msyarakat dan wisatawan yg berkunjung ke yogyakarta. Untuk orang tua, seni tradisional adalah jembatan atas memori masa lampaunya.

Selain di arah kaca, pada seni laku Cirebon juga terdapat seni melukis langsung di arah kain atau dengan mempergunakan suatu proses aplikasi daun emas. Teknik ini siapa sangka sangat tua dan rupanya berasal dari India. Lukisan-lukisan yang terdapat pada relief-relief Borobudur memperlihatkan penggunaan penutup tubuh seremonial dengan gambar-gambar tersebut tadinya. Di Bali pun kita lihat akhir-akhir ini contoh pakaian upacara oleh aplikasi emas yang dimanfaatkan oleh para penari. Begitupun dalam kuil-kuil nampak kain bertulis dan almanak yg menghiasi rumah orang.

Musik dari alat-alat khas Timur Tengah seperti rebana mengiringi pertunjukan Dengklung ini. Angguk bisa dibilang sebagai kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang berbeda dari yang lain. Sebab, tarian ini dilakoni oleh 10 penari laki-laki dalam satu kelompok. Dahulu, Angguk digunakan sebagai sarana dakwah agama Islam oleh Kesultanan Mataram.

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Jawa. Lebih dari sekadar pertunjukan, wayang kulit dahulu digunakan sebagai media untuk permenungan menuju roh spiritual para dewa. Konon, “wayang” berasal dari kata “ma Hyang”, yang berarti menuju spiritualitas sang kuasa. Tapi, ada juga masyarakat yang mengatakan “wayang” berasal dari tehnik pertunjukan yang mengandalkan bayangan (bayang/wayang) di layar. Begalan adalah kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang berasal dari daerah Banyumas.

Lengger memiliki arti penari, dan Calung yang berarti gamelan bambu. Kesenian tradisional khas Jawa Tengah ini merupakan tarian dinamis yang gerakannya mengikuti suara gamelan bambu. Oleh karena itu, pihaknya mengajak kabupaten dan kota agar mengoptimalkan FK Metra untuk memberitakan, menginformasikan, dan memublikasikan semua kegiatan yang ada di daerah masing-masing. Sebab setiap media publikasi mempunyai pangsa atau peminatnya tersendiri.

About Willion

Check Also

Mengenal Pakaian Adat Sunda Untuk Sepenuhnya Kalangan

Tari Topeng Betawi marupakan tarian tradisional masyarakat Betawi di Jakarta yang menggunakan topeng seperti ciri …