Deretan Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia, Ada Yang Telah Mendunia

kesenian betawi

Yang membuat memikat tradisi ini adalah kompetisi pencak silat antara penerima tamu dan tamu. dengan pantun-pantun Betawi, dan diiringi oleh musik marawis, gambang kromong, atau tanjidor. Dalam menarik adalah atraksi pencak silat yang diperagakan melalui menggunakan senjata tajam.

Pakaian adat Sunda dan Pakaian Adat Jakarta memang hampir memiliki persamaan, seperti sama-sama memiliki model pangsi. Untuk pakaian adat sunda yang sehari-hari bagi pria adalah celana dengan ukuran besar atau pangsi.

Tetapi kebaya khas Sunda mempunyai ciri khasnya sendiri seperti dilengkapi dengan ikat pinggang bernama beubeur. Sementara tuk bawahan kebaya sendiri, wanita Sunda biasa mengenakan Sinjang Bundel atau kain batik. @santri alimOrang Betawi biasanya akrab dengan beberapa macam pakaian. Tapi pakaian adat yang lazim dipakai tuk laki-laki adalah kopiah oleh baju kaos leher yang tidak terbuka yang digunakan dengan setelan celana panjang.

Ketika ada acara-acara besar di Jakarta, pemda DKI Jakarta sering mengenakan baju Urung Serong. Pakaian ujung serong ini hanya dikenakan oleh kaum bangsawan laki-laki saja. Sementara untuk wanita hampir tidak ada perbedaan dengan pakaian adat sehari-harinya yakni baju kurung, bawahan kain batik, selendang, kerudung, dan perhiasan emas. @bajutradisionals. comBaju adat betawi anak laki-laki adalah baju pangsi dan ikat pinggang.

Tonkunst tradisional tidak hanya dimiliki oleh Indonesia, tetapi negeri lain di berbagai belahan dunia juga memilikinya. Pada Indonesia sendiri, seni tonkunst tradisional dibuat dengan beralaskan pada tradisi, budaya dan bahasa yang dipakai pada daerah tertentu dan sekalian melibatkan alat musik tradisional daerah. Adapun contoh seni musik tradisional ini yaitu Gambang Kromong, Krumpyung, keroncong, Karang Dodou, Senandung Jolo, Laras Madya dan Santi Swara, dan lain-lain. @IDNTimesAdapun saat upacara pernikahan, jamaah betawi mengenakan pakaian istimewa yang memiliki akulturasi dri berbagai budaya luar negri.

Ditarikan berkelompok sekitar orang, penari prianya bernama Kecak dan penari wanita dinamakan Janger. Pakaian resmi adat Betawi untuk laki-laki ini dinamakan baju Ujung Serong.

Ragam kerudung sendiri bisa diselaraskan sesuai dengan warna baju kurung yang sedang dipakai. Kain sarung batik terkait memiliki corak geometri oleh warna-warna yang cerah pantas dengan baju kurung yg digunakan.

Sementara untuk atasannya pria Sunda biasa menggunakan baju salontreng. Setelah baju kurung, kepala suku Betawi wanita mengenakan kerudung dari selendang.

Namun, dalam awd acara adat yang dimulai, hanya pria dewasa sajalah yang diperbolehkan untuk memainkannya. Bahkan bukan hanya tifa saja, alat musik pengiring lain juga hanya bisa dimainkan oleh laki-laki cukup umur. Sementara perempuan tidak dibolehkan untuk memainkannya dan hal ini juga telah menjadi amanat secara turun temurun. Tarian ini masih sering dipentaskan dalam acara-acara sekolah TK dan SD, tari janger memiliki gerakan sederhana yang mudah ditiru dipadu dengan suara vokal dalam bentuk nyanyian koor, sehingga kesenian rakyat ini identik juga dengan seni tari anak-anak.

Dari keuntungan mencurahkan imajinasi dan emosinya ini manusia kaan menciptakan sebuah seni yang dapat berharga. Seorang pembawa lagu bahkan bebas secara spontan menciptakan lagu sendiri / mengenalkan lagu baru tersebut, yang menuntut kemahiran kawan lainnya untuk mengikutinya oleh suara vokal yang pantas termasuk kekompakan vokal pengiring. Tema lagu yang dibawakan biasanya berisi nasehat, rayuan, kritik, motivasi, pujian malahan sindiran yang sangat komunikatif. Yang khas dari tradisi Rebana Hadro adalah Adu Zikir yaitu lomba menghafal syair-syair Diwan Hadro juga kitab maulid lainnya. Palang pintu diawali dengan pantun, serta musik marawis / tanjidor.

Ya, untuk baju adat pernikahan masyarakat Betawi terinspirasi dari budaya Melayu, Tionghoa, dan Arab. Adapun tuk pakaian adat Sunda sehari-hari bagi wanita sendiri ialah kebaya. Kebaya memang jadi ikon pakaian adat pada umumnya masyarakat di Indonesia.

Tidak selap terdapat sepotong kain batik yang melingkar di pinggang dan belati yang diselipkan di depan perut. Sementara untuk seorang wanita Betawi, pakaian adatnya adalah mengenakan kebaya, selendang panjang serta kain batik. Alat tonkunst satu ini digunakan dengan masyarakat Minahasa untuk formalitas ritual adat yang wujud hubungannya dengan pemujaan roh leluhur. Namun, sejak masuknya agama Islam dan Kristen di sana, alat tonkunst ini sudah tidak pula dipakai untuk mengiring practice adat tersebut. Akan namun lebih dipakai untuk mengiringi lagu, tarian dan pertunjukan musik.

About Willion

Check Also

17 Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat, Gambar Dan Penjelasannya

Dengan demikian jenis baju yang digunakan tentu punya berbagai nilai estetika. Sembrono muasalnya, tari ini …